Natrium (Na) Si Unsur Paling Banyak Ke Enam di Kerak Bumi

Ketika bertemu teman baru

Aku (natrium) ini sangat reaktif dan sangat bereaksi sangat cepat. Terutama jika bereaksi dengan air, salju, dan es. Aku berada di kelompok golongan IA dan pada periode ke 3. Di atasku masih ada Hidrogen dan Lithium.

Salah satu bentukku adalah dalam bentuk garam, yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Jika tidak ada aku dalam garam, maka rasa masakan menjadi hambar. Dan juga, penyakit gondok akan menyebar di seluruh manusia. Aku juga sangat penting dalam pembuatan ester dan pembuatan senyawa organik. Oh ya, namaku jika berada di dalam garam adalah natrium klorida (NaCl) atau yang biasa disebut garam dapur.

Keberadaanku adalah unsur yang paling melimpah di kerak bumi dengan urutan keenam. Ya … aku masih kalah sama beberapa unsur di atasku. Komposisiku sekitar 2,83%, cukup banyaklah.

Namun, aku ini mempunyai kelemahan yang sangat berarti. Jika aku bereaksi dengan air, aku tidak tahu apa yang akan terjadi. Dengan aku bereaksi dengan air akan menghasilkan uap natrium hidroksida. Dan uap natrium hidroksida tersebut mampu mengritisi kulit.

Perkenalkan, namaku Natrium, berada di golongan satu dan periode ke tiga.

natrium

Sifat
Sangat reaktif. Jika bereaksi cepat dengan air, salju, dan es untuk menghasilkan natrium hidroksida dan hidrogen.

Kegunaan/Manfaat
Dalam bentuk logam sangat penting dalam pembuatan ester dan pembuatan senyawa organik. Merupakan komponen dari natrium klorida (NaCl) yang merupakan senyawa paling penting bagi organisme hidup.

Keberadaan di Alam
Adalah unsur keenam paling melimpah di kerak bumi dengan komposisi sekitar 2,83%,

Cara Pembuatan
Dapat diperoleh dengan proses elektrolisis lelehan NaCl yang menghasilkan endapan Na di katoda.

Kelemahan
Jika bereaksi dengan air menyebabkan terbentuknya uap natrium hidroksida yang sangat mengiritasi kulit, mata, hidung, dan tenggorokan. Eksposur sangat parah bisa menyebabkan sulit bernafas, batuk, dan bronkitis kimia.

Penemu
Sir Humphrey Davy

Tahun
1807

Nomor Atom 11
Massa Atom 22,98 g/mol
Golongan I A
Periode 3
Konfigurasi Elektron [Ne] 3s
Elektron Valensi 1
Bilangan Oksidasi 1
Titik Lebur 97,5oC
Titik Didih 883oC
Massa Jenis 0,97 g/ml
Wujud Padat
Warna Kuning
Struktur Kristal Body-centered cubic
Jenis Unsur Logam alkali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here