2 Kata Sederhana Ampuh Meningkatkan Kemampuan Menulis

Kadang kalau melihat orang dengan kemampuan menulis sedikit iri gitu. Ingin rasanya menjadi seperti mereka. Seorang yang mampu memainkan kata-kata begitu indah, setiap katanya membawa imajinasi dan mudah dimengerti. Namun tahukah Anda hanya dengan 2 kata sederhana mampu meningkatkan kemampuan menulis.

Ok, ini bukan seperti sulap yang berkata, “sim sala bin” maka akan terjadi, walaupun sebenarnya itu hanya trik sih. Kata sederhana ini … walaupun sederhana namun memiliki makna yang mendalam. Selain itu, butuh kerja keras agar 2 kata tersebut memberikan efek yang positif.

Apa itu kata sederhana tersebut? Yakni: banyak dan berlatih.

“Eh?”

Yaps itu dia, banyak berlatih. Dengan banyak berlatih, maka dijamin kemampuan menulis akan berkembang pesat. “Kok bisa sih? Nggak mesti ada bakat gitu?”

Sebuah pengandaian sederhana. Anda suka main game? Game apa yang Anda suka? Misal game bola di playstation. Apakah Anda langsung ahli dalam bermain game tersebut? Apakah Anda langsung mampu mengalahkan AI (Artificial Intelligence) dengan level hard?

Tentu tidak bukan? Harus berlatih terlebih dahulu. Mungkin kalah dulu. Lama kelamaan menjadi ahli. Tentu saja, karena bermain game sangat disukai sehingga tidak berat dalam berlatih game. Kadang sampai menonton video tips dan trik.

Atau Anda “terpaksa” belajar matematika ketika SD dulu. Kalau tidak bisa berhitung, bisa-bisa kena marah guru kali atau orang tua. Nah, ketika belajar berhitung itu, apakah Anda langsung menjadi ahli seperti sekarang ini? Yang mana pertanyaan “lima tambah lima” sudah mampu Anda jawab kurang dari dua detik.

Karena terpaksa jadinya Anda berlatih. Mungkin dipaksa guru atau orang tua. Sehingga lambat laun Anda menjadi ahli.

Jadi, apakah kunci agar kita bisa menjadi ahli? Jawabannya dengan banyak berlatih. Begitu juga dengan kemampuan menulis.

Tidak ada yang didapat dengan cara instan. Semuanya butuh proses. Kalau tidak menyukai sebuah proses berat, sebaiknya jangan lakukan. Tidak ada yang namanya proses ringan di dunia ini. Kalau pun ada, itu karena Anda mencintai hal tersebut. Misal Anda mencintai bermain game, sehingga proses Anda berlatih game tidak berat dirasakan.

Iya sih, kalau tidak mencintai sesuatu, bakal berat banget dikerjakan. Seperti memaksa mencintai begitu, berat …. Terpaksa menyelesaikan kuliah jurusan Fisika padahal tidak mencintai Fisika. Alhasil kuliah selama empat tahun begitu lama, berat, dan penuh tekanan.

Tingkatkan kemampuan menulis dengan banyak berlatih

Jadi mulai sekarang, jangan malas berlatih. Jangan hanya puas denggan pencapaian mampu menyelesaikan satu buah cerpen saja, misalnya. Setelah selesai satu cerpen, setelah editing, coba lagi deh membuat cerpen lagi. Setelah Anda membuat ratusan cerpen, tanpa disadari Anda akan semakin ahli. Bahkan Anda akan merasakan betapa banyak kekurangan cerpen pertama dulu.

Jadi, ingin jadi penulis hebat? Perbanyak berlatih!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here