Magnesium (Mg) Yang Ringan Tapi Kuat

Ketika bertemu teman baru

Saya Magnesium (Mg) adalah unsur yang berada di golongan II A dan pada periode ke 3. Karena berada di golongan II A, maka saya termasuk ke dalam golongan alkali tanah. Tenang saja, saya memiliki sifat tidak reaktif kok, saya aman, hahaha.

Perkenalkan sifat saya terlebih dahulu. Saya memiliki sifat yang ringan, tetapi kuat. Jadi, saya bisa dikatakan ringan tapi tidak murahan. Saya ini memiliki sifat kuat. Saya tidak seperti besi yang kuat namun berat. Saya kuat tapi ringan. Saya biasa digunakan sebagai bahan tahan api dalam tungku peleburan untuk memproduksi logam (besi atau baja), dan semen. Oh ya, titik didih saya tinggi sekali loh, 1.107oC.

Saya sangat berlimpah di kerak bumi. Keberadaan saya adalah paling melimpah kedelapan di kerak Bumi, wuhu. Selain itu, saya adalah unsur yang melimpah ketiga yang larut di dalam laut. Jadi, saya mudah ditemukan.

Namun, tetap hati-hati terhadap saya. Karena paparan uap hasil gabungan saya dan oksigen mampu menyebabkan berbagai keluhan seperti demam, menggigil, mual, muntah, dan nyeri otot. Jika saya yang dalam bentuk bubuk tercampur dengan udara, dapat menimbulkan ledakan.

Walaupun saya mudah sekali ditemukan di lautan, namun saya lama sekali diketahui manusia. Manusia yang mengetahui saya adalah Sir Humphrey Davy pada tahun 1808, huhuhu sedih.

magnesium

Sifat
Ringan, tetapi kuat.

Kegunaan/Manfaat
Senyawa magnesium digunakan sebagai bahan tahan api dalam tungku peleburan untuk memproduksi logam (besi dan baja), kaca, dan semen.

Keberadaan di Alam
Magnesium adalah unsur paling melimpah kedelapan dan merupakan 2% penyusun kerak bumi berdasarkan bertanya. Magnesium juga merupakan unsur paling melimpah ketiga yang larut di dalam air laut. Setiap kilometer kubik air laut mengandung sekitar 1,3 miliar kilogram magnesium.

Cara Pembuatan
Magnesium dapat diperoleh melalui proses Downs, yaitu elektrolisis leburan kristal magnesium yang menghasilkan endapan Mg di katoda.

Kelemahan
Paparan uap magnesium oksida hasil pembakaran, pengelasan, atau pencairan logam dapat menyebabkan berbagai keluhan seperti demam, menggigil, mual, muntah, dan nyeri otot. Jika bubuk atau butiran magnesium tercampur udara, dapat menimbulkan ledakan.

Penemu
Sir Humphrey Davy

Tahun
1808

Nomor Atom 12
Massa Atom 24,305 g/mol
Golongan II A
Periode 3
Konfigurasi Elektron [Ne] 3s
Elektron Valensi 2
Bilangan Oksidasi 2
Titik Lebur 650oC
Titik Didih 1.107oC
Massa Jenis 1,74 g/ml
Wujud Padat
Warna Abu-abu berkilau
Struktur Kristal Heksagonal
Jenis Unsur Logam alkali tanah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here