7 Cara Cepat Bisa Berbahasa Inggris Dengan Mudah

Cara Cepat Bisa Berbahasa Inggris

Di zaman yang modern ini, apalagi persaingan dengan negara luar semakin ketat, tentu kemampuan berbahasa inggris wajib ditingkatkan. Sekarang ini, bahasa inggris sudah tidak bisa dielakkan lagi. Jika Anda ingin sukses, maka wajib memiliki kemampuan bahasa inggris yang mumpuni. Maka dari itu, ada cara cepat bisa berbahasa inggris.

Di luar sana, kerap kali kemampuan bahasa inggris menjadi salah satu patokan, misalnya untuk mengambil beasiswa baik dalam negeri maupun luar negeri. Selain itu, hampir seluruh perusahaan, apalagi perusahaan luar negeri mensyaratkan kemampuan bahasa inggris yang mumpuni.

Mengingat pentingnya berbahasa inggris, berikut 7 cara cepat bisa berbahasa inggris.

1. Semua Itu Butuh Proses

Meskipun di judul tulisan saya menggunakan kalimat “cara cepat bisa berbahasa inggris” tapi tidak berarti Anda dapat mahir berbahasa inggris secara instan. Semua itu butuh proses yang panjang. Apalagi ini masalah bahasa. Jika di dalam game ada yang namanya “cheat” sayangnya di dalam bahasa tidak ada demikian.

Jangan pernah percaya apa yang ditawarkan seseorang atau kursus bahasa inggris yang mengatasnamakan “instan berbahasa inggris”, hal tersebut perlu dipertanyakan. Mungkin tagline seperti itu, namun tetap membutuhkan proses panjang.

Sedangkan bahasa indonesia yang seyogyanya bahasa ibu pertiwi, mempelajarinya membutuhkan proses panjang. Dan pelajaran Bahasa Indonesia tidak mudah, terbukti dilihat dari nilai UN, pelajaran Bahasa Indonesia paling rendah. Apalagi Bahasa Inggris yang bahasa asing.

2. Sesuaikan Minat dan Kesukaan

Sesuaikan Minat dan Kesukaan

Setiap orang pasti memiliki minat terhadap sesuatu. Misalnya memiliki minat yang kuat mendengarkan musik, baca novel, baca komik, dll. Kenapa tidak menggabungkan minat tersebut dengan meningkatkan kemampuan bahasa inggris?

Misal cara cepat bisa berbahasa inggris dengan mendengarkan musik, bukan hanya mendengarkan saja, cari tahu liriknya, selain itu lafalkan juga. Secara tidak langsung Anda meningkatkan kemampuan pronunciation dan listening.

Selain itu, musik mampu memudahkan untuk menghafal kata-kata, dan juga musik merupakan media pembelajaran yang santai namun terbukti efektif (Ai Hwa-Chen).

Dengan membaca novel atau komik bahasa inggris juga mampu meningkatkan kemampuan bahasa inggris, terutama meningkatkan reading dan writing. Berikut beberapa novel rekomendasi untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris:

  • The Wind in the Willows – Kenneth Grahame
  • Lord of the Files – William Golding
  • The Old Man and the Sea – Ernest Hemingway
  • Animal Farm – George Orwell
  • Tuesday with Morrie _ Mitch Albom
  • High Fidelity – Nick Hornby
  • The Giver – Lois Lowry
  • Fantastic Mr Fox _ Roald Dahl
  • The Curious Incident of the Dog in the Night-Time – Mark Haddon

Dengan demikian, membaca novel bahasa inggris mempunyai dua keuntungan, belajar santai sekaligus cara cepat bisa berbahasa inggris (english.com).

3. Jangan Lupakan Kamus

Apa yang ada di dalam pikiran Anda mengenai kamus? Buku yang tebal dengan miliaran kata di dalamnya? Benar sekali itulah kamus. Eits, sekarang kamus juga ada berbentuk aplikasi loh, jadi memudahkan kita.

Tips cara cepat bisa berbahasa inggris tentu saja jangan melupakan kamus. Karena kamus itu merupakan pintu menuju bahasa. Tanpa kamus, bahasa akan sulit dipahami.

Oh ya, dalam menerjemahkan bahasa inggris, sebaiknya jangan terlalu fokus menerjemahkan satu kata. Karena ada beberapa kalimat yang jadi rancu karena menerjemahkan per kata. Misalnya, “good night”. Good berarti baik dan night berarti malam. Jadi, artinya “baik malam”? Tentu saja salah.

Jika perlu, kamus Bahasa Inggris ada simbol fonetik (untuk pronunciation). Tentu saja itu memudahkan Anda.

4. Mulai Menghafal Kata Bahasa Inggris

Bahasa inggris tidak berarti jika tidak menghafal kata-kata. Menghafal kata-kata sangat penting. Namun yang perlu ditekankan di sini, jangan menghafal seperti menghafal teori. Karena hal tersebut sangat melelahkan.

Cobalah menghafal kata bahasa inggris dengan cara menyenangkan. Misalnya dengan mendengarkan lagi, Anda cari tahu liriknya, lalu Anda cari tahu artinya. Selain itu Anda lafalkan lagu tersebut. Tentu hal ini lebih mudah daripada menghafal seperti menghafal teori.

Bahasa inggris itu bukan teori yang membutuhkan hafalan. Namun, membutuhkan praktik dan mempelajarinya harus menyenangkan.

5. Mulailah Menulis dalam Bahasa Inggris

Tulislah sebuah catatan dengan kalimat bahasa inggris, hal ini memudahkan Anda dalam memahaminya. Selain itu, hal ini juga terbukti dalam cara cepat bisa berbahasa inggris.

“Kenapa?”

Karena dalam menulis banyak kegiatan di dalamnya. Contohnya, bercerita dalam bahasa inggris. Ketika Anda menulis, tentu saja hati Anda ikut bercerita bukan? Juga mampu menambah vocabulary dengan cepat. Dalam menulis, juga berarti menghafal, menghafal secara tidak langsung.

Tidak usah menulis yang susah-susah. Jangan merencanakan menulis novel segala. Mulailah menulis diary berbahasa inggris. Tidak usah khawatir kalau grammar hancur banget, nanti setelah terbiasa menulis, grammar makin terlatih.

6. Mulai Percaya Diri Berbahasa Inggris

Apa yang dikatakan orang-orang kalau Anda mulai berbicara bahasa inggris? Macam langsung praktik speaking gitu loh? Aneh, gila, sok, pamer, dll. Dan apakah hal tersebut menghambat Anda? Jangan sampai menghambat perkembangan Anda.

Percayalah, ketika nanti Anda mahir, mereka yang mengolok-olok Anda justru berbalik memuji Anda. Mereka seakan lupa kalau mereka pernah mengolok Anda.

Jika Anda nggak tahan mendengar suara mereka, ada alternatif lain, yaitu berbicara di depan cermin. Hanya Anda dan diri Anda saja. Kalau memang Anda orang nggak pede, Anda kunci kamar rapat-rapat dan mulai berbicara.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahasa itu adalah praktik bukan teori. Kalau hanya menghafal teori tanpa praktik, maka tidak ada gunanya.

7. Berlatih, Don’t Give Up

Tidak ada gunanya Anda membaca ratusan tips cara cepat bisa berbahasa inggris atau mengikuti kursus termahal sekalipun kalau tidak berlatih. Untuk mahir berbahasa inggris maka perlu latihan yang sangat banyak.

Bukan hanya berbahasa inggris, sedangkan bahasa indonesia saja Anda selalu berlatih. Berapa umur Anda saat ini, 17, 20, 23, 33, dll? Artinya, selama Anda hidup selama itu pula berlatih bahasa indonesia. Nah, bahasa indonesia berlatih selama Anda hidup, begitu juga dengan bahasa inggris.

Contoh berlatih Bahasa Inggris seperti, berkomunikasi menggunakan bahasa inggris, bisa langsung berbicara maupun melalui berbalas pesan (speaking dan listening), menulis puisi, lirik, lagu, cerpen, atau novel (writing), membaca teks artikel yang bahasa inggris (reading), dll.

Penutup

Memang belajar bahasa inggris ini rada-rada sulit bagi beberapa orang, termasuk saya pribadi. Karena kemampuan setiap orang berbeda-beda. Namun, tidak boleh menyerah dalam keterbatasan tersebut. Seperti seorang balita, setiap balita mempunyai kemampuan berbahasa berbeda. Ada yang cepat mampu bicara, ada yang lambat. Namun semua balita tidak pernah menyerah hingga akhirnya mereka bisa. Tidak perlu ahli berbahasa inggris, yang penting bisa.

Baca juga: 30 kata-kata motivasi untuk pelajar dan mahasiswa

Demikian 7 cara cepat bisa berbahasa inggris. Inti dari cara tersebut adalah perbanyak berlatih.

1 COMMENT

  1. Pingin juga membiasakan anak dengan bahasa Inggris, tetapi Bundanya juga masih kesulitan berbahasa Inggris. Makasih tipznya, Mas Am.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here