Ke Mana Arah Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi?

arah penulisan skripsi, tesis, dan disertasi

Sebelumnya, apakah Anda masih bingung ke mana arah penulisan skripsi, tesis, dan disertasi, maka sebaiknya Anda mengetahuinya. Kenapa? Hal ini untuk menghindari ketidaktahuan Anda. Banyak yang masih menganggap tesis itu sama dengan skripsi.

Ok, tanpa mempersingkat kata, berikut arah penulisan skripsi, tesis, dan disertasi.

1. Skripsi

Skripsi adalah karya ilmiah bagi mahasiswa Strata Diploma dan S1 untuk mencapai gelar sarjana atau untuk ilmu tertentu. Umumnya, isi skripsi hanya melukiskan atau mendeskripsikan fenomena ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan, “Apa itu”? Apa unsur-unsurnya? Mengapa terjadi? Dan apa manfaatnya?

Misalnya, sebuah penelitian akan membahas prestasi belajar siswa. Maka pertanyaan yang harus dibahas adalah:

  • Apakah prestasi belajar itu?
  • Unsur-unsur apa saja pembentuk prestasi belajar?
  • Mengapa prestasi belajar siswa bisa turun?
  • Apa harus dilakukan untuk meningkatkan prestasi siswa?

Secara umum, pada skripsi, variabel penelitiannya 1-2. Jika berbentuk penelitian deskriptif kualitatif, variabelnya 1. Sedangkan untuk penelitian asosiatif, jumlah variabel penelitiannya 2 (1 independen dan 1 dependen).

Kesimpulannya, skripsi bertujuan untuk menggambarkan fenomena ilmu pengetahuan untuk menjawab pertanyaan sederhana.

2. Tesis

Tesis adalah karya ilmiah yang diperuntukkan mahasiswa program S2 pada gelar Magister atau Master. Tesis merupakan karya ilmiah yang memotret dan menganalisis fenomena ilmu pengetahuan secara menyeluruh dengan menggunakan ilmu pengetahuan yang ada.

Misalnya, sebuah penelitian membahas fenomena penurunan prestasi belajar siswa, maka mahasiswa akan:

  • Merumuskan beberapa teori yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa untuk dijadikan hipotesis.
  • Mengumpulkan data untuk menguji hipotesis.
  • Mengambil kesimpulan untuk menjawab pertanyaan, mengapa di satu sekolah prestasi belajar siswa buruk, padahal sarana prasarananya lengkap dan mengapa prestasi belajar siswa di sekolah lain baik, padahal sarana prasarana minim.

Variabel yang diteliti untuk tesis lebih banyak daripada skripsi, bisa 3, 4, dan seterusnya. Teknik yang digunakan pun beragam. Mulai dari regresi ganda, path analysis, SEM, atau bisa juga penelitian kualitatif.

Kesimpulannya, Tesis bertujuan mendeskripsikan suatu fenomena ilmu pengetahuan secara menyeluruh, merumuskan hipotesis berdasarkan teori, dan menghasilkan jawaban dari hipotesis tersebut.

3. Disertasi

Disertasi adalah karya ilmiah mahasiswa Doktor (S3). Disertasi bertujuan untuk menciptakan teori baru dengan menguji hipotesis yang disusun berdasarkan beberapa teori yang sudah ada.

Misalnya, berdasarkan teori-teori kinerja SDM yang ada, mahasiswa merumuskan hipotesis untuk menciptakan teori baru ilmu MSDM. Singkatnya, mahasiswa menciptakan teori baru.

Kesimpulannya, disertasi bertujuan untuk menciptakan teori baru yang lebih bermanfaat, sederhana, dan dapat diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari.

Demikian penjelasan singkat mengenai ke mana arah penulisan skripsi, tesis, dan disertasi, semoga bermanfaat untuk Anda.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here