Lebih Baik Pembayaran Uang Tunai atau Nontunai?

Nah ini penting sebagai pertimbangan. Apalagi bagi kita yang hendak pergi ke mana saja gitu, perlu bawa uang. Misalnya mau pergi ke luar kota, mau traveling gitu. Atau pergi ke tempat kerja saja deh. Nah, kadang ada itu pemikiran bagi kita, bawa uang fisik banyak atau sedikit? Terus apakah menggunakan pembayaran nontunai atau tidak.

Memang sih, ini menjadi dilema, Ketika saya pergi ke luar kota saya dihadapkan akan pertimbangan: mau bawa uang banyak repot atau menggunakan nontunai belum tentu semua toko bisa.

Terus pertimbangan hutang juga sih, hehe 😀

Baiklah marilah kita pertimbangkan satu-satu.

1. Dari Segi Pembayaran di Toko

Kalau membayar uang tunai sih semua toko sudah paham. Nggak ada tuh istilahnya toko tidak paham dengan uang tunai. Dan juga, kalau mau berbelanja jadi gampang. Pergi ke toko, cari apa yang dibutuhkan, dan bayar.

Nah kalau pembayaran nontunai ini tidak semua toko bisa. Kalau untuk toko-toko besar sih bisa. Tapi bagaimana coba mau berbelanja ke toko tradisional. Rata-rata toko tradisional tidak bisa melakukan transaksi nontunai. Mungkin di beberapa daerah ada yang tidak mengerti dengan transaksi nontunai.

2. Dari Segi Kemungkinan Berhutang

Nah, kalau uang tunai nih sulit banget nih mau berhutang. Ya, berapa uang yang kita punya, sekianlah pembayaran. Jadi transparan nih. Dan juga menyadarkan kita. Misal kita ingin beli macam-macam, eh sadar ternyata uang terbatas, akhirnya beli seperlunya.

Beda kalau nontunai, kemungkina besar berutang besar. Apalagi kalau sudah menggunakan kartu kredit. Bisa-bisa nih kita sebagai konsumen nggak sadar diri. Semua belanjaan mau dibeli. Yang butuh atau tidak nggak peduli, toh bisa melakukan pembayaran. Tapi ya itu dia, habis pembayaran baru teringat deh hutang kredit semakin membengkak, pengalaman sendiri 🙁

3. Dari Segi Kejahatan

Nah ini dia, kalau misalnya kita membawa uang dalam jumlah banyak. Pastinya tuh dompet bakal tebal. Nah, tiba-tiba nih kita kecopetan. Bakal panik banget tuh. Uang yang kita punya raib begitu saja.

Tapi kalau uang nontunai, si pencopet pun kebingungan. Iya sih dia sukses besar berhasil mencopet tapi bingung, mau gunakan kartu kredit nggak ngerti. Kita bisalah sedikit lega, ya … walaupun nggak lega-lega amat.

4. Dari Segi Kepraktisan

Kalau menggunakan pembayaran nontunai sudah pasti, nggak bakal praktis. Harus membawa uang dalam jumlah besar dan itu disimpan di dalam dompet. Bisa dibayangkan kan, dompet bakal tebal. Iya sih, ada beberapa orang yang senang melihat dompet tebal. Tapi repot gituloh, harus bawa-bawa uang banyak kemana-mana.

Nah kalau pembayaran nontunai ini lebih praktis. Hanya dengan kartu kredit, semuanya beres, Jadi bisa belanja dimana saja dan kapan saja. Tidak perlu dompet tebal. Kadang dompet nggak ada isi uang bisa melakukan pembayaran. Kata orang sekarang nih, “Nggak perlu dompet tebal, yang penting isi di dalam kartu banyak.”

Jadi, apakah bisa pembayaran uang tunai dihilangkan? Untuk sekarang sih masih belum bisa. Mengingat pembayaran nontunai masih belum merata di seluruh toko-toko tradisional. Dan juga di beberapa daerah, terkhusus daerah terpencil masih belum familiar dengan pembayaran nontunai.

Solusinya nih, kalau mau berpergian, jangan lupa membawa uang tunai beberapa lembar. Tapi jangan lupakan kartu debit/kredit 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here