Sebaiknya Menentukan Judul Sebelum Menulis atau Sesudah Menulis?

4 Pilar Membuat Judul Menarik Minat Pembaca

Menentukan judul itu bisa dibilang gampang-gampang susah. Hanya beberapa kalimat saja, ada malah yang hanya satu kalimat saja. Namun, judul adalah penentu kesuksesan sebuah tulisan. Jika judul tersebut menarik dan membuat pembaca ingin tahu lebih lanjut, maka sukseslah tulisan Anda. Jika tidak menarik? Anda bisa menebaknya. Maka dari itu memilih judul itu sangat penting. Nah … ada permasalahan lainnya. Sebaiknya menentukan judul sebelum menulis atau sesudah menulis?

Hal ini sangat membingungkan. Karena memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Memilih judul sebelum menulis memang membuat Anda tidak lari dari alur cerita saat menulis nantinya. Dan jika menulis judul sesudah menulis membuat judul yang sesuai dengan gambaran sebuah tulisan Anda.

Tanpa mempersingkat kata. Berikut beberapa pertimbangan saya mengenai sebaiknya menentukan judul sebelum menulis atau sesudah menulis?

Menentukan Judul Sebelum Menulis

Kelebihan menentukan judul sebelum menulis hal tersebut adalah alur yang Anda buat tidak lari saat menulis tulisan. Karena sudah ditentukan judulnya. Yang artinya, judul tersebut adalah tema dari tulisan Anda. Kenapa saya katakan demikian?

Karena ketika Anda menulis judul sebelum menulis. Maka judul dan tema cerita menjadi satu. Anda tidak bisa membedakannya. Ya … pengalaman saya sih seperti ini. Hal tersebut terkadang membuat tulisan Anda kaku.

Menentukan Judul Sesudah Menulis

Kelebihan dari menentukan judul sesudah menulis dapat membuat judul yang luar biasa. Luar biasa maksudnya adalah dengan kalimat yang wah gitu, penuh dengan diksi dan terkadang tidak sesuai dari tema.

Namun kelemahannya adalah karena kebebasan tersebut. Membuat judul yang terkadang aneh di dengar. Ok Anda sebagai penulis berpikir judul itu keren. Tapi bagaimana dengan pembaca? Hal tersebut bagaikan dua mata pisau.

Solusi Terbaik dari Saya

Terlepas dari menentukan judul sebelum menulis atau sesudah menulis itu terserah Anda. Anda di sini sebagai hakim dalam tulisan Anda. Bisa sebelum bisa sesudah. Tapi ada satu pertimbangan untuk Anda.

Setelah Anda menulis cerita, sebaiknya pikirkanlah lagi judul. Pikirkan masak-masak. Tulislah beberapa judul. Bisa sepuluh bisa lebih. Dan diamkan judul tersebut selama satu hari.

Mengapa saya anjurkan demikian? Ingat! Pemilihan judul sangat penting. Jadi, pilihlah dengan masak-masak dengan pertimbangan yang masak pula. Jangan memilih judul yang asal-asalahn. Memilih judul yang asal-asalan berdampak pada hasil tulisan Anda yang asal-asalan.

Maka dari itu, saran saya adalah mendiamkan dulu selama satu hari setelah Anda membuat daftar judul tersebut.

Bukankah Ada Pepatah Yang mengatakan ‘Jangan Melihat Buku dari Sampul’

Iya pepatah itu memang benar. Ada beberapa tulisan yang dari judul terlihat nggak banget. Tapi setelah melihat isinya sangat bagus bahkan super bagus. Tidak sedikit tulisan yang demikian.

Namun tulisan tersebut hanya segelintir dari tulisan yang sukses. Bayangkan Anda sebagai pembaca. Anda ingin mencari sebuah tulisan. Anda mencari tulisan secara acak, jangan melihat siapa penulisnya. Anda di sini tidak tahu menahu tentang penulis siapapun itu. Apa yang pertama kali Anda pertimbangkan? Judul bukan?

Nah … Anda juga sebagai pembaca awam memilih judul untuk pertimbangan awal. Jika judulnya menarik bagi Anda, maka tujuh puluh persen Anda melihat tulisan tersebut. Jika judul tidak menarik, maka seratus persen Anda meninggalkan tulisan tersebut.

Kenyataannya memang demikian. Memang pahit tapi itu kenyataan. Sekarang kita balik posisi. Nah … Anda pun memilih judul sebagai pertimbangan awal. Maka pembaca Anda nantinya memilih judul pula sebagai pertimbangan tulisan Anda.

Jadi, jangan meremehkan memilih judul. Terlepas Anda menentukan judul sebelum menulis atau sesudah menulis itu terserah. Yang penting, setelah tulisan selesai, Anda memikirkan judul kembali.

2 COMMENTS

  1. Nice, kalo gua sih kayanya milih judul belakangan dh. Takutnya mandek di topik itu sendiri. hehehehe

    • Bisa juga asal jgn asal pilih judul 😉

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here