Sebaiknya Pilih Investasi Emas atau Reksadana?

3 Alasan Para Miliarder Lebih Memilih Hidup Sederhana (FILEminimizer) (FILEminimizer)

Investasi emas dan reksadana adalah jenis investasi yang memiliki imbal balik yang baik namun risiko kecil. Sangat cocok bagi Anda yang ingin berinvestasi. Namun, jika ditanya, “Mana yang terbaik? Investasi emas atau reksadana?” Dua-duanya sama-sama baik. Jadi, pilih investasi emas atau reksadana?

Untuk investasi emas sudah umum diketahui masyarakat luas. Sejak zaman dulu kala, emas memang menarik untuk diinvestasikan. Namun reksadana muncul baru-baru ini berjalan dengan adanya pasar modal dan bursa saham.

Pilih Investasi Emas atau Reksadana?

Hal yang harus diperhatikan, baik itu investasi emas atau reksadana sebaiknya digunakan untuk jangka panjang seperti perencanaan keuangan pensiun atau pendidikan anak. Jika digunakan untuk jangka pendek (di bawah lima tahun), sangat rentan fluktuasi sehingga imbal balik rendah.

Penjelasan Singkat Investasi Emas
Investasi emas adalah investasi dengan menyimpan emas. Namun perlu diperhatikan, emas di sini bukan emas perhiasan. Karena untuk emas perhiasan, diperlukan dana untuk pembuatan sehingga tidak bagus untuk diinvestasikan.

Namun, emas di sini adalah emas dengan standar Logam Mulia (LM) dengan kadar 99,99%. Sebaiknya membelinya di PT Aneka Tambang (Antam), pegadaian atau toko emas. Namun untuk toko emas sebaiknya harus memiliki sertifikat asli dari Antam. Amat direkomendasikan untuk membeli emas di pegadaian.

Penjelasan Singkat Investasi Reksadana
Investasi reksadana itu seperti Anda menaruh sejumlah uang Anda di dalam baskom, begitu juga dengan uang orang lain. Nah, uang tersebut akan dikelola oleh Manajer Investasi.

Pada investasi reksa ada ada 4 jenis, yaitu:

  • Reksadana Pasar Uang, investasi reksadana ini diinvestasikan untuk investasi pasar uang, seperti deposito ataupun Sertifikat Bank Indonesia (SBI).
  • Reksadana Pendapatan Tetap, investasi reksadana diinvestasikan untuk obligasi, selebihnya untuk saham dan pasar uang.
  • Reksadana Campuran, investasi reksadana ini diinvestasikan secara berimbang antara obligasi dan saham.
  • Reksadana Saham, investasi reksadana ini diinvestasikan sebagian besar untuk saham.

Dalam investasi reksadana juga dikenal prinsip, high risk, high return (semakin besar risiko maka semakin tinggi imbal baliknya). Reksadana sahan termasuk mengikuti prinsip high return.

Kapan Waktu yang Tepat Memulai Investasi Emas atau Reksadana?
Sebaiknya mulailah sedini mungkin. Ketika Anda sudah punya penghasilan dan cukup umur, sebaiknya mulailah invetasi emas atau reksadana.

Namun untuk investasi reksadana sebainya perhatikan juga Manajer Investasi agar investasi reksadana lebih terarah.

Pengertian Masyarakat Mengenai Investasi Emas dan Reksadana
Jika dilirik dari popularitas, investasi emas tentu menjadi primadona karena sudah umum diketahui. Untuk investasi reksadana, hanya sedikit orang yang tahu karena dikeluarkan baru-baru ini.

Baca juga: 6 langkah mudah meningkatkan manajemen keuangan

Pilih investasi emas atau reksadana?
Jawabannya tergantung Anda dan bagaimana Anda mengelolanya. Kedua investasi tersebut memiliki imbal balik yang baik dengan risiko rendah. Baik investasi emas atau reksadana memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here