Pengertian Analisis Kimia Kualitatif dan Kimia Kuantitatif

ilustrasi percobaan kimia

Mungkin Anda kurang familiar dengan analisis kimia kualitatif maupun analisis kimia kuantitatif. Mungkin Anda sudah tahu itu, tapi bingung cara membedakannya. Atau malah tidak tahu apa bedanya.

Secara singkat,

  • Analisis Kimia kualitatif adalah suatu metode untuk mengetahui kandungan apa-apa saja di dalam sample.
  • Analisis kimia kuantitatif adalah suatu metode untuk mengetahui berapa banyak jumlah kandungan/kadar dalam sample.

Hmm … dari pengertian tersebut memang membingungkan. Baiklah akan saya bahas satu persatu.

Analisis Kimia Kualitatif

Analisis kimia kualitatif adalah suatu metode kandungan apa-apa saja di dalam sample.

Misal, ada sebuah sample berwarna biru, sample tersebut berupa cairan. Nah … tugas Anda adalah mencari tahu apa kandungan dalam sample tersebut. Hal tersebutlah yang disebut analisis kimia kualitatif.

Ada berbagai metode untuk mencarinya.

Menggunakan metode tradisional seperti menggunakan uji nyala, atau melihat warna spesifik.

Bisa menggunakan metode penggunaan alat-alat canggih seperti: Spektofotometer UV-Vis untuk senyawa organik, AAS untuk senyawa logam, HPLC untuk senyawa organik, Spektofotometer IR untuk gugus senyawa-senyawa organik, dan masih banyak lagi.

Tugas dari analisis kimia kualitatif adalah HANYA untuk mengetahui kandungan yang terkandung dalam sample. Hanya itu tidak lebih.

Analisis Kimia Kuantitatif

Analisis kimia kuantitatif adalah suatu metode untuk mengetahui berapa banyak jumlah kandungan/kadar dalam sample.

Misal, ada sebuah sample. Sample tersebut adalah cairan terdiri dari NHO. Nah … tugas Anda adalah mengetahui berapa kandungan dari unsur N, H, dan O. jadi, selain membutuhkan alat yang super canggih (Spektofotometer UV-VIS untuk senyawa organik, AAS untuk senyawa logam, HPLC untuk senyawa organik, Spektofotometer IR untuk gugus senyawa organik) jika membutuhkan suatu perhitungan yang relevan.

Maka dalam analisis kimia kuantitatif, perhitungan matematika merupakan hal yang mutlak.

Oh ya, ada juga analisis kima kuantitatif menggunakan cara-cara tradisional. Seperti dengan menggunakan titrasi metode volumetri dan titrasi metode gravimetri.

Letak Perbedaan Analisis Kimia Kualitatif dan Analisis Kimia Kuantitatif

Letak perbedaan keduanya hanyalah terletak pada hasil yang ingin didapat. Jika hanya ingin melihat kandungan apa saja dalam sample, maka sudah termasuk analisis kimia kualitatif. Jika ingin mengetahui kadar suatu sample, maka sudah termasuk analisis kimia kuantitatif.

Oh ya, terkadang dalam sebuah kasus. Anda harus menggunakan metode keduanya. Misal ada sebuah cairan berwarna biru. Anda ingin tahu kandungan apa saja di dalam sample tersebut dan juga mengetahui kadar kandungan tersebut. Maka Anda menggunakan kedua metode tersebut (analisis kimia kualitatif dan analisis kimia kuantitatif).

~amrudly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here