Lakukan 4 Hal Berikut Jika Ingin Sukses Bekerja Di Luar Latar Pendidikan

Bekerja dengan latar pendidikan yang berbeda memang memberikan kesulitan yang sangat besar. Pertama tuh rasanya berat banget, mesti belajar lagi, belajar lagi, dan belajar lagi. Padahal belajar itu melelahkan banget. Namun, walaupun bekerja dengan latar belakang pendidikan berbeda dapat sukses kok.

Di zaman sekarang ini, banyak banget orang bekerja dengan latar belakang pendidikan berbeda. Banyak banget deh alasannya kenapa memiliki pekerjaan demikian. Ada yang karena hobi, merasa passion dia di sana, ada yang karena terpaksa butuh pekerjaan, atau ada yang sekadar mengambil pengalaman.

Jadi bagi Anda yang bekerja dengan latar belakang pendidikan berbeda dan ingin sukses, pasti bisa deh, asal ada kemauan dan kerja keras.

1. Terus mengasah soft skill

Apa itu soft skill? Itu loh skill yang dibutuhkan namun tidak ada mata pelajaran/kuliah di dunia pendidikan seperti skill komunikasi, kerja sama, memecahkan masalah, berpikir kritis, dll. Namun walaupun tidak ada di mata pelajaran/kuliah, skill ini sangat dibutuhkan dalam dunia kerja.

Percuma deh pintar, bekerja sesuai dengan pendidikan namun soft skill yang buruk. Misalnya karena dia terlalu pintar sehingga sangat sulit bekerja sama. Sudah terbiasa bekerja sendirian waktu pendidikan dulu. Kalau diajak kerja sama, dalam pikirannya lebih memilih bekerja sendiri daripada bekerja sama. Bertemu dengan orang baru malas banget. Banyak banget orang seperti itu namun tenggelam di dunia pekerjaan.

Berpikir kritis juga sangat perlu banget. Namun dengan kemampuan komunikasi yang baik. Banyak kok orang berpikir kritis namun kemampuan komunikasinya buruk, sehingga kadang menimbulkan kesalahpahaman.

Jadi, bagi Anda yang bekerja dengan latar pendidikan berbeda, terus asah soft skill. Jangan anggap sepele dengan soft skill karena itu adalah salah satu faktor penting kesuksesan. Oh ya, bagaimana cara melatihnya? Latihlah dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya nih, Anda yang tidak suka berkomunikasi, cobalah untuk mulai berkomunikasi. Misalnya komunikasi kepada senior. Berlatihlah menyampaikan pendapat dengan cara yang baik dan mudah dimengerti.

2. Perbanyak jaringan

Jaringan di sini bukan sinyal jaringan ya, seperti dalam bentuk GPRS, HSDPA, 4G, 5G. Namun jaringan pertemanan. Perluas jaringan pertemanan, jangan hanya berteman di dunia kerja saja. Kalau hanya bekerja di mana tempat bekerja, sangat sulit untuk sukses.

Jaringan itu sangat perlu karena ini adalah salah satu faktor mengenai soft skill Anda. Bagaimana Anda berkomunikasi yang baik sehingga menghasilkan pertemanan. Bayangkan deh, misalnya Anda bekerja di perusahaan desain. Anda memiliki kenalan dimana-mana dan teman Anda mempercayakan desain kepada Anda. Si boss bakal senang banget tuh, karena banyak banget orderan ke perusahaan mereka.

Dengan melihat kinerja Anda yang sangat baik dalam dunia pekerjaan, terutama dengan jaringan yang banyak, si boss akan mempertimbangkan Anda agar naik jabatan dong. Selain itu, Anda juga memiliki banyak teman yang nantinya siap membantu Anda. Bagaimana? Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Anda memiliki teman yang banyak dan Anda menyenangkan hati si boss.

Oh ya, ingat ya, teman dalam jaringan Anda yang luas itu adalah teman bukan sahabat. Banyak orang yang lupa dengan orang terdekatnya ketika banyak teman baru yang datang. Jangan sampai melupakan orang terdekat Anda, apalagi bagi mereka yang dengan tulus membantu Anda di saat sulit.

3. Perdalam ilmu pengetahuan mengenai pekerjaan

Anda kuliah di jurusan Sastra Inggris dan pekerjaan Anda di bagian IT programing. Selain soft skill, maka tingkatkan juga kemampuan programing. Caranya? Banyak cara yang dapat dilakukan. Mulai dari banyak membaca buku, banyak berlatih, ikut les, atau bahkan sekolah lagi untuk memperdalam ilmu pengetahuan. Memang sih, membutuhkan perjuangan yang keras.

Kalau dikerjakan dengan sungguh-sungguh tidak bakal kesulitan kok. Banyak kok orang yang bekerja dengan latar pendidikan berbeda, mereka mengikuti sekolah lagi dan mereka berhasil.

4. Pekerjaan tersebut harus sesuai dengan passion

Ini yang paling penting, boleh-boleh bahkan sangat boleh bekerja di luar latar belakang pendidikan, namun harus sesuai dengan passion Anda. Kenapa? Seperti yang sudah diutarakan di awal, bekerja denga latar pendidikan yang berbeda memberikan kesulitan yang sangat besar. Mulai dari melatih soft skill hingga harus memiliki ilmu pengetahuan yang cukup.

Jika Anda bekerja tidak sesuai dengan passion Anda, jangankan pekerjaan berat, pekerjaan ringan akan terasa berat bagi Anda. Misalnya Anda tidak suka dengan membajak sawah. Pokoknya deh kalau bertani itu sangat dihindari.

Namun ketika Anda bekerja sebagai bertani, di suruh si boss tuh membajak sawah. Anda pasti dengan berat hati mengerjakannya dan hasilnya Anda mudah lelah, baru satu meter sudah lelah. Dan juga hasil dari pekerjaan tersebut tidak maksimal. Dalam hati terus saja berucap kalau membajak sawah bukanlah keinginan Anda.

Jadi, sesuaikan dengan passion Anda untuk bisa terus bertahan dan sukses di pekerjaan yang tidak sesuai denga latar pendidikan. Eits, banyak juga kok orang dengan latar pendidikannya tidak sesuai dengan passion dia. Dia kuliah di arsitek sedangkan passion dia adalah membuat cerita komik.

Penutup

Banyak yang beranggapan kalau pekerjaan itu harus sesuai dengan latar belakang pendidikan namun ada juga yang beranggapan kalau pekerjaan itu harus sesuai dengan passion. Sebenarnya yang mana yang benar? Keduanya sama-sama benar, banyak banget alasan untuk membenarkan kedua pernyataan tersebut.

Namun yang pasti, sebaiknya Anda mencintai pekerjaan Anda. Dengan demikian Anda tidak merasa berat bekerja. Pekerjaan itu bukan seperti kuliah yang hanya tujuh tahun maksimal, setelah itu selesai.

Pekerjaan ini bisa dibilang hidup dan mati. Pekerjaan itu akan dilakukan seumur hidup. Bayangkan Anda tidak mencintai pekerjaan Anda, berarti seumur hidup Anda penuh dengan drama dong. Di depan orang Anda berkata kalau Anda mencintai pekerjaan Anda namun di dalam hati menjerit, artinya Anda tersiksa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here