Wiraswasta dengan 8 Peluang Usaha Bisnis Online

Untuk paragraf pembuka, sebenarnya apa sih itu wiraswasta? Banyak sekali istilah ini kita dengar di luar sana. Dan banyak sekali fakta yang menggiurkan mengenai wiraswasta ini. Baik anak-anak maupun orang dewasa, ingin sekali sukses dalam wiraswasta. Namun yang pasti, wiraswasta erat kaitannya dengan peluang usaha. Nah, fokus pada tulisan ini mengenai peluang usaha bisnis online. Kenapa? Karena zaman sekarang ini, bisnis online begitu menggiurkan.

Oh ya, sekarang ini bisnis online begitu digandrungi. Bisa Anda lihat, sudah berapa banyak bisnis toko online. Dan berapa banyak sekarang konsumen lebih memilih toko online daripada toko offline. Bahkan ada beberapa businessman memilih mengembangkan toko online daripada offline. Hal tersebut karena dilihat dari sisi kelebihan dari bisnis online tersebut.

Namun, sebagai pemula maupun menengah dalam hal online tersebut, tentu saja Anda bisa mengembangkannya. Dengan mengetahui peluang usaha bisnis online, membuat Anda semakin mudah menentukan dan mengembangkannya.

Pengertian Wiraswasta

meningkatkan manajemen keuangan

Pertama yang harus diketahui yakni apa itu wiraswasta? Wiraswasta terdiri dari dua kata, yakni wira yang berani artinya dan swasta yang artinya berdiri. Jika digabungkan, kurang lebih pengertian wiraswasta yakni berani membangun usaha sendiri.

Apapun jenis pekerjaannya, jika dia membangun usaha sendiri, dengan modal berapapun, baik modal besar maupun modal kecil, maka dia telah disebut berwiraswasta.

Wiraswasta adalah profesi yang banyak didambakan orang-orang. Salah satu kelebihannya adalah fleksibilitas waktu. Bisa bekerja kapan saja dan dimana saja. Walaupun itu hanya anggapan semata saja. Jika telah terjun dalam berwiraswasta, maka akan ditentukan pula kapan waktu bekerja dan dimana waktu bekerja.

Banyak yang beranggapan, profesi wiraswasta memiliki keuntungan yang sangat banyak. Melebihi gaji dari pegawai kantoran. Anggapan itu ada benarnya dan ada salahnya juga. Hal ini tergantung dari usaha seseorang dalam mengembangkan bisnisnya. Jika dia sungguh-sungguh, tentu dia akan mendapat hasil yang sangat baik. Namun, jika biasa saja atau bermalas-malasan berwiraswasta, tentu hasilnya kurang baik.

Namun yang perlu diingat, risiko kegagalan dalam menjalankan profesi ini sangat besar pula. Hal ini sebanding sih, jika ingin mendapatkan keuntungan yang besar, maka harus siap menerima kegagalan yang besar pula.

Kebanyakan dari kita sering sekali mendengar keuntungan untuk menjadi wiraswasta. Apalagi diiming-imingi oleh keuntungan yang didapat. Bahkan keuntungannya melebihi gaji pegawai kantoran. Namun, jangan lupa dengan kerugiannya. Jangan terlalu mudah diiming-imingi seseorang untuk berwiraswasta. Harus memiliki tekad yang kuat, mental juga harus kuat, dan tak kalah penting adalah ilmu pengetahuan yang mumpuni.

Untuk zaman sekarang yang mencari pekerjaan susah sekali. Berwiraswasta merupakan profesi yang cukup menjanjikan. Karena dengan kemauan yang kuat, mental yang kuat, dan ilmu pengetahuan yang besar, Anda sudah mampu mendapatkan pekerjaan, bukan hanya itu, bahkan mampu memberi orang lain pekerjaan. Tidak ada istilah karyawan dalam berwiraswasta. Sekecil apapun wiraswasta tersebut, tetap dipanggil “atasan” atau “bos”.

Banyak juga orang ragu untuk terjun ke profesi ini. Hal tersebut karena mental yang belum kuat. Ada juga ilmu pengetahuan yang belum mumpuni. Namun, ada juga yang telah memiliki mental kuat dan ilmu pengetahuan mumpuni, masih belum berani terjun ke profesi ini. Karena ketidaksiapannya dalam mempelajari hal baru, atau takut gagal. Terkadang, keterbatasan modal juga turut mengurungkan niat seseorang untuk terjun ke profesi ini.

Tidak harus mendirikan usaha besar untuk menjadi businessman. Mendirikan usaha kecil juga bisa disebut businessman. Seperti:

  • Mendirikan usaha pulsa.
  • Mendirikan usaha kuliner sederhana.
  • Mendirikan usaha toko elektronik.
  • Mendirikan usaha toko pakaian.
  • Mendirikan usaha bisnis online.
  • Dan masih banyak lagi.

Nah, untuk mendirikan usaha bisnis online, merupakan hal yang cukup menggiurkan zaman ini. Banyak pelaku bisnis yang awalnya fokus ke usaha offline, kini fokus ke usaha online.

8 Peluang Usaha Bisnis Online

Bersabar memperbaiki artikel

Bisnis online tidak melulu mengenai toko online. Memang, toko online sudah sangat familiar bagi kita. Bahkan, ada beberapa orang, lebih nyaman berbelanja di toko online ketimbang toko offline. Nah, berikut 8 peluang usaha bisnis online.

1. Menjadi ads publisher (penerbit iklan)

Peluang usaha bisnis online yang pertama menjadi ads publisher. Maksud dari bisnis ini yaitu mendirikan sebuah usaha dengan memberikan publisher menerbitkan iklan di usaha kita. Hal yang paling lazim saat ini adalah dengan mendirikan sebuah blog. Dengan banyaknya trafik yang didatangkan dari blog, akan sangat menggiurkan publisher untuk beriklan di blog kita. Tentu saja, dengan demikian akan menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Rasanya, banyak sekali tutorial yang menerangkan mengenai mendatangkan uang dari blog. Yaps, hanya dengan blog sederhana mampu mendatangkan uang. Tentu saja membutuhkan kerja keras juga. Dan sudah banyak contoh nyata orang yang berhasil menjadi ads publisher.

Publisher yang paling terkenal di dunia online adalah Google Adsense. Namun selain Google Adsense, ada juga penerbit lain, seperti: chitika, Media.NET, infolinks, dll. Atau bisa juga dengan menyewakan space iklan sendiri.

Bukan hanya melalui dari blog menjadi ads publisher. Bisa juga dengan menjadi youtuber maupun selebgram.

2. Menjadi list building (membangun list)

Bisnis ini memang menjadi tren di negara maju, seperti negara di Eropa dan Amerika. Namun rasanya bisnis ini masih belum berkembang di Indonesia. Hal tersebut karena memang perilaku masyarakat Indonesia dalam berinternet.

Membangun list ini seperti menyimpan email orang banyak, atau pin BBM, nomor handphone, dll. Lalu mengelompokkannya berdasarkan umur, jenis kelamin, pekerjaan, dll. Dengan demikian, Anda mampu beriklan ke list yang telah Anda bangun. Atau menawarkan produk orang (endorsement) ke list yang telah Anda bangun.

Ya saya tahu, kebanyakan dari membangun list ini adalah mereka yang menjalankan bisnis hitam, seperti penipuan, judi, dll. Namun ada juga sih menjalankan bisnis putih. Salah satunya PT Telkom.

3. Menjadi affiliate marketer

Hmm bahasa sederhananya sih mirip seperti sales sih. Kita berusaha untuk menjual produk tertentu dari toko online tertentu. Jika kita berhasil melakukan penjualan, maka kita mendapatkan fee atau bayaran dari penjualan tersebut. Oh ya, Anda tidak harus membeli produk tersebut, cukup perlihatkan photo produk dan berikan link affiliate Anda.

Jika dilihat sih mudah. Hanya menjual produk dari toko online, berhasil melakukan penjualan, dapat bayaran deh. Namun, dalam prakteknya sangat susah. Kenapa? Ya … logikanya, lebih baik langsung ke toko online yang dituju daripada melalui pihak ketiga. Apalagi akses ke toko online tersebut sangat mudah.

Walaupun demikian, menjadi affiliate marketer juga menggiurkan. Bayangan deh, Anda berhasil menjual Macbook yang tentu saja harganya jutaan. Berapa coba fee yang Anda terima, hihihi.

4. Mendirikan online shop (toko online)

Nah, ini sangat populer untuk sekarang ini. Mendirikan toko online adalah hal yang sederhana sebenarnya. Namun, yang sulit itu ya, promosi, hehe.

Anda mempunyai barang, lalu Anda ingin menjualnya. Anda malas melakukan penjualan secara offline. Dirikan saja toko online, dan lakukan penjualan di sana. Sangat mudah bukan?

Namun, mendirikan toko online sebenarnya membutuhkan modal yang besar. Membuat toko online sih tidak mahal bahkan tidak sulit. Namun, melakukan promosi itu yang sulit. Apalagi harus bersaing dengan toko online yang memiliki nama besar. Persaingan untuk mendapatkan pencarian nomor satu di internet, itulah yang sangat sulit.

Ada lagi deh alternatif lain. Daripada membuka toko online, bagaimana jika mendirikan toko di toko online yang sudah terkenal. Semacam menyewa sewa gedung jika dimisalkan di kegiatan offline. Bisa membuka tempat/lapak/jualan di Tokopedia, Bukalapak, dll.

5. Menjadi content writer (penulis)

Menulis bukan hanya menulis di buku, atau menulis sebuah cerita lalu diterbitkan ke penerbit. Zaman yang semakin canggih, menulis bisa dilakukan dimana saja. Dan sumber pendapatan dari jasa menulis ini menggiurkan.

Banyak banget website/blog besar membutuhkan jasa penulis/content writer. Dan tentu saja dengan bayaran yang sesuai dengan kemampuan. Jika Anda ahli menulis, tentu saja bayarannya lumayan.

6. Menggunakan paid membership (member berbayar)

Misal, Anda memiliki keahlian tertentu, misal memiliki keahlian menghasilkan uang dari blog. Selain menjadi ads publisher, affiliate marketer, online shop, bisa juga mendirikan kursus sendiri, tentu saja dengan berbayar.

Mirip mendirikan kursus sih dalam kegiatan offline. Bedanya, ini dilakukan secara online. Oh ya, selain memberikan kursus, bisa juga dengan menyediakan layanan download/streaming atas karya Anda. bisa photo, video, tools buatan sendiri, dll.

7. Bisa juga menjadi web flipping (menjual web)

Anda membangun sebuah web/blog. Merawatnya dengan sungguh-sungguh sehingga menghasilkan trafik yang sangat banyak. Tahukah Anda kalau web/blog yang memiliki trafik banyak itu jika dijual menghasilkan rupiah puluhan juta? Dan itu benar apa adanya.

Namun, dalam membangun blog/web bukan urusan gampang. Ada usaha keras dan tentu saja ada promosi di dalamnya. Jika diperhatikan sih, menjual web tidak ubahnya seperti menjual sapi yang dibesarkan sendiri. Sapi dibeli pada saat kecil. Tentu harganya murah. Lalu sapi tersebut diurus sebaik mungkin, sehingga tampak tumbuh subur. Hingga ketika berumur cocok untuk dijual, sapi tersebut dijual. Tentu saja harganya akan menjadi sangat mahal.

8. Terakhir menawarkan jasa

Anda ahli dalam bidang tertentu, lalu Anda mendirikan sebuah blog untuk membagikan ilmu yang anda miliki. Hal tersebut akan menambah kredibilitas Anda. misalnya, Anda ahli SEO, dan mendirikan blog tentang SEO yang memang kontennya sangat baik.

Lalu, Anda pun menawarkan jasa SEO. Tentu saja hal tersebut sangat menjanjikan. Bukan hanya jasa SEO, banyak jasa yang ditawarkan di media online. Seperti: penulis, web developing, programing, desainer, dll.

Oh ya, tidak harus mendirikan sebuah blog sih. Ada loh website yang menampung keinginan Anda dalam menawarkan jasa. Sebutkan saja contohnya: Odesk, Sribulancer, Project, dll.

Penutup

Banyak yang bilang, peluang usaha bisnis online itu tidak membutuhkan modal banyak namun menghasilkan untung yang sangat banyak. Bahkan berkali-kali lipat untungnya. Hanya duduk diam di depan komputer atau smartphone, maka uang akan mengalir.

Itu adalah kebohongan. Bisnis online juga membutuhkan kerja keras. Selain itu, juga membutuhkan modal. Bisnis online tidak berbeda dengan bisnis offline, membutuhkan kerja keras agar sukses.

Jika diperhatikan sekilas, 8 peluang usaha bisnis online yang telah dipaparkan tidak membutuhkan modal banyak dan usaha keras. Jika diperhatikan sekilas sih iya, namun, jika telah mendalaminya, barulah Anda mengerti, untuk sukses membutuhkan usaha keras, baik bisnis online maupun offline.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here