5 Tips Sukses Berhemat dengan Mudah

5 Tips Mengelola keuangan Bagi Pasangan Muda Secara tepat

Kebanyakan dari kita ingin menjadi kaya raya. Tapi tidak tahu bagaimana cara untuk menjadi kaya. Gaji Anda mungkin sangat tinggi, tapi tidak kunjung kaya. Kenapa? Mungkin Anda kurang berhemat. Hmm … Anda perlu tahu tips sukses berhemat dengan mudah.

Apa kegunaan berhemat? Siapa yang pernah dengar pepatah “sedikit-demi sedikit lama-lama menjadi bukit”. Mungkin Anda telah familiar dengan pepatah demikian. Saya misalkan saja, Anda berhemat dua ratus ribu setiap bulannya maka dalam setahun uang terkumpul dua juta empat ratus. Ok mungkin itu masih angka yang kecil. Tapi gimana sepuluh tahun ke depan? Maka uang terkumpul dua puluh empat juta.

Tanpa mempersingkat kata, berikut 5 tips sukses berhemat dengan mudah.

1. Pasang Target

Yap benar sekali. Anda diwajibkan untuk memasang target. Untuk apa hal ini? Ini dimaksud Anda semakin tertekan untuk berhemat. Maaf saya mengatakan tertekan ya.

Misal Anda memasang target sebulan berhemat lima ratus ribu rupiah. Maka mau tidak mau pikiran Anda akan menekan Anda untuk selalu berhemat lima ratus ribu rupiah setiap bulannya.

2. Hindari Membeli Barang dalam Jumlah Banyak

Tidak ada salahnya Anda menahan keinginan Anda untuk membeli barang ini dan itu. tidak semua barang tersebut berguna untuk Anda. Mulailah menyeleksi mana yang sangat dibutuhkan mana yang tidak. Anda harus bisa mengatur diri.

3. Fokus dan Konsisten Berhemat

Fokus dan konsisten merupakan kata yang tidak bisa dibantah. Banyak orang yang berusaha berhemat, tapi itu hanya beberapa bulan saja. Setelah itu, tidak tahu cara berhemat lagi.

Maka Anda diwajibkan fokus dan konsisten. Godaan selalu ada, karena uang yang terkumpul nantinya sangat menggoda.

4. Ketahui Keterbatasan Anda

Seberapa hebat pun Anda mengatur keuangan, ketahuilah keterbatasan. Misalnya, Anda tidak sanggup berhemat lima ratus ribu setiap bulan. Maka turunkan target. Jangan terlalu dipaksakan. Nanti berubah nama, bukan lagi berhemat tapi pelit.

Ketahuilah juga keterbatasan Anda dalam memilih barang. Mana barang yang tidak perlu sebaiknya tidak usah dibeli.

5. Maksimalkan Penggunaan Barang Lama

Terkadang barang lama itu masih bisa dipakai, tapi karena tergiur barang baru. Akhirnya dibeli deh barang baru. Ini namanya tidak efektif.

Maksimalkan barang lama. Selama masih bisa dipakai, pakai. Kalau rusak, perbaiki. Jangan hanya tergores sedikit sudah mau beli barang baru.

~amrudly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here