John Logie Baird Insinyur dan Perintis Televisi Asal Skotlandia

John Logie Baird

John Logie Baird (1888 – 1045), insinyur dan perintis televisi asal Skotlandia. Dia yang pertama kali menemukan alat komersial yang mampu memancarkan dan menerima gambar visual.

Baird lahir di Helensburgh, Skotlandia. Dia masuk ke akademi Larchfield, Royal Technical Collage, dan Universitas Glasgow. Karena kesehatannya yang buruk, dia tidak bisa ikut dalam Perang Duna I (1914 – 1918) dan tidak bisa terus bekerja sebagai insinyur listrik. Dia mempunyai banyak minat, tetapi kemudian berkonsentrasi pada elektronika setelah melihat kesuksesan insinyur Italia Guglielmo Marconi yang menemukan radio.

Pada 1925, suatu saat dia bekerja sebagai penjual semir sepatu dan pisau cukur, Baird memperoleh kemajuan penting dalam mendesain transmisi citra fotomekanis yang telah dia buat pada akhir 1800-an. Jantung dari alat Baird ini adalah disket Nipkow, alat mekanik yang ditemukan oleh saintis Jerman, Paul Nipkow pada 1884. Untuk memancarkan gambar, Baird menggunakan teknik dasar yang sama yang digunakan oleh Nipkow, tetapi dia menambahi desain lama ini dengan sel fotoelektrik yang terbaru. Dengan alat yang telah diperbaiki ini, Baird berhasil memancarkan gambar dari satu sudut loteng apartemennya ke sudut lainnya. Dia segera mencari model hidup, dan pada hari yang sama dia mengulangi percobaannya dengan seorang anak sebagai model. Inilah transmisi pertama benda bergerak yang diakui.

Baird menamakan penemuannya ini Televisi Baird, dan pada Januari 1926 dia mendemonstrasikannya pada sekelompok investor. Tahun berikutnya, dia mendemonstrasikan television melalui jalur telepon antara London dan Glasgow, Inggris. Dia mulai menjual Televisor bentuk kotak pada 1929, dan pada tahun itu juga dia berhasil menyelaraskan transmisi gambar dan suara. Akhirnya pada 1929, British Broadcasting Corporation (BBC) mulai memancarkan berita-berita dan pertunjukannya dengan menggunakan format Televisor Baird. Inilah penggunaan pertama televisi secara komersial. Siaran luar yang pertama ruang pertama (balapan kuda Derby pada 1931) juga dilakukan dengan Televisor Baird.

Perkembangan yang cepat dalam bidang industri elektronik segera mengambil alih Televisor Baird, dan pada 1937 format itu telah digantikan oleh metode transmisi dan penerimaan gambar yang seluruhnya elektris. Baird memberikan beberapa sumbangan lain kepada teknologi televisi berwarna dan televisi stereoskopis (tiga dimensi). Menggunakan disket yang terbuat dari lilin dan besi magnetik, dia juga pertama kali membuat rekaman elektris gambar visual untuk televisi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here