6 Cara Mudah Berhemat Uang Bisa Dilakukan Setiap Hari

Hemat pangkal kaya boros pangkal miskin, rasanya pepatah tersebut sering banget kita dengar. Semenjak kita kecil dulu, pepatah ini sering banget didengar. Kalau dipikir-pikir sih ada benarnya juga sih. Bayangkan saja deh, kalau setiap hari berhemat 1.000, maka dalam satu bulan sudah tekumpul 30.000. Kalau satu hari 100.000 berarti satu bulan 3.000.000. Kalau satu hari boros 1.000 berarti satu bulan boros 30.000 dong. Maka dari itu, marilah berhemat yang bisa dilakukan setiap hari.

Iya loh, kita bisa berhemat uang bisa dilakukan setiap hari. Dan hal tersebut tidak membutuhkan usaha keras loh. Tapi memang harus tekad yang keras sih. Karena dalam berhemat itu banyak sekali godaan yang datang. Misalnya, berencana berhemat uang 5.000 satu hari, eh hari ini panas banget, pingin banget beli ice cream, kebetulan harganya 5.000. Yasudah, tidak jadi berhemat.

Namun, bagi yang berhasil berhemat uang bisa dilakukan setiap hari, maka di penghujung bulan atau tahun, akan mendapat banyak sekali uang. Tentu saja uang ini adalah hasil tekad keras selama ini.

Berhemat Uang Bisa Dilakukan Setiap Hari

Nah, bagaimana sih cara berhemat uang bisa dilakukan setiap hari? Coba deh simak tips berikut ini.

1. Sisihkan uang untuk ditabung

Motivasi Menabung yang Salah

Jadi, usahakan setiap hari itu menyisihkan uang untuk ditabung setiap hari. Jadi, uang dalam satu hari, alias jatah uang jajan satu hari itu jangan dihabiskan semuanya. Biasakan untuk menyisihkan uang tersebut.

Kalau bisa, beli deh sebuah celengan. Jadi, tabung tuh uang yang disisihkan setiap hari ke celengan. Nanti kalau sudah penuh baru deh dipanen. Tapi, dalam menyisihkan uang ini harus dispilin ketat.

Misalnya satu harus harus bisa menyisihkan 3.000. Maka setiap hari harus bisa menyisihkan uang dengan jumlah tersebut. Jangan biarkan satu hari kendor, misalnya karena cuaca panas jangan disisihkan deh. Hal ini akan berdampak ke depannya.

Bagaimana kalau Anda pekerja? Kan ada tuh jumlah uang yang akan dihabiskan dalam satu hari. Nah, sebisa mungkin minimalkan pengeluaran tersebut.

2. Kalau bisa bawa minuman sendiri

Matematikanya seperti ini, misalnya harga minuman mineral 1,5 L sekitar 6.000. Anda beli botol minuman tersebut satu hari. Maka dalam satu bulan Anda telah menghabiskan uang sekitar (6.000 x 30) 180.000, lumayan juga tuh.

Bayangkan deh kalau Anda membawa minuman sendiri. Uang 6.000 setiap hari bisa dihemat. Palingan habis hanya 15.000 per minggu (berarti menghabiskan 60.000), untuk mengganti air minum galon. Kalau Anda masak air sendiri lebih hemat lagi.

Memang sih, sedikit repot untuk membawa minuman sendiri. Namun dengan membawa minuman sendiri, mampu meminimalisir pengeluaran yang tidak perlu. Berarti Anda mampu berhemat uang bisa dilakukan setiap hari.

3. Gunakan wifi umum

Hehe, sepertinya ini tidak usah dikatakan deh, kalau yang namanya wifi umum tuh pasti banyak banget peminatnya. Kenapa tidak, dengan memakai wifi umum maka penggunaan paket data bisa diminimalisir seminimal mungkin.

Zaman sekarang ini adalah zaman internet is everything. Rasanya setiap orang butuh yang namanya internet. Kecuali bagi Anda yang tinggal di daerah terpencil yang sinyal hidup segan mati tidak mau.

Jadi, kalau Anda berada di tempat yang tersedia wifi umum, kalau itu untuk membuka sosmed, membalas pesan melalui sosmed, atau syukur-syukur bisa streaming video, coba saja deh menggunakan wifi umum.

Namun, sangat tidak disarankan menggunakan wifi umum untuk kegiatan keuangan, misalnya menggunakan internet banking.

4. Jangan sering-sering hangout deh

Bosan, nongkrong di cafe. Buntu menulis, pergi ke cafe buat nulis. Diskusi enaknya di cafe. Wah, lama-lama nih dompet makin menipis deh. Sebaiknya jangan terlalu sering hangout. Apalagi sering banget hangout bersama teman.

Memang, sekarang ini kebutuhan hangout untuk anak muda hampir sama dengan kebutuhan pokok. Tempat yang unik dan memberikan kesan mendalam itu sangat diburu anak muda. Walaupun uang melayang, demi hangout, tetap saja dikunjungi tempat tersebut.

Coba deh kurangi kegiatan hangout. Nggak ada salahnya deh dan nggak ada ruginya juga. Kecuali, gengsi Anda akan jatuh banget, bagi Anda penggila gengsi.

Oh ya, kalau bosan biasanya pergi ke cafe, coba deh pergi ke taman gitu. Kan taman gratis dan efeknya memberikan efek yang positif juga. Kalau buntu kegiatan menulis, misalnya buntu menulis skripsi, coba deh menulis di perpustakaan, hihi atau ke taman gitu.

5. Kalau jarak sekitar 1 km coba deh jalan kaki saja

Jarak hanya 1 km, tapi dibela-belain menggunakan mobil. Eh, tiba-tiba terjebak macet deh. Waduh, sudah berapa tuh habis bahan bakar. Untuk menghidupkan kendaraan dan Ac tuh, sudah banyak banget. Kalau jalan kaki, gratis hanya modal tenaga doang, itupun memberikan dampak positif bagi tubuh.

Coba deh biasakan jalan kaki. Jangan naik kendaraan mulu. Memang, mengeluarkan tenaga sedikit saja tuh sulit, bagi yang belum terbiasa. Tapi lama kelamaan akan terbiasa juga deh. Dan juga tubuh akan menjadi sehat.

Kebiasakan kita tuh, walau jarak hanya 500 m, paksain menggunakan kendaraan. Alasannya: lelah banget jalan, kurang praktis, dan kurang cepat.

6. Hemat untuk liburan

Cara Menentukan Jangka Waktu dalam Investasi Reksa Dana

Pergi berlibur, menggunakan kendaraan kelas mewah, menginap di hotel mewah, hingga membeli oleh-oleh dengan harga super duper mahal. Wah, sudah tidak bisa dibayangkan berapa habis tuh uang hanya liburan yang hanya beberapa hari saja.

Coba deh mengurangi bujet liburan, coba deh pergi menggunakan kendaraan ekonomi, perhatikan dengan bijak biaya hotel dan kalau bisa mata jeli melihat harga barang untuk oleh-oleh. Hal tersebut lebih baik daripada menghabiskan banyak uang untuk liburan yang seyogyanya bisa dihemat seminimal mungkin.

Memang sih, liburan itu adalah kebutuhan manusia. Untuk melepaskan stress karena kegiatan sehari-hari. Namun, dalam menjalankan liburan, sebaiknya jangan terlalu menghabiskan banyak uang. Karena nantinya memberikan dampak negatif. Seharusnya liburan itu menenangkan pikiran, yang ada menambah pikiran karena uang habis terlalu banyak.

Penutup

Sejak dini biasakan berhemat uang bisa dilakukan setiap hari. Karena kebiasaan ini akan terbiasa hingga dewasa nantinya. Kalau sudah terbiasa berhemat dari kecil, kalau sudah dewasa akan mudah. Jadi, akan sulit tuh melakukan hangout tiga kali sehari. Atau pergi liburan dengan menghabiskan uang 10.000.000 padahal bisa dihemat hingga 3.000.000.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here