Neon (Ne) Si Unsur Yang Digunakan Untuk Lampu Iklan (Lampu Neon)

Hari ini adalah hari yang menegangkan. Papan iklan di kota Z akan ditambah. Siapa lagi ahli yang melakukan tersebut selain Neon. Dia sangat suka dengan urusan begituan. Kenapa? Karena cahaya lampu iklan tersebut berasal dari dia.

Sejak kecil dia tidak reaktif. Dia tidak pula bisa berikatan dengan unsur lain. Karena dia sudah netral. Terkadang ada juga rasa sepi yang dirasakannya. Dia identik dengan warna orange. Warna yang sangat khas.

Papan iklan di kota ini kebanyakan diisi oleh Neon. Memang sangat indah dan cahayanya menembus kabut. Maka dari itu, lampu dari unsur ini digunakan untuk lampu kendaraan juga.

Dia dapat diperoleh dengan mencairkan udara dan dilakukan pemisahan dengan gas lain.

Oh ya, dia dulunya berada satu kelas VIII A. Dia satu kelas dengan Helium. Kelas VIII A merupakan kelas jomblo. Karena mereka memang ditakdirkan untuk sendiri-sendiri. Mereka tidaknya anti berpasangan. Mereka ingin berpasangan, tapi mereka tidak bisa.

neon

Sifat
Tidak reaktif (inert), tetapi dapat membentuk senyawa eksotis dengan fluor di laboratorium.

Kegunaan/Manfaat
Warna orange kemerahan yang dipancarkan oleh Neon secara luas digunakan untuk membuat lampu iklan. Kegunaannya adalah sebagai indikator regangan tinggi, penangkal petir, tabung meteran gelombang, dan tabung televisi.

Keberadaan di Alam
Meskipun Neon adalah unsur paling melimpah keempat di alam semesta, tapi di atmosfir bumi hanya mengandung 0,0018% Neon.

Cara Pembuatan
Dapat diperoleh dengan mencairkan udara dan melakukan pemisahan dari gas lain dengan penyulingan bertingkat.

Kelemahan
Neon yang terlepas dalam ruangan tertutup bisa memicu sesak napas. Kontak kulit dengan neon cair yang bersuhu amat rendah bisa menyebabkan radang dingin (frostbite). Dalam ruangan yang tertutup, Neon yang terlepas bisa mengurangi konsentrasi oksigen di udara.

Penemu
Sir Ramsay

Tahun
1898

Nomor Atom 10
Massa Atom 20,179 g/mol
Golongan VIII A
Periode 2
Konfigurasi Elektron [He] 2s2p6
Elektron Valensi 8
Bilangan Oksidasi
Titik Lebur -249oC
Titik Didih -246oC
Massa Jenis 1,2 g/ml
Wujud Gas
Warna Tidak berwarna
Struktur Kristal Face-centered cubic
Jenis Unsur Gas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here