Memilih Happy Ending, Sad Ending, atau Cliffhanger

Dalam sebuah cerita, terutama cerita cerpen, novel ataupun film. Pastinya tuh ada yang namanya akhir cerita. Nggak mungkin ada pembukaan tanpa ada akhir cerita. Begitu juga hidup. Nah … bagaimana memilih akhir sebuah cerita? Memilih happy ending, sad ending, atau cliffhanger?

Tentunya dalam memilih akhir cerita tersebut, Anda harus tahu apa maksud dari ketiga akhir tersebut bukan? Kalau tidak tahu ya … takutnya nanti asal-asalan memilih sebuah akhir cerita.

Rahasianya nih, akhir cerita juga menentukan kualitas sebuah cerita. Kalau akhir cerita begitu mengesankan, pastinya si pembaca akan selalu mengingat cerita Anda. Bahkan membacanya berulang-ulang. Kalau akhir ceritanya biasa saja mah … asal berlalu saja.

Maka dari itu, membuat akhir cerita sangat penting. Tapi pertama-tama, Anda harus tahu pengertian dari happy ending, sad ending, dan cliffhanger.

Happy Ending

Happy ending adalah sebuah akhir yang menyenangkan. Istilahnya, si tokoh utama atau cerita tersebut berakhir menyenangkan. Awalnya dimulai masa-masa sulit terlebih dahulu, berakhir dengan adegan menyenangkan.

Happy ending sangat digandrungi para pembaca. Banyak yang menginginkan sebuah cerita itu berakhir happy ending. Dan tentunya banyak sekali akhir cerita yang happy ending.

Hmm … kira-kira seperti ini deh contoh dari happy ending.

Aku menatap sebuah jendela, jendela yang menghiasi setiap kamarku. Kini ada yang berubah. Biasa menggunakan gorden kain seadanya, kini berubah gorden indah berwarna putih. Banyak sekali para gadis di kamarku, mereka menata rambut dan pakaianku. Aku tidak menyangka kalau aku akan menikah. Sebuah kisah cinta yang begitu pilu, berakhir di akad nikah. Aku sangat senang sekali. Sebuah kesakitan, pasti akan berakhir dengan kesenangan.

Sad Ending

Sad ending itu adalah akhir yang sedih, membuat si pembaca menangis pilu. Huhu, banyak sih yang tidak suka dengan sad ending. Ya … mau gimana lagi. kata sedih pastinya tidak disukai orang.

Tapi … jika Anda berhasil membuat sad ending yang menyentuh, maka pembaca akan merasa terkesima dan memuji Anda. Banyak kok film, cerpen, atau novel dengan sad ending yang menyentuh.

Hmm … kira-kira seperti ini deh contoh dari sad ending.

Mungkin ini yang dikatakan takdir. Sebuah perpisahan yang begitu dalam. Aku sangat mencintainya, tapi takdir berkata lain. Aku berhasil membuat dia tersenyum dengan lamaranku, tapi takdir berkata lain. Kini aku mematung di batu nisannya. Sebuah kecelakaan mengakhiri kisah cinta kami. Sayang, semoga kamu lapang di alam sana.

Cliffhanger

Cliffhanger adalah akhir cerita yang menggantung. Biasa sih akhir cerita ini dibuat untuk membuat ada cerita kelanjutannya. Macam ada season dua gitu deh.

Akhir cerita ini kalau Anda sukses membuat terkesima, si pembaca akan selalu menunggu kelanjutan cerita Anda. Hmm … terkadang si pembaca menghubungi Anda bagaimana kelanjutannya.

Tapi kelemahannnya, seperti sad ending, banyak yang tidak menyukai akhir cerita ini. Tentu saja karena menggantung. Siapa sih yang suka digantung? Semua orang butuh kejelasan tahu.

Kira-kira seperti ini deh contoh dari cliffhanger.

Mungkin akhir cintaku kandas sampai di sini. Dia lebih memilih laki-laki lain daripada diriku. Dia sangat cantik dengan balutan baju pengantin. Aku menyalaminya, mengucapkan selamat untuknya. Hatiku begitu pilu. Ketika aku duduk di sudut ruangan seorang perempuan datang menyapaku. Dia berkata, “Sebenarnya aku mencintaimu loh. aku menahan perasaanku ini, karena aku tahu kamu mencintai dirinya. Tapi melihat pernikahan ini, aku tidak bisa menahan perasaanku,” katanya sambil berlari dengan muka memerah. Aku begitu terkejut mendengarnya karena dia adalah sahabatku.

Kesimpulan

Sebenarnya tidak begitu ribet sih memilih happy ending, sad ending, atau cliffhanger. Tapi yang susah itu membuat akhir cerita yang membuat pembaca terkesima. Mungkin dengan Anda mengetahui pengertian ketiga akhir cerita tersebut, membuat Anda semakin memahami akhir cerita yang hendak Anda buat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here