Dimana Perbedaan Skripsi, Tesis, dan Disertasi?

Hal ini merupakan pertanyaan yang sangat sulit, terutama untuk mahasiswa pascasarjana. Pertanyaan ini kerap sekali muncul. “Sebenarnya apa sih perbedaan skripsi, tesis, dan disertasi? Kayaknya sama aja deh.” Apalagi saat dosen pembimbing mulai menanyakan, di mana posisi penelitian dalam kerangka state of the art dari studi atau disiplin yang digeluti.

Jangankan mahasiswa pascasarjana. Mahasiswa doktoral juga bingung gimana menjawabnya. Hehe, sebagian dosen juga kadang bingung tuh gimana mau menjawabnya.

Sebenarnya ada sih perbedaan dari skripsi, tesis, dan disertasi? Sebenarnya ada dan perbedaan itu sangat jauh sekali. Dari segi keilmuan saja sudah beda jauh banget loh.

Hmm … dimana sih perbedaannya?

Perbedaan Skripsi, Tesis, dan Disertasi

Perbedaan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Secara Umum

Pertama, dibahas mengenai perbedaan secara umum dulu ya. Setelah perbedaan secara umum, saya akan memaparkan perbedaan secara sederhana.

1. Aspek Permasalahan
Penulis disertasi dituntut untuk mengarahkan permasalahan yang dibahas dalam tulisannya agar temuannya dapat memberikan sumbangan “asli” bagi ilmu pengetahuan, sedangkan penulis tesis diharapkan dapat menghasilkan sesuatu yang memberikan sumbangan bagi ilmu pengetahuan (inovasi ilmu pengetahuan), sedangkan skripsi tidak dituntut demikian.

Identifikasi masalah untuk skripsi itu bisa diambil dari informasi dari koran, majalah, buku, jurnal, laporan penelitian, seminar, atau keadaan lapangan. Pada tesis, terlebih lagi untuk disertasi, hanya berasal pada teori-teori dari sejumlah hipotesis yang telah teruji.

Masalah yang dikaji dalam skripsi, cenderung pada masalah penerapan ilmu. Sedangkan dalam tesis dan disertasi cenderung ke arah pengembangan ilmu.

2. Aspek Kajian Pustaka
Dalam mengemukakan kajian pustaka, penulis skripsi hanya mengemukakan keterkaitan antara penelitian yang dilakukan dengan penelitian lain dalam topik yang sama. Penulis tesis tidak hanya mengemukakan keterkaitannya saja, namun harus menyebutkan persamaan dan perbedaannya.

Penulis disertasi diharapkan dapat:

  • Mengidentifikasi posisi dan peranan penelitian yang sedang dilakukan dalam konteks permasalahan yang lebih luas.
  • Mengemukakan pendapat pribadi setiap kali membahas hasil penelitian yang dikajinya.
  • Menggunakan kepustakaan dari disiplin ilmu lain yang dapat memberikan implikasi/dampak terhadap hasil penelitian yang dilakukan.
  • Memaparkan hasil pustakanya dalam kerangka berpikir yang konseptual secara sistematis.

Pustaka untuk sumber acuan dalam kajian pustaka pada skripsi seyogyanya menggunakan sumber primer dan dapat juga menggunakan sumber sekunder. Namun untuk tesis hanya pada pustaka hasil primer (hasil penelitian dalam laporan penelitian, seminar hasil penelitian, dan jurnal-jurnal penelitian). Untuk disertasi menggunakan 100% sumber primer.

3. Aspek Metedologi Penelitian
Penulis skripsi dituntut menyebutkan apakah sudah ada upaya untuk memperoleh data penelitian secara akurat dengan menggunakan instrumen pengumpul data yang sudah valid. Penulis tesis, penyebutan angka-angka saja tidak cukup, harus menyertakan bukti-bukti yang dapat dijadikan sumber pegangan menyatakan instrumen yang digunakan valid. Penulis disertasi, bukti-bukti validasi instrumen pengumpul data harus dapat diterima sebagai bukti-bukti yang tepat.

Pada skripsi, penyimpangan yang mungkin terjadi dalam pengumpulan data tidak harus diungkapkan. Bagi penulis tesis apalagi penulis disertasi, penyimpangan yang mungkin terjadi pada pengumpulan data harus dipaparkan.

Asumsi yang dikemukakan dalam skripsi tidak harus diverifikasi dan tidak harus disebutkan keterbatasan berlakunya. Sedangkan untuk tesis apalagi disertasi, harus diverifikasi dan harus dikemukakan keterbatasan berlakunya.

Dalam penelitian kualitatif, skripsi mencakup satu variable saja. Pada tesis, dua atau lebih variable. Untuk disertasi, wajib lebih dari dua variable.

Dalam penelitian kualitatif, skripsi didasarkan pada studi kasus tunggal dan dalam satu lokasi saja. Sedangkan untuk tesis dan disertasi, harus multikasus, multisitus, dan multilokasi.

4. Aspek Hasil Penelitian
Hasil pemaparan dalam penulisan skripsi, cukup memaparkan hasil penelitian yang telah dilakukan. Sedangkan untuk tesis dan disertasi, selain memaparkan hasil penelitian yang dilakukan, juga memaparkan hasil penelitian yang sejenis pula.

Pengajuan saran pada skripsi tidak harus dilengkapi argumentasi yang didukung hasil penelitian. Sedangkan saran-saran pada tesis dan disertasi, hasil dilengkapi argumentasi yang didukung oleh hasil penelitian.

Hasil penelitian skripsi, harus ditulis dalam bentuk artikel, hendaknya diarahkan agar dapat diterbitkan dalam jurnal ilmiah. Sedangkan hasil penelitian tesis dan disertasi harus memenuhi kualifikasi yang layak dalam jurnal ilmiah yang bermutu.

5. Aspek Kemandirian
Untuk penulis skripsi, 90% dari naskah tersebut merupakan karya asli mahasiswa penulis, sisanya 10% bantuan dari pembimbing skripsi. Untuk tesis, 95% asli dari mahasiswa, hanya 5% dari pembimbing. Untuk disertasi, 99% asli dari mahasiswa, sisanya dari bantuan pembimbing.

Perbedaan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Secara Sederhana

Nah, selanjutnya perbedaan secara sederhana.

1. Skripsi
Skripsi hanya menjawab apa. Contoh tentang penelitian vitamin C dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Skripsi hanya menjawab pertanyaan, Apakah vitamin C dapat meningkatkan daya tahan tubuh?

2. Tesis
Tesis harus menjawab apa dan mengapa. Contoh tentang penelitian vitamin C dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tesis harus menjawab:

  • Apakah vitamin C dapat meningkatkan daya tahan tubuh?
  • Mengapa vitamin C dapat meningkatkan daya tahan tubuh?

3. Disertasi
Disertasi harus menjawab apa, mengapa, dan bagaimana. Contoh tentang penelitian vitamin C dapat meningkatkan data tahan tubuh. Disertasi harus menjawab:

  • Apakah vitamin C dapat meningkatkan data tahan tubuh?
  • Mengapa vitamin C dapat meningkatkan daya tahan tubuh?
  • Bagaimana mekanisme kerja vitamin C agar dapat meningkatkan daya tahan tubuh?

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here