Kalsium (Ca) Sifat, Manfaat, dan Cara Pembuatan

atom

Tahukah Anda kalau kalsium (Ca) termasuk dalam logam trimorfik, sifatnya lebih keras jika dibandingkan dengan natrium namun lebih lunak jika dibandingkan dengan aluminium. Unsur ini dianggap tidak reaktif jika dibandingkan dengan logam alkali tanah lainnya, seperti berilium, magnesium.

Unsur ini tidak ditemukan secara bebas di alam. Namun unsur ini ditemukan dalam bentuk senyawa seperti batu gamping, gipsum, dan fluorit. Karena tidak ditemukan secara bebas di alam, maka cara pembuatan unsur ini menggunakan beberapa teknik, seperti: logam kalsium dipisahkan kari kalsium klorida cair melalui proses elektrolisis.

Oh ya, unsur ini memiliki nomor atom dua puluh. Karena nomor atom demikian menyebabkan unsur ini berada di golongan II A pada periode ke empat. Elektron valensinya dua, begitu juga dengan bilangan oksidanya dua. Memiliki titik didih yang cukup tinggi, sekitar 1.484oC dan titik lebih 840oC.

Kegunaan dari unsur ini sangat bermanfaat pada metabolisme tubuh. Selain itu juga untuk penghubung antar saraf, kerja jantung, dan untuk pergerakan otot. Namun, walaupun bermanfaat tidak berarti memiliki efek samping. Ketika asupan lebih dari 2,5 gram per hari, maka akan menyebabkan batu ginjal dan sklerosis ginjal serta pembuluh darah.

Karena titik didih yang cukup tinggi menyebabkan unsur ini berbentuk padat. Warna unsur ini putih keperakan dan struktur kristalnya face-centered cubic.

Sifat, Manfaat, dan Cara Pembuatan Kalsium (Ca)

Sifat
Termasuk golongan trimorfik, lebih keras dibandingkan natrium tetapi lebih lunak dari aluminium dan dianggap kurang reaktif dibandingkan logam alkali tanah lainnya.

Manfaat
Ca adalah mineral yang penting bagi manusia, antara lain bagi metabolisme tubuh, penghubung antar saraf, kerja jantung, dan pergerakan otot.

Keberadaan di Alam
Unsur ini tidak ditemukan secara bebas di alam, melainkan dalam bentuk senyawa seperti batu gamping, gipsum, dan fluorit.

Cara Pembuatan
Dalam industri, logam kalsium dipisahkan dari kalsium klorida cair melalui proses elektrolisis.

Kelemahan
Jika asupan Ca lebih dari 2,5 gram per hari tanpa bantuan medis dapat mengarah pada pembentukan ginjal dan sklerosis ginjal serta pembuluh darah.

Penemu
Sir Humphrey Davy

Tahun
1808

Nomor Atom 20
Massa Atom 40,08 g/mol
Golongan II A
Periode 4
Konfigurasi Elektron [Ar] 4s2 
Elektron Valensi 2
Bilangan Oksidasi 2
Titik Lebur 840oC
Titik Didih 1.484oC
Massa Jenis 1,55 g/ml
Wujud Padat
Warna Putih keperakan
Struktur Kristal Face-centered cubic
Jenis Unsur Logam alkali tanah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here