4 Tujuan Keuangan Yang Harus Anda Miliki

4 Tujuan Keuangan Yang Harus Anda MilikiPastinya Anda banting tulang demi mendapatkan keuangan yang cukup untuk kebutuhan Anda bukan? Bahkan Anda sudah memikirkan investasi apa yang harus Anda lakukan. Anda menginginkan kehidupan yang matang. Tapi … apakah Anda tahu tujuan keuangan yang Anda usahakan sekarang. Setidaknya Anda harus tahu tujuan keuangan yang harus Anda miliki.

Kebanyakan dari kita, apalagi yang masih muda, tidak mengetahui ke mana arah tujuan keuangannya. Hanya mengikuti arus, berusaha mencapai pendapatan yang matang. Namun … hasil yang dia capai dihambur-hamburkan begitu saja. Memang enak menghambur-hamburkan uang. Tapi dampak ke depannya sangat buruk.

Maka dari itu, setidaknya pikirkan tujuan keuangan yang harus Anda miliki.

1. Dana Pensiun

“Gue masih muda, ngapain mikirin dana pensiun?” itu adalah stigma yang banyak dipikiran sebagian orang. Memang benar, masih muda seharusnya menikmati hidup, haha. Tapi ketika Anda pensiun nantinya, apakah Anda masih bisa menghasilkan uang?

Menyiapkan dana pensiun tentu sangat besar. Karena ketika Anda pensiun, Anda tidak akan bisa menghasilkan uang. Meskipun Anda bisa menghasilkan uang, tapi jumlahnya tidak banyak. Ini juga yang membuat sebagian orang jatuh. Pada masa mudanya dia menghambur-hamburkan uang. Ketika masa tuanya begitu menyedihkan. Karena dia tidak menyiapkan dana pensiun.

2. Biaya Pendidikan Anak

Seperti yang sudah diketahui, biaya pendidikan semakin hari semakin mahal. Meskipun pemerintah gencar-gencarnya menggerakkan pendidikan murah, tapi nyatanya tetap semakin mahal. Ya … biaya sekolah murah, tapi biaya lain-lain semakin mahal. Biaya pakaian sekolah, peralatan sekolah, maupun biaya les.

Maka dari itu, mulai sekarang pikirkan biaya pendidikan anak. Jika Anda tidak bisa mengaturnya, lebih bagus Anda mendaftar asuransi pendidikan anak. Itu lebih membantu.

3. Kebutuhan Tempat Tinggal

Semakin hari, kebutuhan tempat tinggal semakin besar dan dibarengi dengan mahalnya biaya tempat tinggal. Baik itu apartemen, rusun, maupun perumahan. Harga tersebut semakin mahal.

Jangan mau berpuas diri tinggal di kontrakan atau di kos-an. Pikirkanlah bagaimana caranya memiliki tempat tinggal. Anda tentunya tidak mau bukan setiap bulan/tahun menyetor biaya tertentu. Itu pun kalau si pemilik tidak menyuruh Anda pindah secara tiba-tiba. Anda tentu tidak ingin hidup nomaden bukan?

4. Infak dan Zakat

Banyak orang menghasilkan uang, berusaha menyiapkan dana pensiun dan dana anak, tapi melupakan dua hal yang paling penting, infak dan zakat.

Tidak ada salahnya berinfak dan berzakat. Yang ada penghasilan Anda menjadi lebih besar daripada biasanya. Dan tentu saja, infak dan zakat merupakan investasi akhirat. Manusia pasti akan mati. Dan kematian merupakan pintu menuju akhirat yang kekal. Anda mau hidup nyaman di akhirat atau sengsara? Jika ingin hidup nyaman, jangan lupa berinfak dan berzakat (berzakat jika cukup haul dan nisab).

Demikianlah 4 tujuan keuangan yang harus Anda miliki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here