4 Tips Mudah dan Cepat Mengetik 10 Jari

Kemampuan mengetik 10 jari untuk zaman sekarang ini sangat diperlukan. Sekarang, hampir keseluruhan hidup manusia tidak lepas yang namanya komputer. Di dalam komputer, ada yang namanya keyboard. Dan keyboard tersebut berfungsi untuk mengetik. Kemampuan mengetik dalam 10 jari, membuat segala urusan menjadi lebih mudah. Namun, bagaimana jika Anda tidak mampu mengetik 10 jari? Maka ada tips mudah dan cepat mengetik 10 jari.

Tips ini sangat mudah namun ini tergantung dengan Anda. Sebenarnya, tips ini tidak memberikan Anda secara otomatis mampu mengetik 10 jari. Namun, untuk dapat mengetik 10 jari, Anda membutuhkan latihan dan latihan. Seperti mengendarai sepeda motor, Anda tidak langsung ahli bukan? Anda perlu latihan dan latihan hingga menjadi ahli.

Tanpa mempersingkat kata, berikut 4 tips mudah dan cepat mengetik 10 jari.

1. Perhatikan Posisi tangan

Ada tips posisi tangan untuk mengetik 10 jari. Untuk tangan kanan digunakan untuk daerah kanan. Bagian kiri, digunakan untuk daerah kiri. Hehe, jangan sampai ketukar-tukar ya? Oh ya, jangan sampai menggunakan satu tangan, nanti makin lambat.

Nah … berikut gambar posisi tangan di keyboard. Perhatikan dan parktikkan.

4 Tips Mudah dan Cepat Mengetik 10 Jari

2. Perhatikan daerah Kekuasaan jari

Hahaha, kenapa saya katakan daerah kekuasaan jari? Karena ini untuk memudahkan Anda. Ada kekuasaan jari, misal untuk angka A, S, W, D, itu untuk tangan kiri dengan jari telunjuk dan tengah. Untuk tombol spasi, menggunakan jari jempol.

Nah … berikut gambar untuk memperjelas kekuasaan jari.

Perhatikan daerah Kekuasaan jari

3. Berlatih Mengetik 10 Jari Menggunakan Software

Posisi tangan dan jari sudah tahu, kini saatnya Anda berlatih. Anda bisa berlatih dengan bantuan menggunakan software. Tenang saja, software ini memang sudah di desain untuk meningkatkan skill mengetik Anda.

Terdapat banyak pilihan menggunakan software ini. Bisa software online maupun offline. Berikut daftarnya.

Software Online
1. Typing.com
2. Typeonline.co.uk
3. Typingtutor-online.com

Software Offline
1. Stamina Typing Tutor
2. Rapid Typing Tutor
3. Kiran’s Typing Tutor

Sebaiknya menggunakan software online atau offline? Terserah Anda, kedua pilihan tersebut bagus-bagus.

4. Berlatih, Berlatih, dan Berlatih

Terakhir dan yang paling utama, harus berlatih tanpa henti. Jangan pernah bosan untuk berlatih, karena segalanya, Anda bisa jadi ahli jika berlatih. Berlatih memang membosankan, tapi hasil yang didapat nantinya sangat maksimal loh, percaya.

Supaya latihan menjadi menyenangkan, selain berlatih menggunakan software. Cobalah menulis sebuah cerita pendek. Anda tentu saja menggunakan ilmu mengetik 10 jari. Jadi, Anda dapat dua keuntungan. Imajinasi Anda berkembang dan kemampuan mengetik menjadi menjadi terasah.

Demikian 4 tips mudah dan cepat cara mengetik 10 jari. Hehe, inti dari tips ini adalah berlatih yang banyak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here