6 Langkah Mudah Meningkatkan Manajemen Keuangan

meningkatkan manajemen keuangan

Melakukan manajemen keuangan itu lumayan sulit, karena godaan dari luar semakin banyak. Hingga nanti tanpa sadar, kita menyesal karena tidak melakukan manajemen keuangan dengan baik. Maka dari itu, ada langkah mudah meningkatkan manajemen keuangan.

Dengan meningkatnya manajemen keuangan, tentunya hidup Anda menjadi lebih teratur, dan tentu saja, pundi-pundi dollar tanpa terasa akan mengalir begitu saja.

Tanpa mempersingkat kata, berikut 6 langkah mudah meningkatkan manajemen keuangan.

1. Buat Anggaran dan Wajib Mematuhinya
Pertama, persiapkan dulu anggaran selama satu bulan. Lakukan persiapan secara menyeluruh, apa yang harus dibeli karena benar-benar butuh, dan yang mana harus ditekan keinginan tersebut karena memang belum butuh.

Buatlah anggaran untuk mengontrol keuangan. Salah satu langkah mudah adalah melihat buku tabungan. Jangan malas untuk mencetak buku tabungan. Hal tersebut untuk menyadarkan Anda, betapa borosnya Anda selama ini.

2. Jadilah Orang Yang Sabar
Semisal, ada salah satu barang yang sangat Anda inginkan. Apakah Anda harus membeli barang tersebut karena Anda benar-benar ingin? Maka dari itu, jadilah orang yang sabar. Sebaiknya tahan dulu nafsu tersebut kalau memang tidak butuh.

Anda harus sadar setiap rupiah yang Anda keluarkan itu sangat penting. Bila tidak sadar, maka uang akan mudah cepat habis. Memang, hal tersebut sangat susah, tapi, ya … harus diusahakan.

3. Cetak Buku Tabungan
Dengan mencetak buku tabungan, maka Anda bisa melihat pengeluaran Anda selam ini. Jangan malas untuk mencetak buku tabungan karena tidak baik. Sebagian orang lebih senang untuk melihat jumlah saldo melalui online atau ATM. Boleh sih tapi tidak efektif untuk melihat pengeluaran Anda selama menyeluruh.

4. Visi dan Misi Uang Anda
Tetapkan visi dan misi uang Anda ke depan. Misalnya, tahun depan harus mempunyai modal untuk nikah. Maka secara otomatis, Anda akan berusaha untuk menjadi konsumen yang sabar, untuk bisa menabung uang untuk nikah. Maka dari itu, untuk memacu otak, harus punya visi dan misi.

5. Berpikirlah Sebagai Investor
Bagi seorang investor, jika bulan ini dia berhasil menghemat 100.000, maka bulan depan dia tidak akan menghemat 100.000, tapi melebihi dari 100.000. Bagi investor, setiap bulan harus ada penaikan jumlah tabungan. Namun, dia tidak serta merta menabung dari penghasilan utama. Para investor bisa menghemat uang tersebut dengan memulai beberapa investasi reksa dana, emas, saham, dll.

6. Komitmen dan Sabar
Semua itu butuh komitmen dan kesabaran yang besar. Karena pastinya sangat banyak godaan yang muncul.

Baca juga: memilih menambah penghasilan atau berhemat?

Demikian 6 langkah mudah meningkatkan manajemen keuangan. Semoga manajemen keuangan kita semua menjadi lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here