Cara Meningkatkan IQ Otak (Kecerdasan Intelegensi)

Cara Meningkatkan IQ Otak

IQ tinggi pada zaman sekarang ini merupakan hal yang sangat dibutuhkan. Banyak yang berasumsi dengan IQ tinggi maka dia mampu melakukan apapun. Mampu menghitung secara cepat, mampu menyelesaikan soal yang rumit, mampu menghadapi situasi pekerjaan apapun. Maka dari itu, banyak orang mencari tips cara meningkatkan IQ otak.

Maka banyak sekali hasil pencarian yang didapat. Cara meningkatkan IQ otak tersebut bermacam cara. Ada yang berkata melakukan olahraga, makan nutrisi seimbang, tidur cukup, dan lain sebagainya. Ketahuilah, cara tersebut bukan untuk meningkatkan IQ otak, namun menjaga performa otak untuk berjalan secara maksimal.

Beberapa Cara Meningkatkan IQ Otak yang Nyatanya Bukan Meningkatkan IQ Otak

Nah, marilah membahas satu per satu cara meningkatkan IQ otak, tapi nyatanya bukan meningkatkan IQ. Namun, lebih menjaga performa otak agar mampu bekerja seratus persen. Kalau otak tidak bekerja seratus persen, wah … bahaya juga tuh. Kalau mampu bekerja 100%, maka otomatis berpikir menjadi lebih jernih.

1. Konsumsi makanan bernutrisi

Ada beberapa nutrisi makanan yang memang terbukti sebagai kesehatan otak, misalnya omega 6 dan omega 3, DHA, dll. Nutrisi tersebut memang mampu meningkatkan performa otak. Karena nutrisi tersebut dibutuhkan otak untuk mampu bekerja secara maksimal.

Coba deh bayangkan, kalau otak tidak bekerja maksimal. Tentunya kerja jadi terhambat dan pada akhirnya, tubuh tidak mampu berpikir secara maksimal. Seperti organ lainnya, otak juga punya nutrisi khusus agar dia mampu bekerja secara maksimal.

Nah, nutrisi itulah yang sering didengar. Tujuannya tidak lain untuk menjaga performa otak. Namun, apakah dengan mengkonsumsi nutrisi tersebut mampu meningkatkan IQ? Belum tentu. Nutrisi tersebut hanya menjaga performa otak, bukan meningkatkan IQ.

2. Olahraga

Olahraga merupakan kegiatan yang menyenangkan. Banyak sekali manfaat dari olahraga. Dengan rutin berolahraga, maka tubuh semakin sehat. Kenapa terjadi hal demikian? Karena selama berolahraga, organ-organ tubuh akan bekerja dua kali lipat, termasuk otak. Sehingga, organ tubuh terbiasa nantinya bekerja secara cepat. Memang ada beberapa situasi yang mengharuskan organ tubuh, termasuk otak harus bekerja dua kali lipat. Misalnya waktu ujian.

Dengan berolahraga, maka paru-paru semakin terbiasa untuk mengambil suplai oksigen dalam jumlah besar. Oksigen tersebut sebagai bahan bakar organ tubuh termasuk otak agar mampu memulai aktivitasnya. Seperti halnya dengan kendaraan, dibutuhkan yang namanya bensin, pertalite, solar, dll untuk menggerakkannya.

Dengan rajin berolahraga, maka performa otak akan semakin terjaga.

Namun apakah dengan berolahraga mampu meningkatkan IQ otak? Jawabannya belum tentu. Karena olahraga hanya mampu menjaga performa terbaik otak. Untuk masalah meningkatkan IQ, olahraga tidak ada sangkut pautnya dalam hal demikian.

3. Istirahat yang cukup

Kalau urusan istirahat itu sangat penting banget. Kalau istirahat tidak cukup, maka performa otak tidak terjaga seratus persen. Lambat laun akan semakin turun performanya, hingga di tahap down. Maka dari itu, banyak contoh dilihat dalam kehidupan sehari-hari, orang yang kurang beristirahat kurang bisa berpikir cepat.

Memang sih, kurang beristirahat maka akan menurunkan performa berpikir seseorang. Karena kurang beristirahat, maka performa otak tidak maksimal. Kalau tidak maksimal, efek yang didapat adalah berpikirnya yang kurang tanggap maupun cepat.

Namun, bukan berarti kalau IQ dia itu rendah. Hal ini karena kurangnya performa otak.

Beristirahat yang cukup hanya mampu menjaga performa maksimal otak. Memang, dengan performa maksimal, maka proses berpikir semakin mudah.

4. Dan lain-lain

Banyak sekali tips yang diberikan yang katanya “cara meningkatkan IQ otak”, bahkan ada kata embel-embel “dalam waktu singkat”, namun sebenarnya itu hanyalah cara untuk menjaga performa maksimal otak (Lhois Bherer, dkk).

Jadi Bagaimana Cara Meningkatkan IQ Otak?

Nah, bagaimana cara meningkatkan IQ. Jawabannya hanya satu kata. Yaitu:

Belajar dan berlatih

Sebenarnya inilah yang meningkatkan IQ otak. Dengan belajar dan berlatih, maka akan semakin terasah otak tersebut. Lihat saja, jika dilihat para ilmuwan populer, mereka selalu belajar dan berlatih seumur hidup mereka. Bahkan, banyak para ilmuwan tersebut, ketika masa kecilnya di DO (Drop Out) karena tidak mampu mengikuti pembelajaran. Namun, karena mereka gigih belajar dan berlatih, mereka pun menjadi ilmuwan hebat. Contohnya, Thomas Alfa Edison, Albert Einstein, Benjamin Franklin, dll. Mereka adalah contoh nyata dari seseorang yang belajar dan berlatih dengan sungguh-sungguh maka akan meningkatkan kecerdasan otak.

Namun harus diingat. Sejatinya, definisi dari belajar itu adalah semakin berisi semakin menunduk layaknya padi. Semakin belajar, semakin tahu akan ilmu baru, semakin terasah kecerdasan otak, maka semakin rendah hati pula orang tersebut.

Maka dari itu, jangan malas belajar. Kalau malas belajar akan menyesal nantinya. Memang ada sih, beberapa orang yang dari lahir memiliki IQ tinggi. Namun, sejatinya sejak kecil mereka telah menunjukkan kalau mereka rajin belajar. Hal inilah yang memacu seseorang itu menjadi IQ tinggi. Lihat saja balita yang IQ tinggi, rata-rata suka membaca buku.

Maka sebelum terlambat, marilah rajin belajar dan berlatih. Karena hal tersebut demi masa depan Anda juga.

Jika ingin meningkatkan IQ, maka cara satu-satunya adalah belajar dan berlatih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here