Seorang laki-laki remaja membuang sampah sembarangan. Dia dengan asal saja membuang sampah. Dan itu terlihat oleh seorang Profesor. Profesor langsung menemui anak remaja tersebut.

“Nak, kenapa membuang sampah sembarangan?”

“Tidak apa-apa Pak. Lagian baru satu sampah yang dibuang.”

“Benarkah?”

Profesor itu mengerti kalau remaja itu belum mengerti sesuatu. Lantas Profesor tersebut mengajak remaja itu untuk mengunjungi TPA (Tempat Pembuangan Sampah), namun remaja itu tidak serta merta menyetujuinya. Ada rasa takut dalam hati remaja itu bertemu dengan orang baru. Profesor itu maklum.

Keesokan harinya, Profesor itu pergi menemui orang tua remaja tersebut. Orang tuanya sangat senang dengan ide si Profesor namun dengan satu syarat, mereka juga ikut menemani anaknya. Si Profesor setuju saja.

Pada saat di TPA, pemandangan mengerikan terlihat. Banyak sekali tumpukan sampah dan itu tidak diolah. Bau menyengat juga tercium. Ibu remaja tersebut tidak tahan dengan bau-nya, tiba-tiba saja muntah. Remaja maupun orang tuanya tidak pernah menyadari kalau TPA begitu mengerikan.

“Nah, bagaimana menurut pendapat kalian?”

“Parah banget,” kata remaja tersebut sambil menutup hidungnya.

“Iya benar parah banget,” kata ayah remaja tersebut.

Melihat mereka tidak tahan dengan bau sampah, Profesor tersebut langsung mengajak mereka menuju tempat yang jauh dari TPA.

“Nah, tahukah kalian kalau tumpukan sampah tersebut berasal dari sampah yang dibuang di tong sampah. Awalnya memang sedikit, namun lama-lama menjadi bukit. Hal tersebut nantinya akan berbahaya untuk kesehatan. Bayangkan kalau semua orang membuang sampah sembarangan, apa yang terjadi?

Tentu saja tumpukan sampah di tempat yang tidak semestinya akan terjadi. Jika demikian, tentu saja tidak baik, bukan?” kata Profesor dengan semangatnya.

Remaja laki-laki itu mulai menyadari kesalahannya. Apa yang dia pikirkan itu kesalahan kecil, bisa berdampak besar.

***

Membuang sampah sembarangan memang remeh, hanya satu sampah yang dibuang dan itu tidak berdampak apa-apa. Namun, bagaimana jika sampah tersebut dibuang setiap hari yang nantinya akan menumpuk? Tentu saja akan menjadi masalah. Bukan hanya polusi udara yang dihasilkan, namun juga kadang menyebabkan banjir dan penyakit.

Maka sewajarnya kita membuang sampah di tempatnya, agar petugas kebersihan mendistribusikan sampah pada tempatnya. Yang nantinya sampah tersebut diolah kembali menjadi produk yang berguna.

Jangan meremehkan kesalahan kecil, karena kesalahan kecil tersebut akan berdampak besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here