Leo Baekeland Penemu Plastik Tahan Panas

Leo Baekeland

Leo Baekeland (1863-1944), ahli kimia Belgia-Amerika, dikenal karena menemukan plastik tahan panas yang dinamainya Bakelite pada sekitar tahun 1906.

Lahir di Ghent (Gent), Belgia, pada tanggal 14 November 1863, dan meninggal di Beacon, New York, Amerika, pada tanggal 23 Februari 1944. Menjalani pendidikan di Universitas Ghent, Baekeland pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1889.

Karena hobi berpergian dan memotret, dia kemudian mendirikan pabrik kertas foto di Amerika. Percetakan foto pada masa itu kurang praktis karena harus menggunakan sinar matahari. Dalam waktu singkat, Baekeland dapat menemukan jenis kertas foto baru, disebut Velox, yang dapat digunakan untuk mencetak foto hanya dengan bantuan cahaya buatan seperti sinar lampu.

Dia juga menemukan plastik modern yang tahan panas. Setelah sebelumnya pada 1870 Hyatt menemukan plastik seluloid. Dia menerima banyak penghargaan atas jasanya itu, antara lain Medali Nichols dari masyarakat Kimia Amerika pada tahun 1909 dan Medali Franklin dari Institut Franklin pada tahun 1940.

Apa pelajaran yang didapat dari kisah hidup Leo Baekeland? Seorang ahli kimia yang sangat hebat. Menemukan sebuah produk inovator yang tetap terkenal sepanjang jaman. Produk hasil ciptaannya telah membantu masyarakat segala zaman.

Dari kisah hidupnya, kita tahu kalau sebenarnya Baekeland memiliki hobi berpergian dan memotret. Dia juga mengabadikan apapun yang ditemukan dalam perjalanannya. Memang sih, perjalanan tanpa diabadikan terasa kurang. Jika suatu saat ingin mengenang perjalanan, kalau ada foto tentu akan memudahkan.

Namun, karena hobi tersebut dia berpikir untuk mengembangkan kertas foto yang masa itu kurang praktis. Dengan rasa ingin tahu untuk bisa mengembangkan hobinya, akhirnya dia menemukan kertas foto yang lebih praktis lagi.

Setelah menemukan kertas foto, ternyata ada pelajaran yang dia ambil dari penemuan itu. Dengan demikian, ditemukanlah plastik tahan panas.

Kita dapat mengetahui awalnya Baekeland hanya ingin mengembangkan hobinya. Namun, dari hal tersebut dia menemukan sesuatu yang besar. Maka dari itu, sebaiknya jangan kubur hobi Anda. Kembangkanlah hobi Anda.

Meskipun hobi Anda tidak memiliki garis lurus dengan ilmu yang Anda miliki, tidak masalah. Seperti Baekeland, seorang ahli kimia namun memiliki hobi traveling dan fotografi. Namun dari hobi tersebut dia menemukan sesuatu yang hebat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here