Ciptakan Matematika itu Penting dan Menyenangkan bagi Anak

Pelajaran matematika itu sangat penting, karena terus dipakai sampai dewasa kelak. Bayangkan deh, anak Anda tidak pintar matematika, apalagi tuh yang penjumlahan dan pengurangan. Bisa-bisa saat dewasanya bakal bahaya dong nantinya. Namun, pelajaran matematika itu terkadang sulit dan membosankan. Maka dari itu, ciptakan matematika itu penting dan menyenangkan bagi anak.

Dengan menciptakan matematika itu penting dan menyenangkan bagi anak, diharapkan anak senang dan semakin giat untuk belajar matematika. Dengan demikian, prestasi akademiknya bakal meningkat juga. Kalau pelajaran itu menyenangkan, tentu saja semua orang bakal menarik.

Tiga Hal Diketahui Matematika

Nah, sebelumnya ada beberapa tiga hal yang diketahui mengenai matematika.

1. Matematika itu penting

Pelajaran matematika itu amat penting. Sampai dewasa nanti bakal digunakan itu ilmu matematika. Apalagi bagi pelajaran matematika pada bab penjumlahan, pengurangan, pengalian, dan pembagian. Sampai dewasa tuh perlu banget. Kan bahaya kalau belanja ke toko tapi tidak mengerti sama sekali dengan penjumlahan atau pengurangan.

Oh ya, pengetahuan matematika di saat anak berada pendidikan anak usia dini mampu memprediksi prestasi akademisnya kelak. Dan sedikit lebih baik daripada membaca. Wah … matematika bakal penting banget nih.

2. Sangat penting untuk mensugesti anak bahwa matematika itu penting

Ini disebut dengan growth mindset. Ini merupakan keyakinan, yang mana keyakinan tersebut mampu mengubah pola pikir. Jika seseorang berpikir kalau dia tidak ahli matematika, maka dia akan malas belajar matematika. Namun, jika seseorang berpikir kalau dia ahli matematika dan matematika itu perlu, maka dia akan semangat untuk mempelajarinya. Maka, penting untuk memberikan motivasi bagi anak untuk terus berkembang.

3. Banyak pelajaran matematika di kehidupan sehari-hari

Matematika itu bukan hanya sekadar hitung menghitung, namun lebih dari itu. Misal, untuk mengukur tinggi badan, melihat berat badan, melihat pola, dan lain-lain. Itu merupakan contoh dari matematika sederhana.

Maka dari itu, penting untuk mengambil kesempatan tersebut. Mengajarkan anak betapa pentingnya matematika dengan memberikan contoh yang ada di dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, si anak semakin bersemangat untuk belajar.

Belajar Matematika Menyenangkan di Rumah

Coba deh untuk memberikan pelajaran matematika di rumah dengan kegiatan yang menyenangkan. Dengan demikian, si anak bakal senang untuk terus belajar.

1. Mengukur dan membandingkan sepatu

Mintalah anak Anda untuk mengambil alat ukur, misalnya penggaris deh. Terus kumpulkan empat sepatu dengan ukuran yang berbeda. Setelah itu, mintalah anak untuk mengukur sepatu-sepatu tersebut. Mulai dari mengukur panjang, lebar, dan tinggi sepatu. Oh ya, biasakan menggunakan kosa kata matematika seperti panjang, tinggi, dan lebar.

Lalu, diskusikan kepada anak tentang apa yang dia temukan. Jangan lupa untuk memberi kepada anak surprise kecil-kecilan. Dengan demikian, belajar akan sangat menyenangkan dan mempererat hubungan orang tua dan anak.

2. Permainan kotak

Misalnya, sembunyikan dulu satu kotak sereal makanan. Biasanya di lemari ada tiga kotak makanan dengan ukuran yang sama. Sembunyikan satu kotak. Lalu suruh anak Anda menghitung kotak tersebut. Lalu setelah si anak menyadari kalau ada kotak yang hilang, suruh dia mencarikannya.

Atau Anda biasanya menyusun kotak makanan dengan panjang, tinggi, dan lebar sama. Kali ini buatlah acak-acakan. Lalu mintalah anak Anda kembali menyusun sesuai denga panjang, tinggi, dan lebar sama.

3. Belajar menghitung dengan mainan anak

Mainan untuk anak lebih dari satu. Mulai deh belajar menghitung mainan anak. Dengan menghitung jumlah total dari mainan anak. Lalu berikan contoh pengurangan, dengan mengurangkan mainan tersebut. Atau penjumlahan dengan menjumlahkan mainan tersebut.

Bisa juga Anda membuat surprise kecil-kecilan dengan dipadukan pelajaran matematika. Misalnya, Anda menyuruh anak menghitung mainannya. Setelah dia menghitung seluruh mainan tersebut, Anda dengan tiba-tiba memberikan mainan baru. Lalu suruh menghitung total lagi, si anak bakal riang banget tuh.

4. Masih banyak lagi ide brilian untuk pelajaran matematika

Dan masih banyak lagi ide yang bisa Anda kembangkan untuk memberikan pelajaran matematika yang menyenangkan untuk anak. Bisa dengan berusaha menghitung jumlah bangku atau meja yang ada di rumah, membuat simulasi jual beli, menghitung pensil, dan lain-lain.

Dengan menciptakan pelajaran matematika itu penting dan menyenangkan bagi anak. Si anak bakal dengan senang hati mempelajarinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here