Pengertian Kimia dan Cabang Ilmu Kimia

ilustrasi percobaan kimia

Apa itu Kimia? Jika Anda lihat di suatu produk terutama produk industri terdapat banyak sekali bahan-bahan Kimia. Oh ya, apakah Anda sering mendengar istilah bahan Kimia? Jadi apa pengertian Kimia dan cabang ilmu kimia itu apa-apa saja?

Kimia adalah Ilmu mempelajari komposisi, struktur zat atau materi dari skala atom hingga molekul, serta perubahan atau transformasi dan interaksi untuk membentuk materi yang bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Ok ada yang bingung dengan pengertian di atas? Pengertian tersebut memang super menggunakan bahasa yang di atas rata-rata. Jadi, secara sederhana kimia itu….

Kimia adalah yang mempelajari atom, molekul, dan senyawa serta dampaknya pada kehidupan sehari-hari.

Nah … itu juga dalam bahasa sederhananya. Nah … Anda melihat istilah atom, molekul, dan senyawa. Oh … secara sederhana istilah itu meliputi:

  • Atom : Unit terkecil hingga tidak bisa dibelah lagi.
  • Molekul : Kumpulan dari dua atom.
  • Senyawa : Kumpulan dari lebih dari dua atom.

Untuk atom itu yang ada dalam Sistem Periodik Unsur. Misal O (Oksigen), N (Nitrogen), H (Hidrogen) nah …. Itu adalah atom. Masih murni belum dicampur.

Bagaimana dengan molekul? Contoh dari molekul adalah O2 (Oksigen), H2 (Hidrogen), N2 (Nitrogen), dan lain-lain.

Contoh dari senyawa yaitu CH4 (Amonia), CH4 (metana), NaCl (Natrium Klorida atau bisa disebut garam dapur) dan lain-lain.

Maka sering juga disebut Kimia itu adalah ilmu pusat. Karena Kimia menghubungkan berbagai ilmu seperti Fisika, Nanoteknologi, Biologi, Geologi, Farmasi, Kedokteran, dan lain-lain. Makanya Kimia ini banyak sekali kegunaannya.

Secara sederhana, Anda bisa melihat bahan-bahan Kimia dalam makanan, obat-obatan, dan minuman. Di bagian ingredients (komposisi) lebih dari dua bahan Kimia yang terkandung di dalamnya.

Nah … dikarenakan ilmu Kimia itu sangat luas. Maka ada cabang ilmu Kimia, yaitu:

  1. Kimia Analitik, ialah ilmu menganalisis komponen kimia dalam sample.
  2. Biokimia, ialah ilmu mempelajari senyawa kimia, reaksi kimia, dan interaksi kimia yang terjadi dalam makhluk hidup.
  3. Kimia Anorganik, ialah ilmu yang mempelajari sifat-sifat reaksi senyawa non-organik (Selain unsur karbon atau hidrokarbon).
  4. Kimia Organik, ialah ilmu yang mempelajari sifat-sifat dan reaksi senyawa organik (karbon atau hidrokarbon).

Demikian pengertian Kimia dan cabang ilmu Kimia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here