Silikon (Si) Sifat, Manfaat, dan Cara Pembuatan

Ketika bertemu teman baru

Silikon berada pada golongan IV A di periode ke-3. Mempunyai nomor atom 14 dengan massa atom yang relatif ringan, berkisar 28,08 g/mol. Warna dari unsir ini abu-abu metalik dengan struktur kristal diamond cubic. Oh ya, unsur ini bukan logam maupun non logam. Tapi metaloid. Apa itu metaloid? Metaloid adalah sifat baik sebagai logam maupun non logam.

Silikon termasuk unsur yang rapuh, sehingga harus hati-hati dalam mengolahnya. Jika sedikit saja melakukan kesalahan, maka akan hancur. Maka dari itu, sangat jarang silikon digunakan untuk bahan-bahan keras. Dan untungnya, unsur ini tidak beracun, sehingga cukup aman untuk digunakan sehari-hari.

Silikon biasa digunakan untuk komponen kaca, semen, keramik, dan lain-lain. Karena unsur ini tidak beracun, maka digunakan untuk komponen tersebut. Selain itu, sifat silikon yang rapuh memberikan nilai positif terhadap komponen tersebut. Maka dari itu, wajar kalau keramik mudah rusak. Sangat jarang ada keramik memiliki keras seperti besi. Selain itu, unsur ini juga digunakan untuk perangkat semikonduktor loh.

Hanya memiliki perbedaan sedikit dengan oksigen, sehingga silikon menempati posisi kedua terbanyak di Bumi. Unsur ini mengalahkan aluminium. Sehingga unsur ini sangat berlimpah di alam. Sehingga wajar, penggunaan unsur ini memiliki jumlah yang sangat besar.

Oh ya, efek samping dari silikon ini menyebabkan efek pernapasan kronis, namun jika unsur ini dalam bentuk kristal silika.

silikon

Sifat
Sangat rapuh dan tidak beracun

Manfaat
Merupakan komponen utama dari kaca, semen, keramik, serta sebagian besar perangkat semikonduktor. Dan juga sebagai paduan untuk membentuk aluminium, magnesium, tembaga, dan logam lainnya yang memiliki ketahanan tinggi.

Keberadaan di Alam
Memiliki kelimpahan jauh lebih banyak daripada unsur lainnya selain dari oksigen. Silikon merupakan penyusun 27,72% kerak Bumi, sementara oksigen menyumbangkan 46,6%.

Cara pembuatan
Dapat diperoleh melalui proses reduksi dari senyawa oksida (silika).

Kelemahan
Dapat menyebabkan efek pernapasan kronis terutama dalam bentuk kristal silika (silikon dioksida). Namun, kemungkinan terbentuknya kristal silika di alam sangat kecil.

Penemu
Jons Berzelius

Tahun
1823

Nomor Atom 14
Massa Atom 28,08 g/mol
Golongan IV A
Periode 3
Konfigurasi Elektron [Ne] 3s3p
Elektron Valensi 4
Bilangan Oksidasi 2, 4
Titik Lebur 1.410oC
Titik Didih 3.265oC
Massa Jenis 2,33 g/ml
Wujud Padat
Warna Abu-abu metalik
Struktur Kristal Diamond cubic
Jenis Unsur Metaloid

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here