Memilih Menambah Penghasilan atau Berhemat?

Memilih Menambah Penghasilan atau Berhemat

Inflasi setiap bulan selalu ada. Yang artinya, semakin tahun pengeluaran Anda semakin bertambah. Bahkan berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia mengalami inflasi sebesar 0,47% pada November 2016. Tingkat inflasi pada bulan Januari sampai November mencapai 2,59%. Jadi memilih menambah penghasilan atau berhemat?

Apa artinya dari statistik tersebut? Jika Anda merasa cukup dengan pengeluaran dua juta sebulan dan gaji Anda sekitar empat juta. Maka semakin bertambahnya bulan, pengeluaran dua juta tersebut tidak akan cukup. Semakin bertambah sedangkan pendapatan Anda masih empat juta. Ini merupakan masalah yang sangat besar bukan?

Jadi, memilih menambah penghasilan atau berhemat?

1. Membuat Daftar Bulanan Belanja

Yap, buatlah daftar bulanan. Klasik sih tapi ampuh banget. Anda pastinya paham kebutuhan bulanan Anda. Mulailah mencatatnya, jangan lupa memilahnya mana yang perlu mana yang tidak.

Mulailah memikirkan sisa penghasilan Anda untuk menabung atau investasi.

2. Ayo Hemat Listrik dan Air

Hemat listrik dan air memang selalu digalakkan. Apa gunanya? Ya … supaya listrik dan air tidak terbuang percuma. Hanya itu saja? Untuk sebuah negara sih itu saja. Tapi … untuk Anda sebagai konsumen, dengan berhemat listrik dan air itu sama saja menghemat pengeluaran Anda.

Gimana? Listrik dan air tidak terbuang percuma dan tentu saja pengeluaran Anda juga tidak terbuang percuma. Sangat menguntungkan bukan?

3. Gunakan Kartu Debit Untuk Berbelanja

Menggunakan kartu kredit untuk berbelanja memang mengasyikkan. Karena hal ini tidak membatasi Anda untuk berbelanja. Tapi … itu merupakan dua mata pisau yang sangat berbahaya.

Kenapa tidak menggunakan kartu debit? Memang terbatas tapi lebih ampuh mengontrol pengeluaran Anda.

4. Mulai Manfaatkan Area Rumah

Harga kebutuhan pokok selalu saja naik, missal harga bawang, tomat, dan cabai. Tapi kalau dipikir-pikir menanam tanaman tersebut sangat mudah dan tidak membutuhkan lahan yang besar.

Maka mulai dari sekarang, mulailah menanam tumbuhan seperti bawang, tomat, cabai, dan lain-lain. Nggak salah kok dan buat rumah Anda jelek. Malah terlihat sangat bagus dan cantik jadinya.

5. Mulai Pikirkan Pekerjaan sampingan

Jika keempat point di atas dengan mengusahakan berhemat, melakukan pengeluaran seminimal mungkin. Mana pada point ke lima adalah mulailah menambah pendapatan.

Inflasi semakin naik, tingkat kebutuhan semakin naik, dan gaji Anda selalu tetap tidak ada penaikan. Meskipun ada penaikan tapi tidak significant. Mulailah mencari pekerjaan sampingan. Ya … nggak perlu gaji tinggi yang penting ada sedikit menambah pendapatan. Dan mulailah berpikir untuk berinvestasi.

Demikian beberapa pandangan memilih menambah penghasilan atau berhemat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here