Yang Harus Anda Ketahui Mengenai Cicilan 0% Kartu Kredit

Yang Harus Anda Ketahui Mengenai Cicilan 0% Kartu Kredit

Cicilan 0% di kartu kredit tentunya sangat menggoda. Anda tidak perlu pusing lagi untuk membeli keperluan yang Anda inginkan. Mau beli gadget, silahkan. Mau beli furniture, silahkan. Atau mau beli tiket untuk liburan juga bisa. Pokoknya mantap deh. Namun, cicilan 0% di kartu kredit juga ada arti tersendiri loh. Mungkin ada arti lain dari cicilan 0%. Maka dari itu, ada yang harus Anda ketahui mengenai cicilan 0% kartu kredit.

1. Walau cicilan 0% tapi belum tentu gratis

Jika ingin membayar cicilan, Anda sebagai pengguna kartu kredit akan dikenakan biaya yang namanya “processing fee”. Nominal dari biaya tersebut berkisar 1,5% hingga 5%, tergantung dan pihak bank. Biaya processing fee bergantung pada harga barang dan waktu cicilan. Jadi, perhatikan baik-baik pada kartu kredit dan bank apa saja yang memberikan fee rendah.

2. Batas kartu kredit akan berkurang

Nah, kalau ini sih wajib deh kayaknya. Nah, yang perlu Anda ketahui, jika batasan pada kartu kredit berkurang bisa diblokir. Misal seperti ini nih, batasan kartu kredit Anda 8 juta, dan Anda membeli furniture seharga 6 juta, berarti batasan kartu kredit tinggal 2 juta lagi dong. Nah, batasan sisa 2 juta itu bisa digunakan kembali untuk membayar lunas hutangnya.

3. Ada biaya penalti jika terlalu cepat membayar kartu kredit

Aduh, mau melunasi kartu kredit cepat-cepat juga salah, ada biaya penalti. Jika Anda ingin membayar cepat kartu kredit, karena merasa uang Anda berlebih banyak, sebaiknya jangan deh, ada biaya penaltinya. Lebih baik bayar kartu kredit tepat waktu saja. Berapa biaya penaltinya? Ini sih tergantung kebijakan bank masing-masing dan biasanya biaya untuk penalti ini lebih besar dari cicilan per bulannya.

4. Biasanya tidak ada poin atau cashbank

Jika pada kartu kredit normal, poin dan cashbank sangat berlimpah, sehingga sangat menggoda untuk memakai karu kredit. Poin dan cashbank bisa ditukar dengan uang tunai, tiket pesawat, atau gadget. Namun untuk kartu kredit 0% biasanya tidak ada demikian.

5. Ada bunga jika tidak membayar tepat waktu

Perlu Anda ketahui, cicilan 0% hanya berlaku juga Anda membayar tepat waktu. Jika terlambat, maka akan dikenakan bunga juga. Jadi, sebaiknya gunakan cicilan Anda dengan bijak dan membayar tepat waktu ya.

Demikian yang harus anda ketahui mengenai cicilan 0% kartu kredit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here