4 Cara Mudah Mengasah Bahasa Inggris yang Pas-Pasan

Mengasah bahasa inggris

Mengasah bahasa Inggris itu bisa dibilang susah-susah gampang. Lihat, lebih banyak susahnya daripada gampangnya. Maka dari itu, butuh strategi supaya gampang mengasah bahasa Inggris. Bagaimana caranya? Hehe setidaknya ada 4 cara mudah mengasah bahasa Inggris yang pas-pasan.

Sudah tidak diragukan lagi, bahasa Inggris itu perlu banget untuk dunia kerja dan beasiswa. Sangat mustahil zaman sekarang ditemukan, pencarian kerja atau penerima kerja tanpa mencantumkan kemampuan bahasa Inggris. Dan lagi, sebenarnya kita sudah mempelajari bahasa Inggris sejak kecil, sejak zaman masih anak-anak sudah belajar bahasa Inggris. Sejak SMP bahkan ada yang sejak SD sudah dipelajari bahasa Inggris.

Sebenarnya dalam game modern seperti game PC, PlayStation, Xbox, ataupun mobile phone, selalu dicantumkan bahasa Inggris. Jika kita jeli memanfaatkan peluang, kita bisa mengasah kemampuan bahasa Inggris lewat game. Tapi sayang, kebanyakan dari kita hanya ingin bermain game saja, tidak untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris.

Dan lagi, pernah atau sering ditemukan dalam kasus, kalimat dalam bahasa Inggris sering muncul di game. Sang anak sudah terbiasa dalam game tersebut. Tapi dia tidak tahu artinya. Dia hanya mengetahui apa yang akan terjadi jika kalimat itu diucapkan. Setelah dikasih tahu artinya, sang anak langsung berkata, “Oh….”

4 Cara Mudah Mengasah Bahasa Inggris yang Pas-Pasan

Sesuaikan Minat dan Kesukaan

Cara mengasah bahasa Inggris yang pas-pasan sebenarnya bukan hanya 4 cara saja. Namun, dalam tulisan ini membahas 4 cara saja, hehe.

1. Ikut kursus

Sudah bukan diragukan lagi, mengikuti kursus merupakan salah satu cara mudah untuk mengasah bahasa Inggris yang pas-pasan. Sebagaimana dengan bimbingan belajar, bimbingan belajar pasti punya kurikulum dan cara mengajar yang sangat jitu untuk mendongkrak ilmu pengetahuan siswa. Begitu juga dengan kursus bahasa Inggris, pasti mereka punya kurikulum dan cara mengajar yang sangat jitu. Maka dipastikan, 90% kemampuan bahasa Inggris akan meningkat.

Kelemahan mengikuti kursus ini ya … masalah biaya. Karena mengikuti kursus bahasa Inggris, biayanya tidak sedikit. Mereka pasti sudah mengerti kalau bahasa Inggris amat dibutuhkan. Maka, karena butuh, biaya juga naik. Ada juga sih biaya kursus yang murah, namun kebanyakan kualitasnya tidak menjanjikan. Ada juga sih kursus dengan biaya murah tapi kualitas menjanjikan, tapi sangat sedikit jumlahnya. Kebanyakan, kualitas menentukan harga.

Mengikuti kursus memang mampu mendongkrak kemampuan bahasa Inggris. Selain karena kurikulum dan pengajarnya yang hebat, juga adanya teman yang mau berbagi. Mereka juga punya tujuan yang sama, ingin mengasah kemampuan bahasa Inggris yang pas-pasan. Sehingga, dengan adanya teman, motivasi untuk belajar dan mengasah semakin terbentuk.

2. Belajar lewat film, lagu, dan buku

Banyak sekali film yang bagus-bagus menggunakan bahasa Inggris sebagai percakapan. Contohnya film Hollywood. Film tersebut sudah tidak diragukan kualitasnya, pasti membuat mata ini tidak bosan untuk menontonnya. Tapi, apakah kita pernah memanfaatkan percakapan bahasa Inggris dalam film untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris kita?

Jika mau, pastilah kemampuan bahasa Inggris semakin terasah. Karena percakapan bahasa Inggris di dalam film menggunakan bahasa sederhana namun kompleks. Walaupun sederhana, sebenarnya percakapan itulah yang dibutuhkan dalam percakapan sehari-hari.

Atau lewat lagu. Banyak sekali lagu yang menggunakan bahasa Inggris. Jika jeli memanfaatkan peluang, kemampuan bahasa Inggris semakin terasah. Cari tahu artinya, kemudian lafalkan. Semakin sering mendengar lagu bahasa Inggris, semakin familiar di telinga.

Atau nggak, walaupun jarang sih, gunakanlah novel berbahasa Inggris. Jika kemampuan bahasa Inggris pas-pasan, maksudnya pas-pasan menerjemahkan teks bahasa Inggris, coba deh terjemahan novel. Nggak usah yang berat-berat, novel Harry Potter itu saja terjemahan, hehe.

Intinya, gunakanlah media, baik itu media film, musik, atau buku untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris. Jangan hanya nikmati film atau musik bahasa Inggris tapi harus mampu mengasah kemampuan bahasa Inggris, eaaak.

3. Follow akun bermanfaat

Sekarang zaman media sosial dimana-mana. Fungsi media sosial pun mulai beraneka ragam. Ada yang ingin menunjukkan kemampuan berkespresi, ingin menyalurkan kemampuan fotografer, ingin memberikan pengajaran, sebagai hiburan, ya … ada sebagai penyebar hoax sih. Media sosial bagaikan dua sisi yang berlawanan. Bisa bermanfaat, bisa juga berakibat negatif.

Maka dari itu, tidak ada salahnya mengikuti akun-akun yang mampu mengasah kemampuan bahasa Inggris. Banyak loh akun di media sosial yang memberikan pengetahuan mengenai bahasa Inggris. Bukan hanya puluhan jumlahnya, bahkan ratusan. Oh ya, bagus juga sih mengikuti akun youtube yang memberikan pengajaran bahasa Inggris.

Jadi, jika akun tersebut bermanfaat, apalagi akun tersebut mampu mengasah kemampuan bahasa Inggris, boleh ikuti. Tapi kalau yang tidak bermanfaat, bahkan sebagai penyebar hoax, lebih baik laporkan dan kalau bisa blokir.

4. Berinteraksi dengan teman

Maksudnya di sini, bicara bahasa Inggris dengan teman. Tidak ada salahnya sih berkata,

Boy: “Halo how are you?”

Girl: “I am fine and you?”

Boy: “Absolutely, I have fallen in love when I meet you first time. So, do you want to be my girlfriend?”

Dan mereka pun jadian, tamat, happy ending.

Ok kembali ke topik. Nggak ada salahnya mulai percakapan bahasa Inggris dengan teman. Itu justru mampu mengasah kemampuan bahasa Inggris 100%. Karena langsung praktik. Praktik secara langsung memberikan dampak yang sangat besar dalam pembelajaran loh.

Penutup

Kemampuan bahasa Inggris

Banyak cara mengasah kemampuan bahasa Inggris. Baik itu yang berbayar, ataupun gratis. Maka dari itu, mulailah mengasah demi kebaikan diri sendiri. Malas bayar mahal, yang gratisan juga bisa.

Oh ya, komitmen dalam mengasah kemampuan bahasa Inggris itu sangat perlu. Karena dengan komitmen yang kuat, maka segala rintangan akan dihadapi. Ini bahasa Inggris, bukan bahasa pribumi, maka wajar susah mempelajarinya, bahkan mungkin teman Anda akan memperolok Anda jika Anda bicara bahasa Inggris. Komitmen yang kuat, mampu menghadang semua rintangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here