5 Alasan Tersembunyi Kenapa Saya Suka Jepang

Ok, tantangan kali ini mengenai negara mana yang ingin dikunjungi. Langsung to the point saja, saya ingin mengunjungi Jepang. Tidak ada yang lain. “Ke Amerika, Kanada, Brazil, Finlandia, Australian, Malaysia, tidak ingin dikunjungi?” Hmm sebenarnya pingin sih, tapi prioritas Jepang. Maka dari itu, ada beberapa alasan kenapa saya suka Jepang.

Sebenarnya, saya menyukai Jepang ketika mengetahui anime itu dari Jepang. Sebelumnya saya hanya menyukai anime saja, hanya nonton saja tanpa mencari tahu dari mana anime itu berasal. Eh … searching dikit, langsung nongol, “Anime berasal dari Jepang.” Dan langsung deh love-love sama Jepang.

Ok, tanpa mempersingkat kata, berikut 5 alasan kenapa saya suka Jepang.

1. Anime

Yap, ini adalah the first thing why saya suka Jepang. Jepang adalah negara surganya anime. Segala genre anime ada di sini. Bahkan, ada satu kota yang dikatakan surganya anime. Kotanya adalah Akihabara. Kota tersebut full dengan atribut anime.

2. Komik

Komik juga berasal dari Jepang. Dulu saya suka pinjam komik secara diam-diam. Karena orang tua marah kalau saya beli atau pinjam komik. Oh ya, dulu di Padangsidimpuan ada toko khusus peminjaman komik. Namun, walaupun orang tua menghadang, saya tidak akan gentar, hahaha.

Membaca komik langsung jleb gituloh ke otak. Langsung terbayang, mungkin karena gambarnya yang mantap dan bahasa yang digunakan ringan banget.

Dulu saya pikir komik untuk anak-anak, ternyata komik untuk segala usia. Bahkan, ada komik khusus dewasa.

3. Light Novel

Mungkin di Indonesia belum familiar apa itu light novel. Secara sederhana, light novel adalah novel yang halamannya sedikit, nggak tebal-tebal amat. Setengahnya dari tenlit malah.

Light novel kebanyakan menggunakan genre fantasi. Ada sih menggunakan genre romantis, tapi jarang banget. Kebanyakan fantasi, tentu saja bukan fantasi tok saja. Digabungin gitu. Seperti fantasi-romantis, fantasi-horor, atau fantasi-komedi.

Di light novel juga dibubuhi dengan gambar ilustrasi. Jadi, membaca novel tidak begitu susah. Tidak susah-susah amat mengimajinasikan jalan cerita, karena sudah dibantu dengan gambar ilustrasi. Oh ya, gambar ilustrasinya seperti komik loh.

4. JAV

Ehm … sengaja saya masukkan ini karena saya tidak mau munafik. Anda boleh berspekulasi saya ini cowok apaan, tapi itulah saya.

Apa itu JAV? JAV adalah kepanjangan dari Japanese Adult Video, singkatnya film b*kep Jepang.

Di Jepang, film b*kep itu seperti industri yang legal. Karena legal, industri b*kep berkembang, bahkan salah satu industri termaju di Jepang. Tapi walaupun legal, harus dilakukan penyensoran ketat di bagian alat kelamin. Nggak tahu kenapa Jepang melakukan peraturan demikian.

Jadi, apakah saya suka menonton b*kep? Maaf saya tidak suka. Saya hanya suka dengan JAV karena kebebasannya sekaligus prihatin. Kalau moral Indonesia tidak dijaga, nanti Indonesia malah seperti Jepang.

5. Pendidikan

Jepang merupakan salah satu negara termaju, hal ini karena pendidikan Jepang memang maju. Bahkan beberapa orang Jepang sering mendapatkan hadiah nobel, terutama bidang Kimia, apalagi pengembangan senyawa baru pada ikatan Karbon (C). Untuk Kimia, Jepang boleh berbangga hati karena Jepang lebih baik dari Amerika.

Maka dari itu, terkadang terbesit di benak saya untuk belajar di Jepang. Namun, saya sudah memutuskan untuk menjadi produk dalam negeri.

Jepang memang memberikan sejuta keindahan dibandingkan dengan Indonesia. Jika dilihat secara sekilas maupun mendalam, Jepang jelas menang daripada Indonesia. Kecuali moral, Indonesia masih menang.

Namun, Indonesia juga menyimpan keindahan yang tersembunyi. Dan itulah mengapa saya lebih memilih produk dalam negeri. Karena Indonesia adalah….

Tanah Airku

Dan keindahan Indonesia yang mengalahkan negara manapun adalah….

Indonesia adalah Tempat Pertama Bagiku Melihat Dunia

4 COMMENTS

  1. Aku juga tertarik sama jepang..

    Oh yaa, tp kan mas Boy minta alasannya kenapa pengen ngunjungi/menetap.. Kayaknya yg amru tulis lebih mengarah ke alasan suka daripada alasan berkunjung..

    Oya, ada sedikit typo.. Ok, tanpa mempersingkat kata, berikut 4 alasan kenapa saya suka Jepang…
    Angka 4 seharusnya 5…
    Dan benarkah moral di jepang lebih parah dari Indo? #barutahu

    • Setahu saya, bang Boy mengatakan alasan ingin ke luar Negeri wa, tapi bukan untuk menetap. Itu sih yang saya tangkap hehe.

      Btw, terimakasih atas saran typo-nya. Sudah saya perbaiki 🙂

  2. Hahaha. Terkaget2 pas baca ada JAV. Ku kira gambar ilustrasinya sesuai dengan judulnya 😀

    oya, untuk bagian yang ini, aku lupa nanya kemarin samamu Ru, “Ok, tanpa mempersingkat kata” itu maksudnya gimana ya Ru? aku bingung.

    Ini negara yang pengen kw kunjungi Ru?

    • Ya … setengah hati saja pingin dikunjungi. Selebihnya malas pergi ke luar negeri. Negeri sendiri ja belum bisa dikunjungi semua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here