Suka Duka Pekerja Shift Malam Pastinya Sering Banget Dirasakan

Suka Duka Pekerja Shift Malam Pastinya Sering Banget Dirasakan

Kebutuhan hidup tuh nggak ada habisnya. Mau kita bekerja atau tidak bekerja, pasti kebutuhan hidup bakal terus ada. Nah, untuk mencukupi kebutuhan hidup mau tidak mau bekerja. Dalam bekerja ada juga yang namanya shift malam, jadi bekerja pada malam hari sampai shubuh gitu, huhuhu. Pastinya ada deh suka duka pekerja shift malam.

Seperti … kerja di malam hari tuh penuh dengan kejadian horor gitu. Jadi, para pekerja shift malam bakal pernah deh terasa kejadian horor gitu, hihi.

Suka Duka Pekerja Shift Malam

Nah, apa-apa saja deh kira-kira suka duka pekerja shift malam? Hmm ….

1. Jadwal tidur menjadi berantakan

Kerja mulai dari jam 10 malam sampai 6 pagi, pastinya selama itu mata terpaksa segar bugar. Yang namanyaa malam hari tuh waktunya tidur. Jadi, kadang mata bisa segar tapi kadang tubuh tidak bisa menolak insting tubuh buat tidur.

Sesekali mencoba tidur beberapa jam, eh terpaksa bangun lagi karena bekerja. Belum lagi di pagi hari harus tidur. Tidur di pagi hari tuh kadang nggak enak. Bukan segar yang didapat malah yang ada lelah banget.

Pagi tidur, siang istirahat bentar, malam hari bekerja. Kalau sudah terbiasa sih tidak masalah. Namun, terkadang tuh, pada pagi hari terpaksa tidak tidur karena ada satu atau dua urusan mendadak.

Jadi, para pekerja shift malam tuh erat kaitannya dengan jadwal tidur yang berantakan. Tidak jarang para pekerja shift malam tubuhnya kurus-kurus.

Bagi para pekerja shift malam, jangan sampai sakit ya. Perhatikan setiap gizi yang dikonsumsi. Biasakan konsumsi makanan bergizi seimbang.

2. Sakit kepala dan flu kerap dirasakan

Adakah efek samping dari jadwal tidur yang berantakan? Tentu saja ada. Efek samping yang paling terasa adalah sakit kepala. Jadi tuh, bagi Anda yang bekerja shift malam, harus menyiapkan obat sakit kepala atau pereda rasa nyeri.

Logika sederhananya begini deh. Waktu malam itu seharusnya untuk tidur, waktu yang pas untuk mengistirahatkan tubuh. Nah, kalau waktu yang digunakan untuk istirahat dilakukan untuk bekerja, pasti ada tuh bagian tubuh yang terkena dampaknya. Salah satunya adalah kepala. Seperti mesin, dijadwalkan mesin dinonaktifkan pukul 09.00 malam. Ketika mulai pukul 09.00 malam digunakan, pasti ada bagian komponen mesin yang cepat rusak.

Dan juga, efek dari jadwal tidur tidak karuan adalah gampang terserang flu. Iya sih, flu itu bukan penyakit yang berbahaya, bahkan tergolong penyakit ringan. Namun, penyakit ini sangat menganggu aktivitas bukan. Lagi asyik bekerja, tiba-tiba sulit konsentrasi karena flu.

3. Kadang merasa sedih gitu, orang lain tidur nyenyak eh diri sendiri bekerja

Masalah Sepele Tapi Menyebalkan Menjadi Freelance

Kadang ada gitu perasaan iri melihat orang lain. Orang lain kalau malam hari menikmati malam dengan tidur nyenyak, bermimpi indah, mengistirahatkan tubuhnya. Eh, diri sendiri malah bekerja keras, huhuhu sakitnya tuh dimana-mana.

4. Suka curi waktu untuk tidur sebentar saja

Sehebat apapun Anda mampu menahan kantuk di malam hari, pasti ada tuh jam-jam tertentu yang membuat Anda tidak tahan menahan kantuk. Sedangkan orang lain saja yang cukup waktu tidur malam saja, pasti ada beberapa jam-jam tertentu di siang hari merasa kantuk.

Nah, tentunya tuntutan pekerjaan membuat Anda berusaha keras untuk tidak tidur. Namun, insting Anda kadang tidak mampu menahan godaan tidur. Akhirnya, coba deh satu menit saja tidur, kadang sih bisa bangun beberapa menit kemudian, tapi kadang eh keenakan tidur.

Memang curi-curi waktu untuk tidur butuh perjuangan. Perjuangan untuk tidak ketahuan atasan, hihihi. Dan juga membutuhkan kerjasama sesama teman. Atau bisa juga mengasah skill ninja, tidur tanpa ketahuan.

5. Nggak ada yang namanya kejebak macet

Orang lain mungkin pada mengeluh, setiap mau berangkat kerja maupun pulang kerja, terjebak macet berjam-jam. Jadi tenaga sudah banyak habis untuk menghadapi perjalanan yang penuh dengan macet.

Namun tidak untuk orang yang bekerja shift malam. Dimana orang lain telah istirahat di rumah tercinta, Anda akan berangkat kerja. Rasanya, jalanan itu punya Anda. Begitu sepi perjalanan menuju kantor. Begitu juga dengan pulang kerja, begitu sepi.

Alhasil yang namanya macet tidak ada dalam kamus Anda. Pernah sih kejebak macet, tapi hanya beberapa kali saja itupun tidak sering. Ya, pada hari-hari tertentu bisa juga sih terjadi macet di saat orang lain terlelap.

Dengan tidak ada yang namanya macet, otomatis waktu yang Anda butuhkan tidak terbuang percuma. Dan juga hemat bahan bakar. Seperti yang diketahui oleh khalayak umum, penyebab kendaraan cepat sekali habis bahan bakar yaitu karena sering terjebak macet.

6. Kuota internet berlimpah ruah dan sinyal kencang maksimal

promosi

Kebanyakan provider memberikan pelayanan lebih pada tengah malam, biasanya tuh paket tengah malam. Tidak tanggung-tanggung, kuota internet untuk tengah malam besar jumlahnya. Jarang deh ada kuota internet tengah malam 4 GB satu bulan. Biasanya lebih dari angka tersebut.

Jadinya, kuota internet yang Anda punya berlimpah ruah, tidak sia-sia mengeluarkan budget sedikit namun kuota berlimpah untuk internetan. Jadi bebas tuh untuk streaming video atau main game online sepuasnya tanpa khawatir kuota habis.

Oh ya, karena sedikit yang menggunakan internet di tengah malam, membuat sinyal kencang maksimal di tengah malam. Biasanya sih para penyuka streaming video dan gamer online merasakan hal tersebut. Kalau di siang hari, sedikit terganggu untuk streaming video atau main game, namun tengah malam kencang maksimal.

7. Dapat jatah libur saat weakday

Pastinya banyak banget nih yang dirasakan para pekerja shift malam. Karena bekerja di saat orang tidur terlelap, jadi cukup sering dapat jatah libur di saat weakday. Tentu saja ini merupakan keuntungan tersendiri.

Kalau libur di akhir pekan itu sih, bagus tapi banyak banget yang liburan. Hampir semua orang liburan di akhir pekan. Jadi, kalau misalnya ingin berlibur nih, pergi ke taman bermain misalnya, banyak banget orang. Diakibatkan banyak yang libur di akhir pekan, sehingga banyak yang pergi ke taman bermain untuk mengistirahatkan pikiran. Jadinya kurang maksimal deh liburan.

Berbeda kalau saat weakday. Yang mana banyak banget orang yang masih sibuk dengan pekerjaan. Jadi, kalau misalnya pergi ke taman bermain, tidak banyak orang. Atau bisa dikatakan sepi. Jadi liburan bisa dinikmati secara maksimal.

8. Setiap jam itu berharga

Bekerja di malam hari selalu melihat waktu. Melihat jam-jam yang bagus untuk curi-curi tidur. Di pagi hari ketika pulang kerja, menyempatkan diri untuk tidur. Di siang hari mencoba untuk beraktivitas. Rasanya setiap jam itu begitu berharga. Jadinya bagi pekerja shift malam begitu menghargai waktu, terutama waktu tidur.

Jadinya terbiasa gitu memperhatikan waktu. Melakukan jadwal kerja yang pas gitu. Jam sekian berangkat kerja, jam sekian bekerja secara maksimal, jam sekian curi-curi tidur sebentar, jam sekian pulang, tidur lagi, dan beraktifitas seperti biasa.

Penutup

Pekerjaan itu ada suka maupun duka. Apapun pekerjaan tersebut, yang penting ikhlas menjalaninya. Jangan lupa menikmati pekerjaan, agar bekerja itu tidak seperti tekanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here