5 Kesalahan Mengelola keuangan Tidak Dilakukan Orang Kaya

Siapa sih yang tidak kepingin menjadi kaya? Rasanya setiap orang pingin hidup kaya. Setidaknya dia hidup berkecukupan. Namun, apakah semua orang bisa menjadi orang kaya? Sebenarnya bisa, asal tidak melakukan kesalahan mengelola keuangan. Ada beberapa kesalahan mengelola keuangan tidak dilakukan orang kaya.

Kenapa? Karena orang kaya tahu betul. Kesalahan tersebut dapat membuat mereka jatuh miskin.

Tanpa mempersingkat kata, berikut 5 kesalahan mengelola keuangan tidak dilakukan orang kaya.

Kesalahan Mengelola keuangan Tidak Dilakukan Orang Kaya

1. Menghambur-Hamburkan Uang
Orang kaya yang benaran orang kaya tidak menghambur-hamburkan uang. Justru mereka senang hidup dengan sederhana. Yang Anda lihat, orang kaya yang menghambur-hamburkan uang adalah orang yang baru kaya, atau orang kaya mendadak. Tapi bagi orang yang berusaha mulai dari nol hingga kekayaannya melimpah hingga tujuh turunan, mereka tidak suka menghambur-hamburkan uang. Justru mereka banyak mengeluarkan uang mereka untuk amal.

2. Tidak Segera Mengatur Keuangan
Banyak di antara kita berpikir kalau mengatur keuangan itu besok-besok saja. Sebaiknya jika ada uang dinikmati saja sebisa mungkin. Inilah anggapan yang salah. Bayangkan, jika Anda tidak mengatur keuangan, justru keadaan mendesak/gawat/darurat terjadi dan Anda tidak mempunyai keuangan, apa yang akan terjadi terhadap Anda? Jawabannya sudah ditebak, Anda tidak akan selamat.

Maka dari itu, segeralah mengatur keuangan. Keluarkan pengeluaran seminim mungkin dan sesuai kebutuhan Anda.

3. Tidak Memeriksa Keuangan
Cara paling mudah memeriksa keuangan adalah dengan melihat buku tabungan? Ayo, apakah di antara Anda sering melihat buku tabungan? Ataukah Anda tidak sempat mencetak buku tabungan Anda? Buku tabungan bisa dikatakan sebuah catatan mengenai keuangan Anda.

4. Tidak atau Telat Membayar Tagihan
Orang kaya akan berpikir dua kali jika dia tidak atau telat membayar uang tagihan. Karena bayarannya akan semakin naik seiring bertambahnya waktu. Mereka akan membayar dengan tepat waktu.

5. Fokus Berhemat tapi Lupa Cara Penghasilan Tambahan
Hemat memang pangkal kaya. Tapi alangkah baiknya Anda fokus juga cari penghasilan tambahan. Ingat! Jangan bertumpu pada satu jenis penghasilan saja. Sebaiknya mulailah mencari penghasilan tambahan, itu justru semakin mempercepat jalan menuju kekayaan.

Bayangkan, setiap bulan Anda berhasil menghemat pengeluaran 1 juta. Dan Anda mempunyai penghasilan tambahan sebesar 2 juta. Berarti, setiap bulan Anda berhasil menyimpan 3 juta.

Baca juga: 3 investasi paling menguntungkan tapi memiliki risiko tinggi

Demikian 5 kesalahan mengelola keuangan tidak dilakukan orang kaya. Segeralah memperbaiki diri dan jadilah orang kaya sedini mungkin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here