Perbedaan Titrasi Primer dan Titrasi Sekunder

Dalam hal menganalisis suatu larutan, maka akan dijumpai yang namanya titrasi primer dan titrasi sekunder. Sebenarnya apa perbedaan keduanya? Hmm … sepertinya sama saja deh.

Hey, kalau sama saja mana mungkin keduanya dibedakan? Secara dari namanya saja sudah beda. Titrasi primer dan titrasi sekunder. Dari nama beda, pastinya pengertian juga beda dong. Beda jauh banget.

Perbedaan Titrasi Primer dan Titrasi Sekunder

Pada titrasi primer, suatu larutan langsung di titrasi dan hasilnya terlihat langsung. Bisa disebut juga dengan titrasi asam basa sih. Perhatikan pada titrasi asam basa, biasanya digunakan larutan HCl dan titratnya NaOH. Setelah diteteskan indikator PP, maka dilakukan titrasi. Maka dari itu, terlihat jelas bahwa perubahan warna yang terjadi. Hasilnya sudah terlihat langsung dan dapat dihitung langsung.

Reaksi yang terjadi.

HCl + NaOH → NaCl + H2O

Pada titrasi sekunder, biasanya terjadi dua kali titrasi. Pertama, untuk mengendapkan ion yang akan diendapkan (ion yang diendapkan di sini, bukan pada ion yang akan dicari). Setelah itu, dititrasi kembali untuk melarutkan ion yang telah diendapkan tersebut. Maka dengan menghitung ion total dengan ion yang diendapkan, dapat diketahui ion yang akan dicari.

Contohnya seperti ini. Ada sebuah larutan NaCl, tentunya ingin diketahui kadar Cl. Maka dari itu, titrasi pertama dengan menambahkan titrat AgNO3 sampai benar-benar mengendap. Maka dalam larutan terjadi reaksi:

NaCl + AgNO3 → NaNO3 + AgCl

Namun karena AgNO3 dititrasi berlebih, maka menghasilkan Ag+.

Setelah itu, dilakukan titrasi kedua. Kali ini menggunakan titrat SCN (larutannya terserah, boleh KSCN, atau NH4SCN). Hal ini berguna untuk melarutkan Ag+ yang berlebih. Sehingga menghasilkan reaksi.

Ag+ + SCN → AgSCN

Maka, untuk mengetahui volume Cl, dihitung Ag+ total dikurang dengan Ag+ yang mengendap.

Pengertian Secara Sederhana

Secara sederhana, titrasi primer adalah titrasi yang dilakukan satu kali, sedangkan titrasi sekunder adalah titrasi dilakukan dua kali.

Untuk memudahkan Anda dalam memahami perbedaan keduanya. Marilah simak gambar di bawah ini.

Gambar untuk titrasi primer.
titrasi primer

Gambar untuk titrasi sekunder.
titrasi sekunder

2 COMMENTS

  1. Wah jadi inget pelajaran kimia aku, dulu klo percobaan di lab kadang suka blum mudeng antar parutan itu prosesnya gimana

    • Hahaha, sama dong mbak, dulu saya juga kadang nggak mudeng gitu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here