4 Pilar Membuat Judul Menarik Minat Pembaca

4 Pilar Membuat Judul Menarik Minat Pembaca

Dalam sebuah tulisan, apapun jenis tulisannya. Apa yang pertama kali dilihat oleh pembaca? Jika Anda juga di posisi pembaca pastinya Anda juga memilih judul bukan? Jika judul menarik, Anda pun akan membaca tulisan tersebut.

Ada pula yang mengatakan di bagian desain/sampul. Ok, tapi bagus desain/sampul sebuah tulisan. Jika judul tidak menarik, alias judul biasa-biasa saja. Anda pun tidak akan membaca tulisan tersebut.

Membuat judul menarik memang sangat sulit sekali. Butuh latihan keras agar bisa membuatnya. Saya akan memberikan 4 pilar membuat judul menarik minta pembaca. 4 pilar ini hanyalah analisi saya selama membuat tulisan.

Tanpa mempersingkat kata, berikut 4 pilar membuat judul menarik minta pembaca.

1. Useful

Useful adalah judul dengan menjelaskan manfaat kepada para pembaca. Sering kali para pembaca ingin mencari solusi dalam suatu masalahnya. Kenapa tidak mencantumkan manfaat di dalam judul. Hal ini membuat pembaca lebih tertarik.

Misal si pembaca ingin segera diet. Maka ada sebuah tulisan dengan judul “Berat Badan Hilang dalam 30 Hari Secara Alami”. Nah, tulisan tersebut menang satu point. Si pembaca langsung merasa tertarik karena tulisan tersebut menjelaskan manfaatnya, berat badan hilang.

2. Urgency

Urgency adalah judul terkesan mendesak/darurat/penting. Pemilihan judul seperti ini juga efektif karena menambah penasaran para pembaca. Apalagi jika hal tersebut berkaitan dengan apa yang dia cari.

Misal ada sebuah judul tulisan “Waspadalah 10 Tanda-Tanda Masuk Neraka”. Kebetulan si pembaca ingin mencari cara-cara masuk surga. Kemungkinan si pembaca akan melihat tulisan tersebut terlebih dahulu. Jika puas, dia akan berhenti mencari tujuannya.

3. Unique

Unique adalah judul dengan membuat ide utama dari sudut pandang yang berbeda dari biasanya. Ya, bisa dibilang sebagai tolak belakang dari biasanya. Tapi isinya ya … sama saja. Walaupun isi sama saja, hal tersebut merupakan point penting loh.

Misal dalam sebuah tulisan “Saya Berdosa Menikahi Seorang Gadis”. Lah … menikah kan mendatangkan pahala. Wong ini kok berdosa. Ini mah … buat penasaran saja. Dan pasti ujung-ujungnya tulisan tersebut menjelaskan hal-hal yang tidak diperbolehkan dalam rumah tangga. Kenapa tidak dibuat judul “Menuju Rumah Tangga yang Bahagia”. Jika judul tersebut dibuat, pembaca akan merasa biasa saja. Makanya dibuat lain dari yang lain.

4. Ultra Spesifik

Ultra Spesifik adalah judul dengan ditulis secara spesifik. Ya bisa dibilang judul tersebut membuat secara spesifik.

Misal dalam sebuah tulisan “Cara Menurunkan Berat Badan Selama 7 Hari”. Hmm … bagus sih. Tapi coba bandingkan dengan tulisan ini “Cara Menurunkan Berat Badan Selama 7 Hari dari Berat 70 Kg Menuju 40 Kg”. Nah … tulisan yang spesifik tentu lebih menarik bukan?

Membuat judul memang susah-susah gampang. Tapi perlu diingat, judul merupakan faktor penting dalam tulisan Anda. Jika judul menarik, maka pembaca akan melirik tulisan Anda.

4 COMMENTS

    • Sama sob, kadang saya juga begiru 🙁

    • Iya benar sekali. Dan itu pula yang paling susah memikirkannya 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here