Ayo Tiru Cara Orang Kaya Mengelola Keuangan Mereka

5 Tips Mempertahankan Kesuksesan Sehingga Tetap Awet

Hmm … ada baiknya melihat cara orang kaya dalam mengelola keuangan mereka. Ingat! orang kaya di sini adalah orang yang sudah lama kaya dan memang memulai sesuatu dari nol. Jangan lihat orang yang baru kaya atau mendadak kaya. Kalau itu mah … tidak ada gunanya. So, bagaimana cara orang kaya mengelola keuangan mereka?

Banyak yang beranggapan kalau orang kaya itu mampu menghambur-hamburkan uang. Iya sih secara uang mereka banyak. Tapi itu anggapan yang keliru. Karena yang mereka lakukan justru sebaliknya. Sekali lagi, ini bagi mereka yang benaran kaya. Bukan bagi mereka yang baru kaya atau mendadak kaya.

Tanpa mempersingkat kata, berikut cara orang kaya mengelola keuangan mereka.

1. Bekerja Keras

Orang kaya mah … tinggal ongkang-ongkang kaki. Sekali duduk langsung datang duit miliaran. Hey siapa bilang? Orang kaya itu bekerja keras loh.

Jika Anda merasa sudah bekerja keras tapi belum juga kaya? Berarti usaha Anda masih kurang. Orang kaya terkadang tidak bisa tidur saking bekerja kerasnya.

2. Selalu Hati-Hati dengan Pengeluaran Kecil

Maksudnya? Iya pengeluaran yang sangat kecil mereka hati-hati. Misal mau beli permen saja mesti hati-hati. Mereka mempertimbangkan untung dan ruginya.

Iya sih, pengeluaran segitu dianggap remeh. Tapi … hati-hati. Bisa jadi karena pengeluaran kecil menyebabkan masalah besar. Misal, belanja Anda Rp 100.000 sedangkan uang Anda di kantong Rp 98.000. Jadi, selalu hati-hati dalam pengeluaran walaupun itu pengeluaran kecil.

3. Jangan Membeli Barang Yang Tak Penting, Apalagi Buat Pamer

Ok konteksnya di sini adalah orang yang benaran kaya. Kalau orang yang baru kaya atau mendadak kaya sih … emang suka beli barang nggak penting dan buat pamer.

Orang benaran kaya, jika barang itu tidak penting mereka tidak akan membelinya. Aduh … apalagi kalau untuk pamer, jauh banget. Ya … lihat saja penemu Facebook, baju seperti apa yang selalu dia gunakan? Mungkin Anda bisa membeli baju yang sama dengannya.

4. Belilah Barang Sesuai Kebutuhan

Iya ini penting sekali. Belilah barang hanya keutuhan saja. Kalau nggak butuh ya … jangan beli. Misal Anda ingin membeli TV 21 inch padahal TV di rumah sebesar 18 inch masih ada dan masih sehat. Jangan beli TV itu, masih ada TV lama.

Belilah sesuai kebutuhan. Membeli barang di saat Anda benaran butuh dan barang lama sudah tidak ada atau sudah rusak parah.

5. Sisihkan Pendapatan dalam Jumlah Besar

Orang kaya itu, setiap dia menerima pendapatannya pikiran dia bercabang dua, investasi atau menabung. Yap hanya itu saja.

Ya … tidak susah sih. Tinggal sisihkan saja kok. Kecuali Anda memang tidak ingin jadi kaya, lagi berusaha bersenang-senang dengan pendapatan seadanya. Ya … Anda tidak bakal kaya-kaya. Kalau kaya pun kaya nanggung.

Demikian cara orang kaya mengelola keuangan mereka. Siapa bilang jadi orang kaya itu senang. Menjadi orang kaya berarti mereka yang lebih mementingkan investasi atau menabung ketimbang bersenang-senang.

~amrudly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here