5 Tips Memahami Pelajaran Matematika

5 Tips Memahami Pelajaran Matematika

Sebagai siswa, pastinya pelajaran matematika merupakan pelajaran wajib. Mulai dari SD sampai SMA, asyik belajar matematika mulu. Bahkan, ada yang bela-belain masuk IPS supaya tidak bertemu matematika, eh bertemu juga. Nah … apakah pelajaran matematika itu sulit? Ada tips-nya loh memahami pelajaran matematika.

Oh ya, sebelum berbicara tips, saya ingin bertanya. Antara matematika dan bahasa Indonesia, mana yang paling sulit? Sejujurnya, yang paling sulit adalah bahasa Indonesia. Kenapa? Ya … karena di hasil UN pun, terlihat pelajaran bahasa Indonesia paling rendah nilainya. Kok bisa? Wong bahasa Indonesia menggunakan percakapan panjang. Kalau matematika, tidak menggunakan percakapan panjang, hehe.

Tanpa mempersingkat kata, berikut 5 tips memahami pelajaran matematika.

1. Pahami Materi

Matematika itu menggunakan materi yang simple dan rumus yang simple. Contoh yang diberikan juga simple, ya … walaupun soal latihan yang diberikan sangat jauh dari contoh.

Maka dari itu, pahami dulu materi. Jangan terburu-buru menyimpulkan. Kalau tidak mengerti, langsung bilang tidak mengerti. Owh … pahami, pelajari, dan … berdoa juga sih.

2. Pahami Contoh Soal

Nah … jika ada contoh soal, Anda pahami itu dulu. Jangan terburu-buru langsung bilang mengerti hanya melihat contoh soal. Kalau bisa, cobalah menulis ulang jawaban dari contoh soal di buku, tentu saja jangan lihat jawabannya. Setelah menulis di buku, ops, berlatih, baru deh cocokkan.

Contoh soal itu sangat penting, demi masa depan Anda menjawab soal matematika.

3. Pahami Soal

Salah satu kelemahan dari siswa adalah selalu membaca soal sekilas dan jawab. Ok, bagi yang memiliki otak jenius, boleh-boleh saja. Tapi bagi yang normal, jangan lakukan demikian. Sebaiknya, baca dulu pelan-pelan soal tersebut, simpulkan apa maksud dari soal tersebut. Setelah itu, baru deh jawab.

Terkadang, ini berdasarkan pengalaman, hehe. Saat membaca soal pertama kali, rasanya tidak sanggup untuk mengerjakannya. Eh, setelah membaca berulang-ulang, baru deh mendapatkan hidayah.

4. Jangan Takut Salah

Tenang saja, soal matematika itu tidak makan orang kok, dia hanya sebuah angka saja. Tapi angka tersebut mampu membuat otak cenat-cenut.

Tidak ada orang yang langsung benar ketika mengerjakan soal matematika. Maka dari itu, mulailah mengerjakan soal dengan kemampuan sendiri. Jangan berusaha mencontek atau melirik punya teman, walaupun itu sering saya lakukan sih, hehe. Tapi dampaknya sangat luar biasa jika mencontek. Nanti setelah besar, setelah masuk ke bangku perkuliahan, baru deh terasa kalau kebiasaan mencontek tidak baik.

5. Buat Catatan Kecil

Nah … ini juga sangat membantu Anda dalam memahami pelajaran matematika. Dengan menggunakan catatan kecil, Anda bisa membaca catatan tersebut kemana-mana. So, Anda bisa belajar di mana saja.

Tapi ya … jangan buat catatan kecil saat ujian ya!

6. Diskusi Bersama Teman

Ini yang terakhir dan sangat penting. Cobalah berdiskusi bersama teman. Mungkin penjelasan guru yang membuat ngantuk, membuat Anda tidak dapat memahami matematika. Coba deh, diskusi dengan teman. Mungkin karena teman, tidak canggung lagi. Anda bebas bertanya sepuasnya, sampai Anda benar-benar mengerti. Ya … tahu diri juga ya.

Ups, kalau yang ingiin modus, bisa nih dilakukan terhadap gebetan. Pura-pura tidak mengerti gitu loh di depan gebetan supaya dia mau mengajari Anda. Jadi, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Dekat dengan gebetan dan makin paham deh sama matematika.

Baja juga: 9 tips jitu lulus di perguruan tinggi favorit

Hmm demikianlah tips memahami pelajaran matematika. Memang sih, tidak semua orang bisa memahami pelajaran matematika. Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here