Oksigen si Unsur Yang Kita Hirup Sehari-Hari

Perkenalkan, namaku oksigen. Keberadaanku sangat banyak di alam dan juga sangat dibutuhkan makhluk hidup. Manusia, hewan, dan tumbuhan memerlukan aku untuk kelangsungan hidup mereka. Sebagian besar aku digunakan untuk proses pernapasan.

Aku dapat berbentuk padat, cair, ataupun gas, hahaha, jadi aku adalah unsur senyawa elemen. Tapi aku tidak mempunyai wujud gas inert cahaya, huhuhu 🙁

Aku adalah unsur yang paling melimpah nomor tiga di alam semesta ini. Aku kalah saing dengan Hidrogen dan Helium. Awas kalian dua, suatu saat aku akan mengalahkan kalian, ingat itu!

Aku digunakan sebagai proses pernapasan loh. Jadi, jika tidak ada aku, maka tidak akan ada makhluk hidup, hahaha. Maka dari itu, jangan sia-siakan aku. Hanya beberapa makhluk hidup yang mampu memproduksi aku, maka dari itu, jangan rusak makhluk hidup itu demi kelangsungan hidup bersama.

Namun, aku mempunyai kelemahan. Jika aku berjumlah banyak, maka aku akan menjadi racun bagi paru-paru.

oksigen

Sifat
Oksigen membentuk senyawa kimia dengan semua elemen lain, kecuali gas inert cahaya. Hampir semua reaksi yang melibatkan oksigen adalah reaksi oksidasi eksotermik, yaitu disertai dengan evolusi panas.

Kegunaan/Manfaat
Merupakan unsur penting dalam kehidupan makhluk hidup. Sebagian besar oksigen digunakan untuk proses pernapasan.

Keberadaan di Alam
Menurut massanya, oksigen merupakan unsur kimia paling melimpah di biosfer, udara, laut, dan tanah. Oksigen merupakan unsur kimia paling melimpah ketiga di alam semesta, setelah hidrogen dan helium. Sekitar 0,9% massa Matahari adalah oksigen.

Cara Pembuatan
Pemanasan campuran MnO2 dan H2SO4.
Reaksi:
MnO2 (s) + H2SO4 (aq) → MnSO4 (aq) + H2O (l) + O2

Kelemahan
Meskipun oksigen murni digunakan secara medis dan rekreasional, tetapi dapat juga membawa keadaan euforia ringan yang berpotensi berbahaya bagi pasien. Dalam lingkungan tekanan tinggi, toksisitas yang berlebihan dapat merusak paru-paru.

Penemu
Carl Wilhelm Scheele pada tahun 1773.

Nomor Atom 8
Massa Atom 15,99 g/mol
Golongan VI A
Periode 2
Konfigurasi Elektron [He] 2s2p4
Elektron Valensi 6
Bilangan Oksidasi -2
Titik Lebur -218,8oC
Titik Didih -182,9oC
Massa Jenis 1,14 g/ml
Wujud Gas
Warna Tidak berwarna
Struktur Kristal Kubus
Jenis Unsur Non logam

2 COMMENTS

  1. Sekarang banyak sekali pembakaran hutan, penebangan pohon, untuk menggantinya menjadi lahan yang lebih menjanjikan secara ekonomi, tanpa memperhatikan efek jangka panjangnya. Waktu saya domisili di salah satu kabupaten di Riau, banyak sekali kasus pembakaran hutan.. Udara di sana, panasss… Apakah itu salah satu efek dari berkurangnya oksigen ya Mas? Trus bagaimana mengatasinya minimal supaya udara di tempat tinggal kita ga terlalu panas? Kalau siang, kadang AC juga ga berasa loh.Kita kan ga bisa melakukan penghijauan hutan kembali secara perorangan ya kan Mas.. nunggu pemerintah yang jalan juga butuh proses..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here