Pekerjaan Impian Nomor Dua Alias Pekerjaan Alternatif

Dalam tantangan sebelumnya, dibahas pekerjaan impian saya dan gimana cara saya menghadapi jika pekerjaan impian tidak saya dapati. Nah, tantangan seterusnya adalah pekerjaan impian nomor dua. “Bilang aja pekerjaan alternatif, susah banget sih,” hehe iya pekerjaan alternatif.

Walaupun untuk saat ini saya masih bekerja sebagai freelance, karena kesibukan kuliah membuat saya belum kepikiran mencari pekerjaan tetap.

Ok, jika pekerjaan impian saya (kalau boleh jujur, saya tidak memiliki pekerjaan impian) tidak terwujud, maka berikut alternatif pekerjaan saya.

1. Penulis

Siapakah Yang Menginspirasi Saya Menulis

Ini adalah pekerjaan yang saya geluti. Sekarang juga saya sedang menggeluti pekerjaan ini, soalnya mudah banget rasanya kalau ada mood. Kalau nggak ada mood ya … lain cerita.

Menjadi penulis memang membutuhkan sesuatu yang besar. Seperti tenaga yang besar dan juga kemauan yang besar pula. Untuk menjadi penulis, membutuhkan koneksi yang lancar pula, begitu juga dengan kesabaran.

Misalnya gini, sudah capai menulis novel selama enam bulan. Dikirim ke penerbit mayor. Balasannya enam bulan kemudian. Pas buka email, balasan yang didapat kalau naskah ditolak. Wah … ini sih kalau nggak sabar, bakal galau seharian deh.

Ya begitulah dengan mengirim artikel maupun cerpen ke media massa maupun online.

Walaupun begitu, kalau digeluti dengan serius, penulis itu pekerjaan yang cukup menyenangkan. Hanya dengan membuka komputer sambil bermain keyboard, tidak perlu ke kantor. Dapat penghasilan yang lumayan. Ini sih dari sisi manisnya.

2. Internet Marketing

4 Tips Mudah dan Cepat Mengetik 10 Jari

Ya … menghasilkan uang dari internet lah. Tidak jauh-jauh sih dari pekerjaan menulis. Bedanya, kita menulis sendiri, menerbitkan ke media online (media tersebut media pribadi) dan dapat penghasilan. Ini juga pekerjaan yang saya kerjakan saat ini. Kelemahannya, butuh kesabaran ekstra dan paket internet yang kencang pula.

Mencari uang di internet itu sama susahnya dengan mencari uang di dunia nyata. Satu hal yang saya rasakan. Semua perkataan yang mengatakan mencari uang di internet itu mudah, itu salah besar. Nyatanya, mencari uang di internet tidak jauh beda. Butuh kerja keras.

Yah … kayaknya hanya dua itu deh pekerjaan ke dua saya, alias alternatif pekerjaan yang saya impikan.

4 COMMENTS

  1. Hera Fitra Lubis

    Ada salah ketik itu am. Menari, seharusnya mencari.

    Emang kalo cowok udh jago IT mantap kali ya.

  2. Jadi aam.. Beneran gada kerjaan impian? Kerjaan yg bener2 diidam2kan gitu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here