Belerang (S) Sifat, Manfaat, dan Cara Pembuatan

belerang

Belerang mempunyai sifat yang tidak berasa dan tidak berbau, merupakan unsur non-logam multivalen. Memiliki nomor atom 16 dengan massa atom berkisar 32,06 g/mol, barang tentu unsur ini sangat ringan. Berada pada periode ke 3 dan golongan VI A, berada satu golongan dengan oksigen.

Kegunaan pada unsur ini amat banyak sekali digunakan. Turunan utama pada asam sulfat (H2SO4), merupakan elemen penting untuk industri. H2SO4 banyak sekali digunakan. Selain itu berang juga banyak digunakan, misalnya sebagai baterai, detergen, fungisida, dan lain sebagainya.

Unsur ini memiliki kelemahan yang sangat fatal. Dikarenakan unsur ini tidak berbau, sehingga terkadang kita tidak menyadari bahaya dari belerang. Dengan tidak berbau, hidrogen sulfida bersifat racun bagi tubuh.

Secara alami, belerang dapat ditemukan pada gunung berapi. Ciri khas dari unsur ini adalah berwarna kuning. Oh ya, banyak juga belerang dalam bentuk mineral dengan sebutan sulfida seperti pirit, bornit, milerit, dan lain-lain.

Kesimpulan Belerang

Sifat
Merupakan unsur non-logam multivalent, berlimpah, tidak berasa dan tidak berbau.

Kegunaan/Manfaat
Turunan utama dari unsur ini adalah asam sulfat (H­2SO4) yang merupakan salah satu elemen penting dalam berbagai industri. Unsur ini juga digunakan dalam baterai, detergen, fungisida, pupuk, bubuk mesiu, korek api, dan kembang api.

Keberadaan di Alam
Dapat terjadi secara alami di dekat gunung berapi. Banyak mineral dalam bentuk sulfida yang dikenal seperti pirit, markasit, stibnite, galena, cinnabar, kalkopirit, bornit, penlandit, milerit, dan molibdenit.

Cara Pembuatan
Dapat diperoleh dengan proses Frash, yaitu dengan memasukkan uap panas ke dalam tanah yang mengandung belerang melalui pipa agar mencair. Belerang yang telah mencair dipompa keluar dengan tekanan udara.

Kelemahan
Unsur ini tidak beracun, tapi banyak turunan belerang sederhana, seperti sulfur dioksida (SO2) dan hidrogen sulfida yang bersifat racun.

Penemu
Antoine Lavoisier

Tahun
1777

Nomor Atom 16
Massa Atom 32,06 g/mol
Golongan VI A
Periode 3
Konfigurasi Elektron [Ne] 3s3p4
Elektron Valensi 6
Bilangan Oksidasi 2, 4, 6
Titik Lebur 113oC
Titik Didih 445oC
Massa Jenis 2,07 g/ml
Wujud Padat
Warna Kuning
Struktur Kristal Orthorhombic
Jenis Unsur Non logam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here