Helium (He) si Gas Penyendiri tapi Bermanfaat Untuk Nuklir

Helium

Aku adalah Helium (He), sejak dilahirkan aku selalu sendiri. Aku tidak mempunyai teman satupun. Tidak ada yang mau denganku. Sekeras apapun aku berusaha mencari teman, aku tetap sendiri.

Entah kenapa aku tidak bisa mempunyai teman. Apa karena sifatku ya? Sifatku tidak berbau, tidak berasa, tidak berwarna ataupun tidak beracun. Tapi kalau melihat sifatku, aku tidak jahat kok.

Dan kegunaanku juga sangat bermanfaat. Aku digunakan sebagai pelindung inert dalam pengelasan autogenus, bisa juga sebagai gas penekan dalam propelan cair untuk roket, aku juga digunakan sebagai pendingin di reaktor nuklir, nuklir mempunyai panas yang tinggi, aku digunakan sebagai pendingin.

Aku berada di ladang gas New Mexico. Cara pembuatanku memang berbahaya. Harus dengan peluruhan radioaktif, sehingga tidak sembarangan orang bisa membuatku.

Aku mempunyai kelemahan besar. Ketika aku dihirup, maka akan menyebabkan sesak nafas, suara menjadi tinggi, pusing, sakit kepala dan perasaan seperti tercekik.

Dan akhirnya aku tahu kenapa aku selalu sendiri. Karena aku adalah unsur golongan VIII A yang merupakan gas mulia. Aku stabil, aku tidak butuh elektron lain untuk stabil.

Kesimpulan

Sifat
Tidak berbau, tidak berasa, tidak berwarna, dan tidak beracun.

Kegunaan/Manfaat
Sebagai gas pelindung inert dalam pengelasan autogenus, sebagai gas penekan dalam propelan cair untuk roket, sebagai fluida pendingin di reaktor nuklir, sebagai campuran oksigen dalam peralatan penyelam, dan sebagai gas pembawa dalam analisis kromatografi gas.

Keberadaan di Alam
Ladang gas alam di New Mexico

Cara Pembuatan
Helium terbentuk oleh peluruhan radioaktif.

Kelemahan
Jika terhirup, Helium dapat menyebabkan sesak nafas, suara menjadi tinggi, pusing, sakit kepala, dan perasaan tercekik.

Penemu
Penemu Helium adalah Sir Ramsey dan ditemukan pada tahun 1895.

Nomor Atom 2
Massa Atom 4,00260 g/mol
Golongan VIII A
Periode 1
Konfigurasi Elektron 1s2
Elektron Valensi 2
Bilangan Oksidasi
Titik Lebur -272,2oC (26 atm)
Titik Didih -268,9oC
Massa Jenis 0,126 g/ml
Wujud Gas
Warna Tidak berwarna
Struktur Kristal Heksagonal tertutup
Jenis Unsur Non logam

Baca Juga: Hidrogen (H) si unsur yang digunakan untuk bahan bakar roket

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here