Richard Arkwright Penemu Mesin Pemintal Serat Katun Menjadi Benang

Richard Arkwright

Richard Arkwright adalah orang yang tidak pantang menyerah. Begitu banyak cara yang dilakukan orang-orang untuk menjatuhkannya. Mesin penemuannya yaitu mesin pemintal memang sangat canggih di zamannya dan mampu meruntuhkan pengusaha tekstil.

Karena dikhawatirkan mampu meruntuhkan pengusaha tekstil mereka, maka orang-orang tersebut bergerak dan menghancurkan pabrik Richard Arkwright yang di dalam pabrik tersebut ada mesin temuannya. Hal ini membuat di harus pindah ke Nottingham.

Di Nottingham dia juga mulai dari nol. Bermitra dengan pengusaha tekstil lain dan mengembangkan temuannya. Hingga akhirnya dia berhasil mendirikan pabrik dan juga mendapatkan hak paten terhadap temuannya. Dia juga sukses pada sistem manajemen dan pembagian kerja buruh.

Namun, banyak pihak yang berusaha menjatuhkan dirinya. Dia pun dituduh telah mencuri hak paten orang lain, maka dengan mengikuti beberapa pengadilan, akhirnya hak patennya dicabut. Namun dia tidak masalah hal tersebut, dia bangkit dan akhirnya, pabrik tekstilnya melejit pesat. Dia juga mendapat kelar kebangsawanan, yang mana gelar tersebut sangat sulit didapatkan.

Right Arkwright (1732-1792), penemu dan pengusaha industri tekstil, penemu mesin pemintal serat katun menjadi benang.

Arkwright lahir di Preston, Lancashire, Inggris, pada 23 Desember 1792, dan meninggal di Cromford, Derbyshire, Inggris pada 3 Agustus 1792. Mesin pemintalnya mulai digunakan di Preston pada 1768. Para pemintalnya yang khawatir bahwa mesin ini akan mengalahkan mesin produksi mereka, memberontak dan menghancurkan pabrik. Arkwright pun pindah ke Nottingham dan bermitra dengan pemintal katun Jedediah Strutt, penemu mesin pembuat topi. Pada 1769 Arkwright memperoleh hak paten untuk mesin pemintalnya dan mendirikan pabrik pertamanya. Mesin pemintal itu menggunakan tenaga kuda. Pada 1771 dia mendirikan di Cromford pabrik besar yang menggunakan tenaga air.

Kesuksesan Arkwright juga karena sistem manajemen dan pembagian kerja buruh, yang menjadi contoh bagi pabrik-pabrik. Hak paten mesin pemintal Arkwright dituduh banyak kalangan. Dia dituduh telah mencuri penemuan kalangan. Setelah beberapa tahun di pengadilan. Pengadilan King’s Bench membatalkan patennya pada 1785. Namun demikian, Arkwright tetap sukses sebagai pengusaha tekstil dan kemudian menerima gelar kebangsawanan dari Raja George III.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here