Apakah Saya Memilih Lanjut Kuliah atau Langsung Bekerja?

Tidak Punya Waktu menulis

Ini merupakan pertanyaan yang sulit bagi saya dan mungkin Anda sekalian yang baru saja wisuda. Memilih apakah lanjut atau bekerja adalah pilihan yang sulit. Dulu, saya harus bertapa tujuh hari tujuh malam untuk mendapatkan jawabannya. “Apakah saya memilih lanjut kuliah atau langsung bekerja?” Akhirnya saya menemukan jawabannya.

Sebelum saya memberikan jawabannya. Pertama, saya berikan dulu data jumlah pengangguran dari tahun 2005 – 2013.

Tahun Jumlah pengangguran (juta orang)
2005 10.85
2006 11.10
2007 10.55
2008 9.43
2009 9.26
2010 8.59
2011 8.12
2012 7.61
2013 7.17

Memang sih, jika dilihat dari tahun ke tahun, jumlah pengangguran makin penurunan.

grafik jumlah pengangguran

(Sumber: data.go.id)

Tapi perhatikan jumlah pengangguran tersebut. Pada tahun 2013 jumlah pengangguran menjadi 7 juta orang. Wah, angka yang sangat fantastis. 7 juta orang bisa kebayang nggak tuh berapa banyak.

Artinya, pengangguran di Indonesia masih banyak. Ketika kita menyelesaikan kuliah, alias satu hari setelah wisuda, maka kita akan mendapatkan titel “pengangguran”, jumlah pengangguran di Indonesia makin bertambah tuh. Maka dari itu, perlu strategi untuk melepaskan title “pengangguran” tersebut.

Caranya ada dua macam, melanjutkan kuliah atau langsung kerja. Dan pilihan tersebut sangat sulit. Apalagi melihat keadaan zaman sekarang ini. Yang mana titel Strata 1 (S1) sudah menjamur di mana-mana. S1 bukan lagi hal yang bisa dibanggakan. Dan pengangguran S1 banyak banget.

Bagaimana jika memilih lanjut kuliah? Ya … bisa saja sih, siapa yang melarang. “Memang ada ya perbedaan gaji antara S1, S2, dan S3?” Sebenarnya ada sih. Nah, perhatikan deh data di bawah ini. Data tersebut adalah data mengenai pendapatan/gaji per bulan lulusan S1, S2, dan S3.

Apakah Saya Memilih Lanjut Kuliah atau Langsung Bekerja

Semakin tinggi jenjang akademik seseorang, maka semakin tinggi gajinya. Walaupun data tersebut berasal dari Amerika sih, tapi di Indonesia bisalah digunakan sebagai acuan.

Namun, “Jika memilih lanjut kuliah, terus menyelesaikan studinya, apakah setelah wisuda bisa dapat kerja?” kenyataan yang didapat TIDAK! Harus mencari kerja terlebih dahulu. Namun, tidak sesulit mencari kerja ketika bertitel S1.

Jadi, “Apakah memilih lanjut kuliah atau langsung kerja?” Jawabannya tergantung individu masing-masing. Pasti banyak pertimbangan yang harus dipilih untuk menentukannya. Dan pastinya, masing-masing individu sudah ada jawabannya.

“Untuk saya?”

Saya memilih untuk lanjut kuliah dulu. Mumpung masih segar, takutnya kalau saya sudah tua, saya jadi malas belajar lagi, huhuhu. Dan tentu saja, saya juga bekerja, bukan full time sih, tapi part time.

3 COMMENTS

  1. Wah bagus ni ada datanya … tapi kok ga sampe tahun 2016 Am?

  2. Saya baru lulus SMA udah ngerasain titel pengangguran. Capek, Mas. Di rumah mulu. 🙁

    Kalau saya, lebih baik kuliah, tapi tetap dapat pemasukan juga. Ya, kayak kerja part time gitu. Hehehe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here