Perbedaan Kepribadian dan Karakter Secara Sederhana

Menghadapi ujian

Jika dilihat secara sekilas, kepribadian dan karakter itu sama, hanya nama saja yang beda. Namun, jika ditelaah lebih lanjut, ternyata tidak. Ada terdapat perbedaan kecil antara kepribadian dan karakter. Maka dari itu, marilah membahas perbedaan kepribadian dan karakter.

Sering kali kita mengatakan atau mendengar, “Eh, kepribadian si ganteng itu buruk sekali ya, kok tahan si loe jadi pacarnya?” sebenarnya, dia membahas karakter bukan kepribadian.

Kepribadian
kepribadian merupakan sifat yang muncul dalam perilaku manusia tanpa adanya penilaian moral. Sebagai contoh: pemarah, penyabar, tahan uji, mudah iba, mudah tersinggung, bangga, dan lain-lain. Dalam bahasa sederhananya, kepribadian merupakan sifat.

Karakter
karakter adalah perilaku seseorang ketika berinteraksi dengan lingkungan yang berdasarkan pengetahuan tentang moral. Misalnya, baik, buruk, jahat, dll. Dalam bahasa sederhananya, karakter adalah penilaian dari kepribadian.

Maka dari itu, kepribadian dan karakter tidak dapat dipisahkan. Keduanya saling mengisi satu sama lain. Misalnya,

Si A memiliki kepribadian rajin menabung, tidak sombong, suka menolong, maka karakternya adalah baik.

Si B memiliki kepribadian boros, sombong, dan malas menolong, maka karakternya adalah buruk.

Namun perlu diingat, dalam penilaian karakter ini harus ada wadah/dasar hukumnya. Misalnya, hukum agama, adat, negara, dan lain-lain.

“Kenapa?”

Karena ada beberapa kepribadian jika dibandingkan dalam satu adat dengan adat lainnya memiliki penilaian karakter yang berbeda. Misalnya mengenai kepribadian rajin menabung. Mungkin di adat A, kepribadian rajin menabung memiliki nilai karakter baik, tapi di adat B, kepribadian rajin menabung memiliki karakter buruk.

***

Dalam beberapa kasus, ada yang berangan kalau kepribadian tidak bisa diubah, sudah dari sononya, sudah pemanen. Benarkah demikian? Jawabannya tidak. Kepribadian itu bisa berubah dari waktu ke waktu. Semua itu butuh proses.

Ada beberapa kasus si A memiliki kepribadian sombong. Namun suatu hari, si A berubah kepribadian tidak sombong, karena kekayaan si A habis semua.

Secara singkat, kepribadian adalah sifat dan karakter adalah penilaian dari sifat tersebut.

Demikian Perbedaan Kepribadian dan Karakter Secara Sederhana. Semoga dapat dipahami secara sederhana saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here