Aluminium (Al) Sifat, Manfaat, dan Cara Pembuatan

aluminium (Al)

Coba perhatikan di tabel periodik unsur, perhatikan pada golongan IIIA dan periode 3, maka ditemukanlah unsur Aluminium (Al). Aluminium adalah unsur dengan wujud padat, memiliki warna abu-abu perak metalik dengan struktur kristal Face-centered cubic.

Sejatinya, unsur ini banyak digunakan pada produk sehari-hari. Perhatikan sendok stainless steel, sendok tersebut terbuat dari aluminium. Atau beberapa kabel listrik bertegangan tinggi banyak menggunakan aluminium, karena mempunyai sifat konduktor yang baik. Oh ya, dalam rangka pesawat juga banyak digunakan loh, karena sifatnya yang ringan dan kuat.

Perlu untuk diketahui, unsur ini merupakan logam yang cukup melimpah. Jika diperhatikan kelimpahan logam di Bumi, maka menempati urutan ketiga. Wah … sangat banyak tuh. Oh ya, pertambangan aluminium juga ada loh di Indonesia, dan produksinya di Indonesia cukup baik. Bahan dan kualitas yang dihasilkan sangat baik.

Namun, walaupun mempunyai keunggulan yang ringan dan kuat, tapi memiliki beberapa kelemahan. Ya … wajar, tiada gading yang tak retak. Setiap kelebihan yang dimiliki, pasti ada kekurangannya pula.

Unsur ini adalah unsur yang paling sulit untuk dimurnikan. Kenapa? Karena unsur ini mudah sekali teroksidasi. Maka dari itu, pembuatan unsur ini dalam pertambangan tidak main-main loh. selain itu, pada konsentrasi tinggi, dapat menyebabkan masalah kesehatan yang cukup serius, contohnya: kerusakan pada sistem saraf pusar, demensia, kehilangan memori, dan lain-lain.

aluminium

Sifat
Merupakan konduktor listrik yang baik, ringan, dan kuat.

Manfaat
Dapat digunakan dalam banyak hal, digunakan untuk kabel bertegangan tinggi, bingkai jendela, badan pesawat, serta peralatan rumah tangga, seperti panci, botol minuman ringan, tutup botol susu, dan lain-lain.

Keberadaan di Alam
Merupakan logam yang paling melimpah ketiga di permukaan Bumi, yaitu berkisar 8%.

Cara Pembuatan
Dapat diperoleh melalui proses Bayer, yaitu pemurnian bijih bauksit untuk memperoleh aluminium oksida (alumina) dan proses Hall-Heroult, yaitu peleburan aluminium oksida untuk menghasilkan aluminium murni.

Kelemahan
Merupakan logam yang paling sulit untuk dimurnikan karena teroksidasi sangat cepat. Dalam konsentrasi tinggi, aluminium dapat mengakibatkan efek kesehatan yang serius, seperti kerusakan pada sistem saraf pusat, demensia, kehilangan memori, kelesuan, serta gemetar parah.

Penemu
Charles Martin Hall dan Paul L.T. Heroult

Tahun
1886

Nomor Atom 13
Massa Atom 26,98 g/mol
Golongan III A
Periode 3
Konfigurasi Elektron [Ne] 3s2 3p
Elektron Valensi 3
Bilangan Oksidasi 3
Titik Lebur 660,32oC
Titik Didih 2.519oC
Massa Jenis 2,70 g/ml
Wujud Padat
Warna Abu-abu perak metalik
Struktur Kristal Face-centered cubic
Jenis Unsur Logam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here