4 Cara Mudah Memperbaiki Program Not Responding

Sedang asyik-asyiknya mengerjakan tugas, tinggal BAB terakhir nih. Setelah ini bakal selesai. Tiba-tiba saja program not responding. Gimana perasaan Anda? Kalau saya sih pingin membanting tuh laptop. “Eits, jangan langsung dibanting!” ada cara mudah memperbaiki program not responding.

Ok, tanpa mempersingkat kata. Berikut cara mudah memperbaiki program not responding.

1. Melalui Task Manager
Ini nih cara yang paling umum. Ketika terjadi not responding, langsung deh pencet CTRL + ALT + Del, maka akan langsung ditujukan ke task manager. Pilih program yang not responding, setelah itu pencet end tas program.

Masalah selesai, dan Anda bisa lega hati. Tenang saja, data-data program yang not responding masih tersimpan. Nanti, ketika Anda membuka program yang sebelumnya ditutup, nanti akan ada opsi restore.

2. Melalui Shortcut Sendiri
Ada juga dengan menggunakan shortcut sendiri. Caranya adalah:

  • Pertama klik kanan pada desktop, lalu pilih New > Shortcut.
    Memperbaiki Program Not Responding
  • Masukkan perintah:
    taskkill /f /fi “status eq not responding”
    status eq not responding
  • Setelah itu klik Next dan Finish.
  • Untuk membuat proses lebih cepat. Kita bisa menggunakan keyboard shortcut dengan:
  1. Klik kanan shortcut yang telah dibuat tadi.
  2. Pilih Properties.
  3. Ubah option Shortcut key.
  4. Windows secara otomatis menambahkan CTRL + ALT (semua huruf) ketika Anda menekannya, atau Anda menggunakan CTRL + SHIFT. Lalu ubah RUN menjadi Minimize supaya tidak muncul flash singkat ketika menekan tombol shortcut.
    CTRL + SHIFT

3. Menggunakan Aplikasi Super F4
Selain menggunakan tas manager dan shortcut, juga bisa menggunakan aplikasi. Aplikasi tersebut bernama Super F4. Yap, sesuai namanya, menghentikan semua program yang berjalan di komputer.

Menggunakan Aplikasi Super F4

Cara installnya dan pemakaiannya juga mudah. Setelah menginstall aplikasi ini, nanti di bagian bawah bar ada icon aplikasi Super F4. Anda tinggal pencet icon tersebut dan aplikasi yang Anda buka dan kebetulan not responding akan tertutup. Namun hati-hati juga. Ketika Anda sedang membuka aplikasi dan tidak not responding, secara tidak sengaja terklik icon Super F4, maka aplikasi tersebut akan tertutup.

4. Menggunakan Tombol Winkey + F4
Cara lainnya dengan menekan tombol Winkey + F4. Ketika Anda menekan tombol tersebut, maka mouse akan berubah menjadi tengkorak. Setelah itu, arahkan mouse ke program yang ingin ditutup. Tekan klik pada program tersebut dan tertutup deh.

Demikianlah 4 cara mudah memperbaiki program not responding. Benaran mudah, bukan?

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here