5 Tips Mengelola keuangan Bagi Pasangan Muda Secara tepat

5 Tips Mengelola keuangan Bagi Pasangan Muda Secara tepat

Anda baru saja menikah? Tentunya Anda harus bisa mengelola keuangan. Tentu saja dengan cara yang baru. Jika sebelumnya Anda hanya perlu memikirkan diri Anda dan orang tua. Sekarang bertambah satu, pasangan Anda dan tentunya anak Anda kelak.

Mengelola keuangan bagi pasangan bagi pasangan muda memang susah-susah gampang. Well hal tersebut dikarenakan Anda dan pasangan Anda bersama-sama mengelola keuangan. Tidak ada lagi istilah mementingkan diri sendiri.

Tanpa mempersingkat kata, berikut 5 tips mengelola keuangan bagi pasangan muda.

1. Tentukan Anggaran Belanja

Pertama sekali adalah menentukan anggaran belanja. Anda pastinya sudah tahu apa yang dibutuhkan demi keluarga Anda. Usahakan menentukan kebutuhan pokok dulu, kalau ini mah tidak bisa ditawar lagi. untuk kebutuhan lainnya, mulailah memilah-milah mana yang baik mana yang enggak.

Oh ya, diskusikan hal tersebut bersama pasangan Anda ya. Jika pasangan Anda tidak mau, paksa! Soalnya ini untuk Anda dan pasangan Anda.

2. Diskusikan Masalah Keuangan

Setelah ditentukan anggaran belanja, nah … selanjutnya diskusikan masalah keuangan apapun. Baik itu mungkin Anda masih punya utang mungkin, atau beberapa bulan terakhir gaji Anda terlambat. Terbukalah dan diskusikan. Jangan lupa pikirkan cara keluarnya ya. Oh ya, pasangan Anda juga harus terbuka juga.

3. Raih Mimpi Bersama

Tentukan mimpi apa yang ingin Anda dan pasangan Anda wujudkan. Entah itu membuka usaha baru dan berkembang nantinya, atau berjalan-jalan ke Tapanuli Selatan mungkin.

Raihlah dan wujudkan. Tentu saja kedua belah pihak harus saling setuju. Jangan sampai hanya keputusan sepihak saja.

4. Menggunakan Rekening Bersama

Menggunakan rekening bersama juga bisa dijadikan alternatif. Hal ini juga ada keuntungannya loh. Anda tahu kapan saat-saat pasangan Anda membutuhkan uang. Atau kapan saat-saat pasangan Anda mengambil uang dalam jumlah besar. Begitu juga sebaliknya. Intinya di sini keterbukaan.

Bisa juga menggunakan rekening bersama untuk keperluan si kecil kelak. Untuk tabungan, dan sebagainya.

5. Siapkan Dana Darurat

Yang namanya keadaan darurat itu selalu datang tanpa pemberitahuan. Makanya selalu siapkan dana ini. Dana ini harus ada tanpa ampun.

Diskusikan berapa jumlah nominal yang harus disiapkan. Tentu saja dana ini hanya untuk keadaan darurat. Jangan pernah gunakan saat tidak darurat. Misal Anda menginginkan sebuah mobil baru dan dana Anda tidak cukup. Jangan pernah gunakan dana darurat untuk menutupinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here