Apa yang Terjadi jika Bekerja Sesuai Passion?

Yang namanya kebutuhan hidup sepertinya tidak ada belas kasihan. Semakin hari semakin besar kebutuhan hidup. Seolah hidup tidak memperbolehkan kita bermalas-malasan. Nah, cara untuk memenuhi kebutuhan hidup adalah dengan bekerja.

Dalam bekerja, ada memang yang tidak beruntung, mendapat pekerjaan tidak sesuai dengan passion. Namun, tidak sedikit pula yang bekerja sesuai dengan passion. Bisa langsung mendapatkan pekerjaan sesuai passion, atau bisa juga dengan resign dulu dari pekerjaan lamanya lalu bekerja sesuai passion.

Apakah pekerjaan sesuai dengan jurusan saat kuliah bisa dikatakan pekerjaan sesuai passion? Belum tentu. Banyak juga orang yang jurusan kuliahnya apa tapi pekerjaannya lain. Namun, pekerjaan tersebut sesuai dengan passion dia.

Dan banyak juga kok orang memilih jurusan kuliah tidak sesuai dengan minat dia. Dia memiliki passion menggambar namun dia kuliah di jurusan matematika. Hingga tidak jarang banyak mahasiswa yang stress ketika perkuliahan. Apalagi saat menyusun skripsi.

Jadi, pekerjaan sesuai dengan passion bukan berarti sesuai dengan jurusan saat kuliah. Namun pekerjaan yang sesuai dengan minat kita. Kita mengerjakan sesuatu dengan senang. Kita merasa gembira saat mengerjakannya, tidak ada beban yang dirasakan, dan ketika mendapatkan kegagalan, rasa ingin belajar dari kegagalan tersebut semakin besar.

Ketika Bekerja Sesuai dengan Passion

Nah, ada beberapa kesenangan ketika bekerja sesuai passion, yakni:

1. Bekerja serasa tidak membebani

Karena pekerjaan itu sesuai dengan passion kita, minat dan bakat, sehingga bekerja tidak membebani. Yang ada kita malah senang melakukan pekerjaan. Rasanya kalau tidak bekerja ada saja yang kurang. Ingin bekerja, bekerja, dan bekerja.

Jadinya, bekerja keras bukan lagi keterpaksaan, namun sebuah keharusan. Kalau tidak bekerja, ingin rasanya bekerja. Memang sih, banyak orang yang karena cintanya dia akan pekerjaan, dia mengorbankan waktu liburannya.

Karena bekerja tidak membebani, maka stress tidak begitu besar. Dengan demikian, rasanya kehidupan ini begitu indah. Hidup tanpa stress itu langka banget. Pekerjaan adalah salah satu faktor pemicu stress. Jika dalam bekerja jarang stress, maka satu faktor pemicu telah gugur.

Maka tidak heran kita menjumpai beberapa orang, walaupun kelihatan ekonomi dia sulit banget. Namun, karena dia bekerja sesuai dengan passion, membuat dia senang banget. Bahkan, terlihat lebih senang jika dibandingkan para pebisnis sukses.

2. Senang mempelajari hal baru demi menunjang pekerjaan

promosi

Apakah mudah belajar sambil bekerja? Sangat sulit. Namun, bagi mereka yang bekerja sesuai dengan passion, mereka tidaklah kesulitan. Mereka menyadari kalau mereka tidak belajar, maka mereka tidak akan berkembang.

Dalam dunia pekerjaan, banyak banget ilmu baru yang harus dipelajari. Bahkan banyak banget ilmu yang harus dipelajari, dan ilmu itu tidak pernah diajarkan dalam sekolah, contohnya ilmu komunikasi.

Kalau bekerja tidak sesuai passion, alias bekerja dengan keterpaksaan, kita jadi malas belajar hal baru. Belajar untuk pekerjaan saja malasnya minta ampun, apalagi belajar hal baru.

3. Ketika gagal tidak begitu kecewa

Yang namanya gagal sih pasti ada kekecewaan, namun terkadang, kekecewaan itu justru memacu kita untuk menjadi lebih baik. Bagi orang yang bekerja tidak sesuai passion, terkadang kegagalan itu baginya adalah momok menakutkan atau bisa juga dia tidak peduli dengan kegagalan.

Namun bagi orang yang bekerja sesuai passion, dia memang kecewa ketika gagal. Namun, dia tidak larut dalam kekecewaan. Dia dengan cepat bangkit, mempelajari hal baru. Berusaha mencari kesalahan kenapa dia gagal, dan berusaha memperbaikinya.

Terkadang ada gitu orang, ketika dia gagal dia terlihat biasa saja, justru yang ada senang. Ya, ada dua kemungkinan sih. Kalau pekerjaan dia tidak sesuai passion, mungkin dia tidak peduli dengan kegagalan tersebut. Ekspresi senang itu hanyalah sepintas lalu tanpa meninggalkan makna. Namun, bagi mereka yang bekerja sesuai passion, itu adalah simbol bahwa dia menemukan pelajaran baru. Bahwa dia telah menemukan kesalahan dari kegagalannya dan bangkit kembali.

4. Pelan namun pasti dia akan memperoleh kesuksesan

Iya sih, kesuksesan itu jarang ada yang instan. Hanya beberapa orang saja yang mampu sukses dengan instan. Namun, kesuksesan yang didapat secara instan tidak akan bertahan lama. Cepat sukses cepat juga jatuhnya.

Jangan pernah bilang orang yang bekerja sesuai passion itu tidak sukses, justru mereka sukses. Namun itu dia, kebanyakan kesuksesan mereka pelan namun pasti. Oh ya, sukses di sini bukan hanya harta dan jabatan saja loh. Kesenangan hati ketika menyelesaikan pekerjaan juga bisa dinamakan sukses.

Karena apa? Karena hal yang tidak bisa dibeli oleh uang adalah kesenangan hati.

Walaupun Demikian, Banyak Rintangan yang Dihadapi

peluang usaha bisnis online

Bekerja sesuai dengan passion itu bukan berarti tidak ada rintangan. Walaupun bekerja sesuai hati, tetap saja ada rintangan yang menanti. Dan rintangan itu yang nantinya akan membuat kita semakin berkembang.

Misalkan, passion kita adalah membuat program komputer. Rintangan yang pertama tentu adalah apakah program itu berjalan baik atau tidak. Lalu rintangan berikutnya adalah apakah program itu diterima oleh klien atau tidak. Mulai deh ditemukan yang namanya persaingan. Bukan hanya skill computing yang diperlukan, namun skill lain juga diperlukan seperti komunikasi.

Lalu apakah program tersebut memberikan pengaruh yang signifikan ke masyarakat, atau program tersebut hanyalah sebuah program tanpa ada arti bagi masyarakat? Rintangan selanjutnya, apakah program itu terus bertahan beberapa tahun kemudian?

Rintangan itu tentu membuat kita stress. Namun, karena bekerja dengan hati, stress itu tidak ada artinya ketika mendapat kesenangan hati atas usaha kerja keras kita.

Penutup

Memang ada banyak kelebihan jika bekerja sesuai dengan passion. Namun, tidak semua orang mampu bekerja demikian. Mungkin kebanyakan dari kita bekerja tidak sesuai dengan passion. Bekerja itu seperti dipaksa.

Jadi, jika bekerja tidak sesuai passion, apakah harus keluar? Banyak banget pertimbangan yang harus dipertimbangkan. Apalagi jika dikaitkan dengan masalah kebutuhan hidup. Kebutuhan hidup tidak peduli dengan pekerjaan kita, apakah sesuai passion atau tidak.

Sebelum memutuskan keputusan besar, sebaiknya pikirkan terlebih dahulu secara matang. Dan … jangan lupa meminta petunjuk kepada Tuhan Yang Maha Esa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here