Light Novel, Novel Ringan Disertai Gambar Ilustrasi

Sekarang sastra sudah berkembang cukup pesat. Bahkan untuk novel sudah ada jenisnya. Ada yang novel roman, tenlit, novella, ataupun light novel. Mungkin di Indonesia, light novel masih terdengar asing. Tapi tidak untuk negara asalnya, Jepang. Di Jepang begitu terkenal, karena bahasa yang ringan, ukuran yang pas di kantong, dan disertai dengan ilustrasi yang menarik.

Nah … setelah panjang lebar, Berikut penjelasan singkatnya.

Pengertian Light Novel

komik, light novel

Light novel adalah sejenis novel yang disertai ilustrasi gambar anime atau komik. Jumlah kata dalam light novel hanya berkisar 40.000-50.000 kata. Jarang yang lebih 200 halaman.

Menggunakan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti. Paragraf yang digunakan kebanyakan paragraf pendek, bahkan banyak paragraf yang satu kalimat saja. Tentu saja ada paragraf panjangnya juga. Banyak menggunakan bahasa percakapan. Jadi, membaca light novel kalau sudah di bagian percakapan, seperti kita melihat percakapan mereka.

Gambar ilustrasi juga sangat menarik dan sangat membantu. Kebanyakan light novel memang bergenre fantasi, namun itu sangat terbantu dengan gambar ilustrasi. Apalagi gambarnya bagus, seperti gambar anime atau komik.

Untuk sampul dan cover yang digunakan juga terlihat menarik. Karena disuguhkan karakter anime. Memang sampul yang menarik, akan menarik pembaca.

Sejarah Berdirinya 

Dulu pada tahun 1970, mungkin lagi krisis membaca di Jepang, salah satu perusahaan majalah Jepang memuat artikel dengan disertai ilustrasi gambar. Dan hasilnya mendapat sambutan positif dari masyarakat Jepang. Mulai deh, pembuatan tulisan dengan bantuan ilustrasi gambar menjadi booming, tidak terkecuali novel.

Berhubung rakyat Jepang adalah gila kerja yang mempunyai sedikit waktu luang tapi minat baca tinggi. Tentu rakyat Jepang tidak mau menghabiskan banyak waktu di Perpustakaan. Maka dari itu, tercetuslah sebuah tulisan dengan ukuran buku yang kecil, agar bisa dibawa kemana-mana. Maka jangan heran rakyat Jepang membaca buku di angkutan umum ataupun lagi jalan sambil baca buku.

Beberapa Contoh Light Novel

5 Alasan Tersembunyi Kenapa Saya Suka Jepang

Beberapa contohnya adalah

  1. Sword art online
  2. Harumi suzumiya
  3. Kono subarashii sekai ni shukufuku
  4. Baka to test
  5. Date a live
  6. Gekkou
  7. Hai to gonsou no grimgar
  8. Dan lain sebagainya

Dan banyak juga loh light novel akhirnya diangkat menjadi anime. Contohnya saja: Sword art online, Harumi suzumiya, Kono subarashii sekali ni shukufuku, dan lain-lain.

Perekrutan Penulis Pemula 

Di Jepang setiap tahun diadakan sebuah kompetensi untuk merekrut penulis pemula yang berbakat. Kompetensi tersebut ialah Dengeki Novel Prize. Itu adalah kompetensi light novel terbesar di Jepang. Bayangkan saja, setiap tahun selalu masuk sekitar 2.000 naskah, bahkan lebih untuk diseleksi. Tentu saja imbalan yang didapat berupa penerbitan dan sejumlah imbalan menggiurkan. Dapat royalti juga loh.

Kenapa jarang di Indonesia?

Yah … kalau dilirik di Indonesia, light novel merupakan pasar yang jarang. Hanya sedikit light novel yang diterbitkan. Hal ini karena pasar novel di Indonesia lebih menyukai novel genre romantis, religi, ataupun horor. Bahkan novel fantasi, pasar Indonesia masih kurang.

Bukan hanya di Indonesia, beberapa negara juga memiliki nasib yang sama. Contohnya Amerika Serikat.

Setiap negara, beda ketertarikan. Untuk di Jepang bolehlah digandrungi. Tapi di negara lain belum tentu. Makanya sangat sedikit terjemahan light novel.

Gaya Penulisan 

Menggunakan gaya penulisan yang ringan dan mudah dibaca. Apalagi ditambah dengan gambar ilustrasi, hal ini menambah kemudahan dalam mengimajinasikan.

Meskipun menggunakan gaya penulisan yang ringan dan mudah dibaca, sebenarnya ditujukan untuk pembaca remaja sampai dewasa loh.

3 COMMENTS

  1. Untuk light novel, berhubung di Indonesia kayaknya belum ada yang jual, saya biasanya membaca di bakatsuki.

    • Di Indonesia sudah ada kok, bisa di beli di toko buku. Seperti light novel The Shut-ins Mocking My Youthful Day.

  2. kalau ada ghambar ilustrasi memang memudahkan pembaca untuk mewujudkan imajinasi ketika membaca artikel y mas.. Nice info.. Thanks y mas..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here