Kalium (K) Sifat, Manfaat, dan Cara Pembuatan

atom

Unsur ini termasuk yang mudah teroksidasi dengan udara. Dan tahukah Anda, sebagian besar unsur ini digunakan sebagai pupuk. Berarti, unsur ini sangat bagus untuk menyuburkan tanah, yang artinya sangat membantu bagi para petani untuk meningkatkan hasil panen mereka. Dan juga, digunakan sebagai pembuat kaca televisi. Jadi, sekarang sudah tahu kan, kalau kaca televisi itu bukan sembarangan kaca. Dan juga unsur ini digunakan dalam membuat sabun detergen cair. Jadi, sangat banyak kegunaan dari Kalium (K).

Dengan nomor atom sembilan belas, berarti dapat ditebak melalui konfigurasi elektronnya bahwa unsur ini berada di golongan IA periode 4. Memiliki titik lebuh sekitar enam puluh derajat celcius dan memiliki titik didih yang tinggi, mencapai tujuh ratus derajat celcius.

Dengan titik didih yang sangat tinggi tersebut, maka unsur ini berwujud padat, berbentuk garam mineral. Warnanya putih keperakan dan berbentuk struktur kristal yaitu Body-centered cubic.

Oh ya, walaupun unsur ini memiliki banyak sekali kelebihan, seperti untuk pupuk, kaca untuk televisi, bahan untuk pembuat detergen cair, namun memiliki kelemahan alias efek samping. Salah satunya yaitu, jika terhirup debu yang dihasilkan oleh unsur ini, dapat menimbulkan iritasi mata, hidung, tenggorokan, dll. Dan jika terjadi kontak pada kulit dan mata mengakibatkan kerusakan permanen. Hoho, jadi hati-hati bila berhadapan dengan unsur ini.

Sifat, Manfaat, dan Cara Pembuatan Kalium (K)

Berikut beberapa catatan kecil.

Sifat
Mudah teroksidasi dengan udara.

Kegunaan/Manfaat
Sebagian besar kalium (95%) digunakan sebagai pupuk dan sisanya digunakan untuk membuat kalium karbonat (K2CO3), dan kalium hidroksida (KOH). Kalium karbonat umum digunakan untuk membuat kaca terutama kaca televisi sedangkan kalium hidroksida digunakan untuk membuat sabun cari dan detergen.

Keberadaan di Alam
Sebagian besar unsur ini terjadi pada kerak bumi sebagai mineral, seperti feldspar dan tanah liat. Kalium dilepaskan dari mineral yang lapuk sehingga terdapat cukup banyak keberadaannya di air laut (0,75 g/liter)

Cara Pembuatan
Dapat dibuat melalui proses elektrolisis hidroksida. Metode panas juga lazim digunakan untuk memproduksi kalium dari senyawa-senyawa unsur ini seperti CaC2, C, Si, atau Na.

Kelemahan
Jika debu kalium terhirup maka efek yang ditimbulkan antara lain: iritasi mata, hidung, tenggorokan, paru-paru, batuk, dan sakit tenggorokan. Kontak pada kulit dan mata dapat menyebabkan cacat permanen.

Penemu
Sir Davy

Tahun
1808

Nomor Atom 19
Massa Atom 39,0983 g/mol
Golongan I A
Periode 4
Konfigurasi Elektron [Ar] 4s1 
Elektron Valensi 1
Bilangan Oksidasi 1
Titik Lebur 63,2oC
Titik Didih 760oC
Massa Jenis 0,86 g/ml
Wujud Padat
Warna Putih keperakan
Struktur Kristal Body-centered cubic
Jenis Unsur Logam alkali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here